Syarat Baru dalam Pendaftaran CPNS 2018 - Bingkai Berita

Syarat Baru dalam Pendaftaran CPNS 2018

Bingkaiberita.com – Pelamar CPNS sudah masuk diangka 2 jutaan dari seluruh warga Indonesia, beberapa persyaratan harus dipenuhi oleh pelamar. Beberapa hari yang lalu kemenpan RB telah mengumumkan perpanjang waktu dan batas akhir pendaftaran CPNS, namun ada beberapa pelamar yang masih bingung terkait alur pendaftaran dan dokument persyaratan.

Syarat Baru Pendaftaran CPNS diberlakukan dalam penerimaan tahun ini, pelamar harus berfoto selfie dengan kartu identitas atau kartu infromasi akun SSCN dilengkapi dengan Kartu Tanda Penduduk dengan cara berselfie. Kamu bisa lihat fotonya seperti dibawah ini:

Syarat baru CPNS

photo credit: https://www.instagram.com/surahmatrahmawan/

Tak hanya foto selfie dengan akun sscn ataupun KTP , panitia seleksi nasional cpns dalam akun twitter resminya di @kemenpanrb juga menambahkan atas syarat baru yang harus dipenuhi oleh masing-masing pelamar yang sudah diatur dalam perubahan peraturan Mentri PAN RB nomer 36/2018 terkait dengan kebutuhan Seleksi CPNS mengenai akreditasi kampus calon pelamar.

Dalam peraturan tersebut terinci bahwa calon pelamar harus lulusan dari program studi yang telah terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) saat mereka lulus sehingga syarat kelulusan akreditasi kampus sangat diperlukan untuk tingkat pusat maupun di masing-masing daerah. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Mudzakir sebagai Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Kemenpan RB sebagaimana berikut ini:

“Akreditas Kampus diberlakukan oleh seluruh pelamar yang akan mendaftar di kementerian, pusat maupun daerah.”

Persyaratan CPNS ini berlaku untuk semua pelamar, mereka harus melampirkan akreditasi universitas maupun lampiran akreditasi fakultas maupun jurusan. Namun, apabila dalam ijazah sudah ada tulisan akreditas , maka tidak perlu lampiran akreditasi untuk kampus maupun jurusan.

Selain itu juga ditambahkan dalam peraturan Permenpan tersebut, untuk sertifikat pendidikan yang dikeluarkan oleh kemenristek dikti, bagi yang sudah lulus dapat digunakan untuk pemberian afirmasi atau tidak wajib ikut dalam seleksi kompetensi Bidang (SKB). Baik dari Kemnedikbud maupun dikti, Sertifikat pendidik ini menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki karena mereka yang memilikinya tidak wajib mengikuti SKB.

Adapun artikel ini telah ditayangkan di Nasional Kompas dengan judul Kemenpan RB Rilis Perubahan Syarat CPNS 2018

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Yogyakarta City, You can Connect Me in CPNS 2018| Official Topik Nugroho Web|Topik Wisata |Seputar Wisata | Harga Mobil Toyota

Advertisement
Syarat Baru dalam Pendaftaran CPNS 2018 | Topik Nugroho | 4.5

Leave a Reply