Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Tempat Jual Beli Online

Bingkaiberita.com, Jual beli online sudah mengakar pada warga masyarakat Indonesia, yang dimulai dari  penggunaan internet yang  mewabah di berbagai kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, dewasa sampai dengan orang tua juga turut mengikuti perkembangan zaman. Melihat potensi pasar di Indonesia yang kian meluas para pakar teknologi dan informatika turut membangun sebuah pangsa pasar toko online terpercaya dengan modal sampai ratusan juta rupiah bahkan sampai milyaran dengan membangun website toko online mereka melalui media iklan televisi dan media periklanan lainnya.

Jual Beli Online

Jual Beli Online

Kemudahan berbelanja tanpa harus datang memilih barang secara langsung adalah salah satu kecanggihan teknologi abad ini. Belanja online menawarkan kemudahan dan kelebihan yang menjanjikan tanpa harus ribet dan meluangkan waktunya untuk mencari barang di toko-toko terdekat. Sistem berbelanja inilah yang hangat diperbincangkan akhir -akhir ini. Namun, kelemahan dari sebuah toko online adalah mereka masih ragu dengan cara dan sistem berbelanja secara online karena tidak langsung face to face bertemu antara si penjual dan si pembeli. Mereka merasa tidak yakin bahwa barang yang mereka akan beli sampai ditangan si pembeli. Banyak terjadi kasus penipuan di dunia maya atau internet sehingga masyarakat lebih berhati-hati lagi untuk membeli barang secara online.

Mereka menawarkan berbagai macam produk dari pakaian, elektronik, rumah tangga, dll sehingga kebutuhan pengguna internet dapat terpenuhi. Namun, dalam hal memilih toko online sebaiknya anda perhatikan kredibilitasnya  di Internet sehingga keraguaan anda dalam membeli berubah menjadi kepercayaan untuk belanja online di Internet. Setelah benar-benar anda percaya, bahwa website tersebut asli mengirimkan barang dan terbukti nyata, sebaiknya anda berikan testimony pelanggan supaya orang yang memiliki website tersebut mendapat keuntungan sehingga orang yang datang dan melihat website akan percaya dengan bukti-bukti yang diberikan konsumen terhadap pembeli. Tidak hanya itu saja, namun ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih tempat jual beli online yang baik dan benar seperti berikut ini:

– Dalam memilih toko online, pertama kali yang anda perhatikan  adalah harga di website toko online tersebut.  Apakah anda yakin akan membeli barang sesuai dengan harga yang telah ditentukan. Pastinya jika harga yang ditawarkan beda terlalu jauh sekitar 70% dari harga dipasaran, bisa jadi website tersebut adalah website penipu. Namun jika harganya kurang dari 10% atau 30% saja masih bisa dimaklumi.

– Bandingkan harga toko online satu dengan toko online yang lainnya. Apakah harganya jauh lebih rendah dari pada toko online lainnya. Jika seandainya jauh dari pada harga sebenarnya bisa dipertangnggung jawabkan hal itu adalah penipuan.

– Lihat Contact Person, Alamat secara Jelas dan bukti resinya dengan begitu kebenaran akan terungkap secara jelas  dan jangan lupa tanyakan kepada pemilik toko online tersebut apakah sudah lama menjalankan bisnis tersebut ataukah baru saja merilisnya (tergantung kecakapan anda dalam bertanya)

– Kemudian lihat testimony pelanggan, namun hal itu tidak bisa menjadi patokan karena testimony sendiri bisa dibuat-buat oleh pemiliknya. Namun, hal terpenting adalah melihat bukti resi nomer pengirimannya dan dicek satu persatu di beberapa alamat website penyedia pengiriman seperti JNE dan Pos Indonesia.

Namun, jika anda masih ragu dengan hal-hal seperti diatas sebaiknya anda melihat metode pembayaran lainnya. Apakah toko online tersebut menyediakan pembayaran ditempat untuk wilayah alamat toko tersebut.  Atau yang disebut dengan Cash On delivery  (COD) yang memungkinkan anda saling bertatap muka antara penjual dan pembeli secara langsung. Adapun salah satu tempat jual beli online yang menawarkan metode pembayaran seperti ini salah satunya adalah blanja.com yang menawarkan berbagai macam barang dengan diskon sampai dengan 30%.  Kemudahan berbelanja secara online dan kenyamanan berbelanja adalah prioritas utama untuk website toko online.

Menemukan barang yang anda butuhkan tidak harus jauh-jauh datang ketempat perdagangan atau toko-toko sekitar, tentu akan lebih nyaman lagi jika kita duduk dan bersantai dirumah, barang yang kita pesan langsung diantar oleh kurirnya.  Anda juga tidak harus menawar-nawar harga ditoko dengan harga pas sampai anda memperoleh harga yang cocok. Blanja.com juga menawarkan beberapa promo barang dengan diskon yang tinggi seperti dengan apa yang anda harapkan.  Bagaimana apakah anda tertarik untuk Belanja Online di Blanja.com?

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Tempat Jual Beli Online | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5