Persyaratan Daftar SBMPTN (Tahun Akademik 2020/2021)

Advertisement

Bingkaiberita.com- Masuk kuliah di perguruan tinggi negeri menjadi impian para lulusan SMA, tahun 2017 2018 ataupun yang baru lulus SMA 2019. Ajang perebutan bangku kuliah yang dilakukan serentak seluruh Indonesia ini memang menjadi sasaran untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Pendaftaraanpun melonjak naik dibandingkan dengan penerimaan mahasiswa yang tak sebanding dengan pendaftaran yang banyak, laman resmi yang semula di sbmptn.or.id kini telah diperbaharui menggunakan ekstensi yang berbeda yaitu dengan laman resmi di sbmptn.ltmpt.ac.id.

Persyaratan SBMPTN sesuai dengan peraturan undang-undang yang tertera pada nome 12 tahun 2012 dan peraturan pemerintah nomer 4 tahun 2014 terkait dengan Penerimaan Mahasiswa baru pada program sarjana pada perguruan tinggi negeri.

Dari perturan pemerintah dan perundang-undangan tersebut maka jalur penerimaan mahasiwa baru ada dua jalur yaitu Jalur SBMPTN seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri dan Jalur SNMPTN yaitu seleksi nasional masuk perguruann tinggi negeri.

Pengertian dari SBMPTN

SBMPTN  adalah satu seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri melalui tahap seleksi yang berdasarkan pada Ujian Tulis Berbasis Komputer dan ujian tulis berbasi Cetak yang merupakan kombinasi antara ujian tulisan dan keterampilan calon mahasiswa diharapkan dapat dengan baik menyelsaikan kombinasi ujian tersebut yang kemudian akan diperhitungkan pada tahap hasil seleksi penerimaan. Calon pendaftar yang dapat melakukan registrasi adalah siswa lulusan dari SMA sedrajad ataupun siswa lulusan Paket C dimulai dari dua tahun kebelakang.

Ujian SBMPTN dirancang mengunakan soal-soal test SBMPTN yang berkaitan dengan pengembangan akademik siswa baik dari pengukuran kemampuan dasar, penalaran tingkat tinggi, potensi akademi, serta bidang sosial humaniara yang sesuai dengan pemilihan program studi dan bagi yang memiliki program ketrampilan maka wajib mengikuti ujian ketrampilan dan adapun tujuan dari SBMPTN adalah sebagai berikut ini:

Tujuan SBMPTN

Adapun tujuan sbmptn adalah sebagai tempat penyelekssian calon mahasiswa yang nantinya akan dapat melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi negeri sehingga memberikan kesempata bagi mereka untuk memilih lebih dari satu perguruan tinggi dalam tahap pendaftaran.

Persyaratan SBMPTN

Untuk beberapa hal terkait dengan apa yang dipersyaratakan untuk tahap penyeleksian perguruan tinggi negei dibawah kementeria riset, teknologi dan pendidikan tinggi serta keenterian agama adalah sebagai berikut ini:

– Calon Peserta SBMPTN merupakan lulusan dari SMA/SMK/MA/ atau lulusan dari paket C dimulai dari tahun 2016 sampai dengan 2018
– Bagi lulusan tahun 2019 yang ingin mendatarkan diri harus memiliki surat keterangan lulus yang memua jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi stempel dan cap- Bagi calon peserta harus memiliki kesehatan yang memadai sehingga dapat ikut dalam proses pembelajaran berlangsung.
– Bagi calon peserta harus udah mengetahui hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat dilihat diwebsite resmi LTMPT
– Peserta tidak lulus jalur SNMPTN
– Peserta SBMPTN harus memiliki NISN yang diambil dari sekolah masing-masing
– Pendaftaran SBMPTN dilakuan secara online yang berada di alamat https://sbmptn.ltmpt.ac.id/ Jika anda belum tahu tata caranya silahkan anda simak di pendaftaran SBMPTN

Tahun ini persyaratan SBMPTN berbeda dengan tahun lalu, ujian tulis tahun lalu masih manual dan saat ini sudah dilaksanakan dengan komputer yang diselenggarakan oleh Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi dengan menggunakan hasil UTBK dan hasilnya akan diolah oleh perguruan tinggi sesuai dengan kriteria nilai minimal.

Pengumuman Sbmptn

Untuk pengumuman SBMPTN akan kami update secara berkala di artikel utama pada website ini terkait dengan pendaftaran SBMPTN, baik itu jadwal sbmptn dari beberapa agenda dan tahapan sampai tanggal pendaftaran sbmptn. Silahkan anda kunjungi terus website kami secara berkala untuk mendapatkan informasi terkait dengan SBMPTN.

Baca Juga beberapa artikel dibawah ini:

Kontak Resmi SBMPTN

untuk informasi selengkapnya dan Alamat panitia Pusat
– Informasi resmi SBMPTN dapat melalui call center dengan kontak 0804 1456 456
– Atau dapat melalui http://halo.sbmptn.ac.id
– Alamat Panitai Pusat di:
Gedung Dr. Prakosa LT.2
Kantor Pusta Universitas Sebelas Maret
Jl.Ir.Sutami No 36A Kentingan Surakarta 57126
telp 0271-7803299, FAx 0271-636268
Email: panpus.snpmtn.sbmptn@mail.uns.ac.id

Other articles you might like;

5/5 (1)

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Persyaratan Daftar SBMPTN (Tahun Akademik 2020/2021) | Topik Nugroho | 4.5
close