Rahasia Lailatul qadar - Bingkai Berita

Rahasia Lailatul qadar

Advertisement

Bingkaiberita.comRahasia Lailatul Qadar, pasti anda saat ini penasaran dengan rahasia apa saja dibalik misteri malam lailatul qadar. Saat ini kita memasuki hari kesepuluh yang terakhir pada Bulan Ramadhan. Pada 10 hari terakhir bulan ramadhan, Baginda Rasulullah SAW selalu mempersiapkan diri untuk mempererat tali pinggangnya dan mengajak seluruh anggota keluarganya untuk meningkatkan amal ibadah terutama i’tikaf di masjid selama semalam dengan berdzikir, membaca al-qur’an dan sholat-sholat sunah lainya. Karena pada 10 hari malam terakhir tersebut akan turun satu malam yang disebut dengan lailatul qadar apabila seorang hamba beribahdan maka ibadahnya dihitung selama seribu bulan karena belum tentu kita semua dapat hidup selama 1000 bulan dan bahwasannya umat Nabi Muhammad SAW hidup di umur 63 atau lebih.

Rahasia Lailatul Qadar memang sangat istimewa, dan datangnya malam tersebut dirahasiakan oleh Allah SWT, yang dapat diusahakan oleh umatnya adalah memperbanyak amal ibadah saat 10 hari terakhir bulan Ramadhan apakah itu mulai dari hari ke 21 atau ke 22 atau ke 23 atau hari lainnya sampai dengan ke 30 hari selama sebulan penuh di Bulan Ramadhan.

Seperti yang telah dikatakan oleh istri Nabi Muhammad Aisyah Radiyalallhu anhu dalam hadits riwayat Bukhori Wa Muslim Bahwa Rasullulah mempererat tali pinggangnya di 10 hari terakhir bulan ramadhan. Sebagaimana berikut ini:

كَانَ النَّبِي صَلَّي اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ العَشْرَ الاَخِيْرَ شَدَّ مِئْزَرَهُ وَأَحْيَا لَيْلَهُ وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ

Artinya “Asalah Nabi SAW pada malam-malam sepuluh akhir bulan Ramadhan beliau mempererat ikat kainnya, dan bangun semalam suntuk, dan membangungkan keluarganya.” (HR Bukhory Muslim)

Seperti hadist tersebut bahwa Rasulullah Lebih rajin untuk mengamalkan ibadah yang disyariatkan oleh agama islam dibandingkan dengan hari-hari lainnyanya. Karena Rasulullah SAW lebih mengistimewakan sepuluh yang akhir itu dengan amal amal perbuatan yang baik seperti dzikir, memperbanyak bacaan Qur’an yang tidak dilakukannya di bulan-bulan lainnya.

Meriwayatkan dari Ubadah bin Ash-Shamit bahwasannya Nabi SAW menyuruh umatnya untuk mencari malam lailatul qadar pada malam-malam sepuluh yang akhir dan yang ganjil di malam 21, 23, 25, 27 atau yang ke 29 pada malam terakhir. seperti yang telah disebutkan dalam hadist berikut ini:

Lailatul Qadar sendiri menurut arti bahasa bahwa berarti malam kemuliaan, malam kebesaran dan lain sebagainya. Akan tetapi lailatul qadar menurut alqur’an bahwasannya mengandung unsur sebagai berikut ini:
– Turunnya kitab Suci Al-Qur’an
– Malam kemuliaan yang lebih baik dari pada seribu bulan.
– Pada malam lailatul qadar tersebut malaikat akan bertebaran ke bumi dan ruh dengan izin Allah SWT
– Malam kemuliaan yang berjalan dari terbit sampai dengan fajar engan penuh kebahagiaa dan kenikmatan.

Itulah beberapa hal terkait dengan rahasia lailatul qadar yang nilainya sama dengan seribu bulan karena manusiapun tidak sanggup untuk beribadah selama seribu bulan lebih.

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Yogyakarta City, You can Connect Me in CPNS 2018| Official Topik Nugroho Web|Topik Wisata |Seputar Wisata | Harga Mobil Toyota

Advertisement
Rahasia Lailatul qadar | Topik Nugroho | 4.5

Leave a Reply