Seluk Beluk HTI Sampai Resmi Dibubarkan Pemerintah - Bingkai Berita

Seluk Beluk HTI Sampai Resmi Dibubarkan Pemerintah

Advertisement
seluk-beluk-hti-sampai-resmi-dibubarkan-pemerintah

HTI

BingkaiBerita.com – Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) merupakan salah satu kelompok gerakan Islam yang didirikan di Al-Quds pada tahun 1952 oleh Taqiyudin An Nabhani. HTI bertujuan untuk membangkitkan umat Islam dari kemunduran yang cukup parah, dengan membebaskan umat dari ide-ide sekuler, liberal, komunis, ataupun kapitalis, serta sistem undang-undang dan hukum-hukum negara yang mereka anggap kuffur.

HTI mencoba menerapkan sistem Islam ciptaan Allah untuk memberikan solusi atas kesenjangan, ketidakadilan, dan kemaksiatan yang kian merajalela. Mereka mayakini akan hal tersebut karena janji Allah lewat hadist nabi akan hadirnya Khilafah yang akan tegak kembali. Menurutnya, sejarah Khilafah telah membuktikan bahwa sistem Tuhan terbukti lebih melindungi seluruh umat manusia dan tidak membeda-bedakan suku, ras, agama dan golongan tertentu. Pada masa itu kesejahteraan juga terjamin tanpa adanya kemiskinan dan minimnya kriminalitas. Sebab Islam tidak hanya mengatur ibadah saja melainkan segala sendi kehidupan, rahmat bagi seluruh alam semesta.

Akan tetapi, hari senin tanggal 08 Mei 2017 pemerintah di Indonesia resmi membubarkan HTI dan melarang segala aktivitas dari organisasi kemsyarakatan islam tersebut.

Pembubaran yang dilakukan oleh pemerintah terhadap Hizbut Tahrir Indonesia, menurut Menteri Koordinator bidang politik, hukum, daan keamanan Wiranto mengatakan “ bahwa kegiatan yang dilakukan HTI terindikasi kuat bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sebagaimana yang diatur dalam UU Ormas”.

“Mencermati terkait hal tersebut, maka pemerintah perlu mengambil langkah tegas untuk membubarkan HTI”. Ulas wiranto pada hari senin (08/5/2017) dilansir dari kompas.

“Dalam mengambil keputusan tersebut, tentu pemerintah sudah melaalui proses yang panjang dan memperhatikan sesuai UU Ormas dan tentunya harus sesuai dengan landasan negara Indonesia yaitu Pancasila” tambahan Wiranto.
Dalam keputusan pemerintah yang membubabrkan HTI disebabkan oleh beberapa alasan yaitu antara lain:

1. Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang juga berperan sebagai badan hukum dianggap tidak melaksanakan perannya dengan positif untuk ikut serta dalam proses pembangunan untuk mencapai tujuan nasional.

2. Kemudian, kegiatan yang diselenggarakan oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) diduga kuat sudah bertentangan dengan asas-asas, tujuan serta ciri-ciri berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagaimana sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas.

3. Segala aktivitas yang dilakukan oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dianggap telah mengakibatkan konflik di dalam masyarakat yang bisa mengancam keamanan masyarakat, serta mengancam keutuhan NKRI.

Wiranto mengatakan bahwa dalam kurun waktu dekat, pemerintah akan mengadukan tentang pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tersebut ke pengadilan supaya dapat mempunyai kekuatan hukum. Selain itu, tindakan pemerintah tersebut akan diberlakukan sama terhadap Ormas-ormas lain apabila dianggap mengancam keutuhan NKRI.

Di lain pihak, juru bicara Ormas HTI Ismail Yusanto mempertanyakan pembubaran yang tanpa proses ini dan meminta agar pemerintah membuktikan dugaannya bahwa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) adalah Ormas anti-Pancasila. “Kami tidak tahu apa masalahnya sehingga harus dibubarkan? HTI bukanlah organisasi ilegal, namun berbadan hukum” Jelasnya.

Menurutnya, HTI justru tidak bertolak belakang dengan pancasila karena tidak pernah bertindak radikal, kriminal, korupsi, atau merugikan masyarakat. HTI justru ingin menyelamatkan generasi bangsa. Sejauh ini kontribusinya ke masyarakat bertujuan untuk kebaikan umat manusia tidak hanya untuk Islam, bahkan demi mempererat persatuan yang sekarang ini kian luntur akibat kesenjangan sosial.

Other articles you might like;

Seluk Beluk HTI Sampai Resmi Dibubarkan Pemerintah | Husnul Khatimah | 4.5

Leave a Reply