Salah NIK KTP, Gagal Daftar CPNS

Berita CPNS – Salah sedikit daftar CPNS akan mengakibatkan kesalahan fatal bagi pendaftaran CPNS, pasalnya salah satu syarat untuk mendaftarkan CPNS adalah NIK, Nomer Induk Kependudukan ini sebagai salah satu hal atau persyaratan terpenting saat pendaftarana. NIK juga akan dipakai sebagai username anda ketika melakukan registrasi pada website portal CPNS yang ada di Panselnas. menpan.go.id namun untuk formulir pendaftarannya anda bisa akses di Reg.panselnas.menpan.go.id.

Kesalahan fatal akan berimbas pada pendaftar lainnya, karena salah nomer sedikit yang ada di NIK boleh jadi sudah menjadi data pelamar. E-KTP mempunyai  nomer yang dipakai sebagai bukti bahwa dirinya benar-benar adalah masyarakat Indonesia. Dalam hal ini NIK menjadi  persyaratan utama dalam mendaftarkan CPNS.

NIK

Pada tahun ini, Pendaftaran CPNS sedikit lumayan ribet dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun lalu, yang mana cpns dilakukan secara sistem single entry yang ada di website portal. Namun masalah yang berkembang di masyarakat adalah timbulnya perbedaan awal pendaftaran setiap instansi dan batas akhir pendaftaran.

Seolah semua berokrasi akan dipermudah, namun untuk sesuatu kemudahan yang sebenarnya adalah tanpa harus melakukan pendaftaran yang ribet setelah di panselnas, harus login ke sccn, setelah itu persyaratan yang diisukan akan discan dan diupload pada website portal harus di print out dan di fotocopy dibawa ketempat instansi yang dituju.

Persepsi lainnya yang dianggap masyarakat, terkait dengan test cpns yang dilakukan secara online ternyata tidak benar, yang benar adalah sistem ujian dilakukan secara komputerisasi bukan menggunakan sistem lembar jawab dengan kertas. Adapun tempat ujian berada di BKD atau tempat yang teah ditentukan.

Masalah NIK yang salah Ketik ini bisa mengakibatkan, gagal daftar CPNS. yang mana seorang yang hendak meregister NIKnya tiba-tiba sudah dipakai orang lain dengan data sudah didaftar hal ini akibat para pendaftar yang salah mengetikkan Nomer NIK yang panjang. Semoga ada solusi lain terkait dengan NIK yang salah ketik ini.

Salah NIK KTP, Gagal Daftar CPNS | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5