Prediksi Kisi-Kisi Soal SBMPTN 2018/2019/2020

Advertisement

Soal SBMPTN – Belajar SBMPTN Dari kisi-kisi contoh soal dari buku  SBMPTN untuk prediksi tahun 2015, Simak mata pelajaran yang akan diujikan saat test seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang merupakan salah satu pendaftaran yang dibuka  setiap tahunnya yang diperuntukan bagi siswa lulusan SMA, SMK, MA untuk jalur ujian tertulis yang dilaksanakan seluruh Indonesia atau nasional. Jalur  test ujian tertulis untuk masuk pendaftaran perguruan tinggi negri ini diselenggarakan setelah Jalur SNMPTN.

Kisi Kisi SBMPTN

Kisi Kisi SBMPTN

Pembukaan Pendaftaran SBMPTN dilaksanakan setelah pengumuman hasil SNMPTN, hal ini menjadi sebuah alternatif bagi para siswa SMA yang belum lulus dalam mengikuti jalur undangan dari SNMPTN. Bagi yang sudah mendpatkan dan bantuan dana Bidik Misi juga dapat melakukan pendaftaran SBMPTN ketika dinyatakan tidak lolos SNMPTN tanpa harus mengeluarkan biaya administrasinya dengan menggunakan KAP dan IN yang sama, jika SBMPTN  tidak lolos juga dapat mendaftarkan melalui pendaftaran jalur masuk mandiri pada universitas yang dituju.  Kali ini kami akan memberikan sedikit kisi-kisi terkait dengan prediksi Solah SBMPTN 2015, kisi-kisi apa saja yang harus anda pelajari dan langkah apa saja yang harus anda jawab ketika menghadapi soal-soal yang disodorkan ketika mengikuti test tertulis pada ujian SBMPTN,  Semua pertanyaan dapat ada kuasai ketika anda mengikuti beberapa trik dari kami agar dapat lolos dalam ujian test Ujian tertulis pada SBMPTN, Namun anda juga dapat meguasai trik tersebut dari soal test SBMPTN

Prediksi Contoh Kisi-Kisi Soal SBMPTN

Anda harus mengikuti semua proses prosedur pendafataran melalui website resmi SBMPTN  yang berada di  SBMPTN.or.id dan lebih rincinya ada di Pendaftaran.SBMPTN.or.id dengan mengikuti penjelasan dan prosedur dan ketentuan yang berlaku saat ini, Setelah anda mengikuti pendaftarannya, lalu persiapkan semuanya dan jangan lupa untuk cek lokasi satu hari sebelum ujian test SBMPTN dimulai yang dimulai dari tempat duduk ujian sehingga ketika datang ke tempat ujian tidak lagi mencari tempat duduknya.

Menurut pengalaman yang sudah-sudah mereka melupakan pendaftaran dan mereka melupakan hal-hal yang dianggap kurang penting sehingga tidak memperhatikan hal sekecil apapun, disini kami akan memberikan kisi-kisi dalam menjawab soal SBMPTN yang akan diujikan saat test ujian tertulis dengan beberapa hal karakteristik terkait dengan kelulusan anda dalam pendaftaran SBMPTN.

1. Waktu Menjawab.

Waktu lebih berharga dari pada uang, salah satu ungkapan yang pernah anda dengan ketika berbicara tentang waktu, adalagai sebuah syair bahwasanya waktu itu bagaikan sebuah pedang, jika kita tidak menggunakan dengan sebaik-baiknya maka kita akan binasa. Begitupula dengan menjawab soal ujian tes tertulis dalam ujian SBMPTN,  waktu yang diberikan kepada yang diuji  selama 60 menitan, anda harus mengerjakan  beberapa soal yang diujikan  dalam waktu singkat sehingga anda tidak kehabisan waktu, fokus dan perhatikan jawaban yang paling mudah terlebih dahulu untuk menjawab soal-soal pilihan dan gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya.

2. Teknik The King.

Siapa yang belum pernah mendengar teknik ini? pasti anda yang belum ikut bimbingan belajar belum pernah mendengarkan teknik ini, yang dimaksud dengan teknik the king ini adalah salah satu cara dalam menjawab soal secara cepat, artinya dalam menjawab soal yang rumit dan panjang anda tidak harus membaca semua yang harus anda lihat adalah jawaban dari a sampai denga e dengan menghubungkan soal dengan begitu anda akan menemukan hasilnya secara cepat tanpa harus membaca semua soalnya.
3. Berlatih Soal SBMPTN

Cara yang ketiga adalah dengan mengukur kemampuan kita setiap hari dengan membiasakan berlatih mengerjakan soal-soal yang ada dalam soal-soal SBMPTN yang dapat anda beli di toko terdekat, Sumber soal tersebut biasanya hampir–hampir mirip dengan yang ada di Buku Soal SBMPTN, dari pada anda download gratisan yang notabenen dibagikan secara gratis belum tentu bisa dipertangung jawabkan, terkadang hal itu hanya sampah saja meksi gratis belum tentu akan memiliki bobot dibandingkan dengan cara mempelajari dari buku-buku soal SBMPTN yang dijual dipasaran buku pelajaran. Pilihlah buku yang memiliki ketebalan halaman adapula yang menawarkan dalam bentuk bank soal dari soal-soal terdahulu sehingga anda akan belajar soal terdahulu dengan mudah.

4. Mempelajari Kisi-Kisi Soal SBMPTN.

Belajar dari Kisi-Kisi Soal SBMPTN yang dapat anda dapatkan dari kumpulan beberapa bank soal terdahulu biasanya jenis soal akan sama dengan yang terdahulu, namun akan beda bentuk yang ditawarkannya adapun beberapa bentuk test yang akan diujikan dalam SBMPTN biasanya adalah Test Potensi AKedmik (TPA) dengan pengukuran dan penilain evaluasinya dari beberapa penalaran anda seperti soal test Logika, Aljabar, Bahasa, Gambar dan beberapa test potensi lainnya. Adapun untuk tes kemampuan dasar yang diujikan dalam ujian test tertulis SBMPTN adalah Seperti Deret Angka, Soal cerita MTK, Kemampuan Verbal, kemampuan Numerikal, kemampuan Figural, Matematika Dasar , Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan Sosial Hukum untuk jurusan yang mengambil dari IPS.

Tidak selalu jauh dari tahun sebelumnya, karena pembuat soal biasanya mereka merubah bentuk-bentuknya karena semuanya test sudah dipelajari ketika anda di SMA. Jika anda benar-benar memperhatikan pelajaran SMA maka anda akan lolos dengan mudah hanya ada pengembangan-pengembangan yang dilakukan oleh pembuat soal. Namun, biasanya untuk setiap universitas dan kampus sudah memiliki passing grade sendiri-sendiri sesuai dengan kredibilitas universitas tersebut di mata tanah air Indonesia. Kami akan menguraikan sedikit kisi-kisi untuk anda yang  akan mengikuti test SBMPTN.

1. Tes Kemampuan Dasar (TPA)

Untuk bobot nilai TPA ini biasanya sekitar 50% , anda harus menjawab test ini dengan benar karena jika anda menjawab dengan benar maka point yang akan diperoleh akan ditamabah dan apabila anda salah menjawab soal akan dikurangi 1. Biasanya test TPA ini seperti yang kami ketahui terkait dengan penalaran dan pengukuran kecerdasan anda seperti soal test Antonim. Persamaa, Deret Hitung, Aljabar, Soal Cerita, Peluang, Anonim dan beberapa test lainnya.
2. Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Untuk Bobot Nilai Test Kemampua Dasar ini biasanya hanya 30% untuk kelulusan, Jika anda benar maka akan ditambah 4 point namun jika anda salah maka akan dikuarngi 1 point. Biasanya soal yang akan keluar pada TKD adalah seperti, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris.
3. Tes Bidang Studi Saintek (IPA).

Untuk bobot nilai Test Bidang ini hanya 20% meskipun bobotnya sedikit namuntest ini juga menentukan dari kelulusan anda anda harus menjawab semua soal yang ada dengan baik dan benar. Test bidang ini sesuai dengan jurusan yang anda ambil ketika SMA, jika anda memilih jurusan IPA maka anda akan memilih jurusan di Universitas dengan kategori IPA.  Untuk test ini biasanya yang harus anda pelajari adalah Biologi, Kimia, FIsika dan yang terkait dengan IPA
4. Tes Bidang Studi Soshum (IPS)

Untuk nilai Bobot test bidang IPS ini adalah 20% sama dengan test bidang IPA, namun utnuk test ini terdiri dari kemampuan dan pemilihan jurusan anda ketika SMA, dan pengambilan jurusan ketika SMA. Adapun test yang akan diujikan pada test ini adalah seperti, Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan beberapa test dalam jrusan IPS atau disngkat dengan SOSHUM Test.
5. Tes Bidang Gabungan Saintek Soshum (IPC)

Bobto Nilai untuk Test IPC ini adalah 20% jika anda benar menjawab soal maka nilai akan ditamab point 4 dan apabila anda salah menjawab  soal maka akan dikurangi 1 pont, IPC adalah gabungan dari dua program studi antara IPS dan IPA  anda harus mengikuti keduanya dari gabungan IPA dan IPS dari kedua mata pelajaran yang sudah dibahas dan dipelajari ketika SMA. Anda bisa mengikuti dua pilihan IPS dan IPA untuk jurusan pertama anda bisa memilih program IPA dan kedua anda bisa memilih bidang IPS.
6. Tes Keterampilan (Fisik)

Jika anda memilih program studi yang berkaitan dengan ketrampilan seperti Seni lukis atau kesenian, Olahraga dan Sastra anda harus dilakukan Bobto untuk Test Ketrampilan ini lebih tinggi yaitu sebesar 50 %, jika anda test lainnya kurang memenuhi syarat namun anda memeiliki ketrampilan yang lebih anda akan beruntung karena memiliki ketrampilan yang menunjang untuk lulus pada bidang yang akan anda harapkan. Berbeda dengan bidang lainnya yang harus mengandalkan potensi pada akal dan pikiran. Biasanya test ini tidak terlalu lama pengumuman test ketrampilan ini bisanya diumukan setelah test ujian tertulis.

Agar anda bisa mencapai passing grade setiap universitas usahakan anda melihat target dan tujuan dari setiap kampus karena biasanya mereka akan menentukan passing grade masing-masing untuk memilih mahasiswa baru,  Semua PTN memiliki Patokan yang berbeda beda dan biasanya juga soal yang harus dikerjakan juga berbeda anatara kampus satu dengan yang lainnya. Harus anda prediksikan mulai dari sekarang apakah anda sanggup untuk masuk pada universitas idaman anda.

Baca Juga beberapa artikel dibawah ini:

 

Nah, itulah sedikit informasi yang dapat kami rangkum terkait dengan Prediksi Kisi-Kisi Soal SBMPTN.  Jangan lupa anda untuk belajar dan mengikuti bimbingan belajar di kota anda karena belajar akan membantu anda dalam menjawab semua soal-soal yang akan anda hadapi nantinya dan yang terpenting dari itu semua adalah berdoa karena do’a tersebut akan menolong dan memudahkan anda disetiap pekerjaan dan diberi kemudahan ketika menjawab soal.  Terima Kasih telah membaca Informasi ini semoga anda dapat lulus SBMPTN.

Nah, bagi anda yang belum memiliki panduan secara resmi dapat kok belajar dari bukunya secara lansung untuk panduan secara resmi di Buku SBMPTN dan beberapa soal pembahasannya yang lengkap dibawah ini:

download dibawah inibuku-sbmptn

 

 

Other articles you might like;

No ratings yet.

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|TopikTravelling and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Prediksi Kisi-Kisi Soal SBMPTN 2018/2019/2020 | Topik Nugroho | 4.5