Ingin Test Masuk Akpol, Persiapkan 5 Hal ini! - Bingkai Berita

Ingin Test Masuk Akpol, Persiapkan 5 Hal ini!

Test Masuk Akpol sebenarnya tidak terlalu susah apabila anda mempersiapkan persyarata yang sebenarnya sudah diperhitungkan sejak SMA, Jika memang anda memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan oleh Akademi Kepolisian kemungkinan besar akan dengan mudah lulus.

Test Fisik Masuk Akpol

Semua orang memiliki hak untuk masuk akpol baik anak jenderal maupun lainnya, seperti yang dikatak oleh bagian sumber daya manusia Irjen Arief Sulityanto bahwa di Era Zaman modern yang semuanya proses berjalan dengan transparansi dan keterbukaan ini tidak akan ada lagi titip-titipan kaeran mereka akan disumpah baik itu dari panitia, orang tua maupun peserta.

Jika ingin lolos seleksi test akpol memang harus dipersiapka minimal sejak satu tahun menjelang kelas 3 SMA atau bisa sebelumnya karena memang persiapan tersebut tidak hanya pada bidang akademik, melainkan juga melatih pada tes fisik yang akan diujikan nantinya. Adapun 5 persiapan yang dilakukan apabila ingin lolos seleksi akpol adalah sebagai berikut ini:

1. Nilai Akademik yang baik.
Persiapnkan mulai dari jauh hari kalau bisa sebelum masuk SMA memiliki nilai yang baik dan serius dalam belajar karena nilai akademik tersebut akan digunakan untuk persyaratan masuk dan anda dapat bersaing dengan calon siswa lainnya.

2. Mulai Tingkatkan Latihan Fisik
Persiapkan latihan fisik agar kamu dapat menjalani test fisik dengan baik karena tidak hanya akademik saja yang akan diunggulkan melainkan juga lulus dalam test fisik. Anda harus memulainya sejak dini, kalau bisa kelas 10 SMA harus rajin untuk berlatih fisik. Kamu akan menjalani test lari mengelilingi lapangan sepak bola dengan kurun waktu selama 12 menit. Dan nantinya juga harus mengikuti test puul up, sit up, push up selama 1 menit dengan mendapatkan angka sebanyak-banyaknya. Selain mengelilingi lapangan selama 12 menit, sang calon taruna harus sprint atau lari cepat dalam waktu 16 detik dapat lari sejauh mana sehingga dapat diukur lari sprintnya. Selain dari diatas ada test yang kamu harus bisa yaitu test renang sejauh 25 meter jika kolam renangnya pendek harus bolak-balik dengan catatan waktu yang paling baik yang akan menang.

3. Test Potensi Akademik atau Psikologi
Tidak hanya test potensi akademik saja dalam melakukan uji test akpol melainkan juga kemampuan dalam memecahka masalah, leadership dan bekerja sama dengan melibatkan ahli psikolog diluar kepolisian sehingga mereka yang egois, manja atau anak mami atau tidak bisa mandiri memang akan sult melewati test ini.

4. Test Kesehatan
Calon taruna Akpol selain, memiliki kecerdasan, fisik yang kuat juga dilihat dari segi kesehatannya apakah mereka memiliki cacat seperti mata minus, sakit berat baik itu jantung dan lainnya, buta warna, kaki bengkok dan lainnya akan ditest dalam test kesehatan.

Test Kesehatan ini akan diperhatikan dengan baik apalagi anak zaman sekarang lebih suka mengkonsumsi makanan junk food ditambah lagi polusi udara yang kurang bersih. Selain itu juga akan diperiksa tinggi badan minimal yaitu 165 cm.

5. Integritas
Seorang calon taruna akpol harus memiliki integritas yang tinggi baik dari orang tua, panitia dan calon tarun jangan sekali-kali untuk melakukan hal yang dilarang seperti KKN atau menyuap, berlaku curang dan lainnyanya sehingga integritas dan kejujuran sangat diutamakan dalam penerimaan calon akademi kepolisian.

terus dokument dan persyaratan lainnya bisa anda update di seputar penerimaan akpol.

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Yogyakarta City, You can Connect Me in CPNS 2018| Official Topik Nugroho Web|Topik Wisata |Seputar Wisata | Harga Mobil Toyota

Advertisement
Ingin Test Masuk Akpol, Persiapkan 5 Hal ini! | Topik Nugroho | 4.5

Leave a Reply