Published On: Thu, Mar 21st, 2013

Sitem Barcode Paket Soal Un 2013 & LJUN Cegah Siswa Curang

Pemerintah akan menerapkan sistem barcode untuk pake soal UN 2013 rencananya Lembar jawaban Ujian Nasional atau LJUN akan di gabung dengan Paket Soal Ujian Nasioanl pada tahun 2013 saat ini, Mentri Pendidikan membuat trobosan baru kepada para siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional yang rencanannya akan diselenggarakan  April dan Mei mendatang seperti yang ada di Jadwal Un 2013

Trobosan system  Barcode ini akan membingungkan siswa dalam mengerjakan soal UN dikarenakan belum ada realisasi guru terhadap siswa  yang akan mengikuti ujian pada bulan mendatang,  Menurut Kemdikbud Khairil Anwar Notodiputro bahwa antara soal dan lembar jawaban tidak terpisah lagi seperti dahulu. Mulai tahun 2013 antara soal dan lembar jawaban mempunyai  hubungan  yang signifikan antara keduanya karena antara soal dan lembar jawaban antara  satu yang lain berbeda seorang guru tidak boleh memberikan soal saja atau lembar jawaban saja karena keduanya tidak boleh terpisah.

Guru-Guru di Indonesia harus mengetahui informasi penting ini supaya anak didiknya tidak kebingungan lagi dalam mengerjakan soal UN pada bulan mendatang dan adapun hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Semua peserta Ujian Nasioanal harus mengecek atau meneliti kembali soal ujian dan LJUN apakah soal tersebut terpisah dari LJUN jikapun soal dan LJUN terpisah maka harus ditukar dengan LJUN dan Paket Soal yang masih bersatu atau gabung jadi satu.
  2. Semua peserta harus memperhatikan LJUN dan Naskah Soal apakah ada yang rusak antara LJUN dan Paket Naskah Soal Un tadi  apabila anda mengerjakan di LJUN yang rusak maka soal tersebut tidak akan terdeteksi computer dan anda harus mengulangi dari nomer pertama lagi.
  3. Apabila sudah tidak ada masalah antara Naskah Soal dan LJUN yang paling dilihat nomer pertama yaitu dengan mengisi nama atau identitas peserta yang mengerjakan soal tersebut setelah itu baru boleh untuk dilepaskan antara soal dan lembar jawaban ujian tersebut.

Terlihat pada gambar contoh LJUN  dibawah ini Mengenai Pengisian Indentitas menggunakan system Barcode

lembar jawaban Ujian Nasioanal 2013

Banyak perubahan yang akan terjadi pada soal yang akan diujikan pada saatu UN 2013 pada bulan yang akan datang salah satunya adalah variasi soal yang semula variasi soal hanya  5 sekarang variasi soal sampai 20 soal variasi, dan penambahan bobot penialain pada soal untuk  tahun yang dahulu soal sulit sebanyak 10 persen sedangkan soal yang sedang berbobot 80 dan soal yang  mudah sebanyak 10 persen dan sekarang soal sulit akan ditamabh 10 persen menjad 20 persen dan soal sedang 70 persen dan soal mudah  tetap 10 persen.  Dari pada itu naskah soal dan LJUN digabung dengan menggunakan system barcode dalam pengisian identitasnya.

Semoga informasi yang bingkaiberita.com bisa tersampaiakan kepada para bapak ibu guru yang mengajar disekolahan untuk supaya tersosialisasi dengan benar sehingga anak tak keliru lagi dalam mengerjakan soal Ujian Nasional 2013  adapun cara caranya dalam mengerjakan soal ini dengan Kisi Kisi Soal UN

Kisi Kisi Soal UN 2013

 

About the Author

- Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Yogyakarta City, You can Connect Me in CPNS 2014| Desain Rumah Minimalis|Gadget Terbaru |Harga Hp | Harga Mobil Toyota | Hotel Murah di Bandung

Displaying 13 Comments
Have Your Say
  1. no name says:

    ujian nasional tahun ini,,, pasti banyak siswa yang stres akibat memikirkan un.
    Gk cuma siswa bahkan guru sekali pun bisa depresi..
    Mau d bawa kemana anak didik bangsa indonesia ini jika angka kegagalannya dalam menghadapi un tahun ini tidak sepert yg d harapkan. Apa kebijakan pemerintah dalam menanggulangi semua ini.
    secara gak langsung negara ini telah mencap negara yang bodoh d mata dunia.
    Apa lagi angka kegagalannya sampai tersebar di dunia maya.
    Wallahualam.

    • no name 2 says:

      Kalau saya memandang ini sebuah upaya menuju Indonesia yang lebih baik. karena kenyataan tahun lalu banyak kecurangan. kalu kecurangan sdh tdk bisa dikendalikan oleh manusia, dicoba dg pendekatan sistem. sistem yang bagus akan meminimalisir kecurangan.
      Cuma sptny sdh serba salah manusia di negeri ini ( baca : bukan negeri ini ). orang mau berbuat baik teteeeeep saja diterjemahkan negatif…..
      Astaghfirullahal ‘adhiim.

  2. anonymous says:

    Saya sbg pljr stres dgn kemauan pmrintah. Dmna hati kalian. 3 thn sklh hanya d tntukan oleh barcode !!

  3. buda says:

    Lalu bagaimana caranya mengertahui misalnya saya mendapatkan paket un ,?????,,,?

  4. siswa says:

    Kalian emg skrg bs berkata seperti begitu karena kalian udah lulus duluan. Coba kalian masih duduk di SMA kelas 3 dengan paket 20. Apakah kalian bs berkata sebijak gitu ? Saya rasa tidak bisa. Jangan munafik terhadap kecurangan. Semua pernah curang ga semua orang pernah jujur.

  5. Bayu Anugrah says:

    ini sudah melanggar HAM.. apa yg akan pemerintah lakukan jika banyak siswa yg bunuh diri karena tidak lulus UN.. mungkin kalian bisa tertawa dan duduk santai di atas kursi yg empuk.. bagaimana dengan nasib anak bangsa yg lain.. pikirkan itu wahai pemerintah yg bijak..

  6. [...] di tunda Untuk 11 Propinsi- Ujian Nasional 2013 terhambat dikarenakan distribusi Soal dan Jawaban LJUN ke 11 Propinsi di IndonesiaBioskop Asing Dilarang Berinvestasi di Indonesia. Read more … ». [...]

  7. sang pangeran says:

    saya siswa kels 3 sma,.. menrt saya tndkn pmrnth sngat lh krang tpat. apkh kta skolh 3 thnt, orng tua kta brcucurn keringat untk membyayai skolh 3 thn. hnx d tntnkn dng 4hr. kalo bgt, knp skolh hrs 3htn, knp tdk 4hr aja?! tlng, para ptnggy negara, brfkr lah.

  8. sinto bouk says:

    saya siswa sma kelas 3 menurut saya pemrintah tidak usah trllu tgas memakai barcode………krna kmi di bagai pgnungan tdak trllu mngrti dngan infrmasi itu…………………..

  9. manz says:

    satu perajaran dari artikel yang anda tulis, saya ucapakan banya terimakasih mungkin tidak hanya bermanfaat bagi saya akan tetapi bermanfaat untuk semua orang juga .
    kunjungan balik blog
    haturnuhun :D

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Silahkan Di Like

×
Pin It