Refleksi Akhir Tahun Dengan Musibah & Bencana di Bulan Desember

Bingkai Review – Musibah yang terjadi di Bulan Desember mengingatkan kita dengan sang pencipta. Haru biru, isak tangis tak henti-hentinya melanda negri ini. Mulai dari tanah longsor, cuaca extrime, banjir di jakarta, puting beliung di bandung  kebakaran di pasar klewer solo sampai dengan musibah pesawat air asia yang hilang kontak dan ditemukan jatuh di daerah pangkalan bun dengan ditemukannnya 6 orang korban dan serpihan-serpihan dari milik Air Asia.

bencana yang terjadi di negara ini adalah salah satu peringatan kepada kita semua untuk selalu mengingat kepadaNya. 10 tahun peringatan bencana Tsunami besar di Aceh membawa luka baru bagi Indonesia dengan ditandainya bencana-bencana besar yang menelan banyak korban hingga ratusan orang. Musibah demi musibah terjadi, lengkap sudah tanda-tandaNya yang dialami bangsa ini.

musibah bulan desember

 

Perlu adanya refleksi akhir tahun, haruskah kita bersenang-senang di atas penderitaan orang lain. Disaat saudara kita terkena musibah, yang kita lakukan adalah liburan  di sejumlah tempat wisata  yang ada di Indonesia, hingga kita lalai untuk mengingatNya. Budaya yang baru terjadi akhir-akhir ini jika liburan dan tahun baru menjadi moment penting yang diabadikan mereka nantikan.

Tahun baru Masehi dirayakan lebih semarak dibandingkan dengan tahun baru hijriyah yang dianggap sebagai angin lalu saja, masa kita berbeda dengan masa-masa dahulu kala yang tidak mengagung-agungkan tahun baru masehi dan liburan natal. Sebagai warga indonesia yang baik kita sepatutnya berduka cita disaat Indonesia banyak mengalami musibah dan bencana. Salah satunya adalah dengan tidak membakar kembang api atau hal lainnya yang membuat murka sang pencipta.

Kita harus bersukur telah diberi nikmat hidup, rizki halal dan kenyamanan. Evaluasi akhir tahun, refleksi terhadap apa yang telah dilakukan selama setahun ini, dan bukan hanya bersenang senang diatas saudara kita susah dengan membakar kembang api yang hanya dibuang secara sia-sia dan hal yang membuat tuhan murka sehingga akan menimbulkan banyak musibah-musibah yang terjadi.

Refleksi Akhir Tahun Dengan Musibah & Bencana di Bulan Desember | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5