Persyaratan Daftar SNBT (Tahun Akademik 2024-2025)

Bingkaiberita.com- Masuk kuliah di perguruan tinggi negeri menjadi impian para lulusan SMA, tahun ini ataupun yang baru lulus SMA . Ajang perebutan bangku kuliah yang dilakukan serentak seluruh Indonesia ini memang menjadi sasaran untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Pendaftaraanpun melonjak naik dibandingkan dengan penerimaan mahasiswa yang tak sebanding dengan pendaftaran yang banyak, laman resmi yang semula di sbmptn.or.id kini telah diperbaharui menggunakan ekstensi yang berbeda yaitu dengan laman resmi di snbt.ltmpt.ac.id.

Persyaratan SNBT sesuai dengan peraturan undang-undang yang tertera pada nome 12 tahun 2012 dan peraturan pemerintah nomer 4 tahun 2014 terkait dengan Penerimaan Mahasiswa baru pada program sarjana pada perguruan tinggi negeri.

Dari perturan pemerintah dan perundang-undangan tersebut maka jalur penerimaan mahasiwa baru ada dua jalur yaitu Jalur SNBT seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur tes dan Jalur SNBP yaitu seleksi nasional masuk perguruann tinggi negeri untuk jalur prestasi.

Pengertian dari SNBT

SNBT  adalah satu seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri melalui tahap seleksi yang berdasarkan pada Ujian Tulis Berbasis Komputer dan ujian tulis berbasi Cetak yang merupakan kombinasi antara ujian tulisan dan keterampilan calon mahasiswa diharapkan dapat dengan baik menyelsaikan kombinasi ujian tersebut yang kemudian akan diperhitungkan pada tahap hasil seleksi penerimaan. Calon pendaftar yang dapat melakukan registrasi adalah siswa lulusan dari SMA sedrajad ataupun siswa lulusan Paket C dimulai dari dua tahun kebelakang.

Ujian SNBT dirancang mengunakan soal-soal test SNBT yang berkaitan dengan pengembangan akademik siswa baik dari pengukuran kemampuan dasar, penalaran tingkat tinggi, potensi akademi, serta bidang sosial humaniara yang sesuai dengan pemilihan program studi dan bagi yang memiliki program ketrampilan maka wajib mengikuti ujian ketrampilan dan adapun tujuan dari SNBT adalah sebagai berikut ini:

Tujuan SNBT

Adapun tujuan sbmptn adalah sebagai tempat penyelekssian calon mahasiswa yang nantinya akan dapat melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi negeri sehingga memberikan kesempata bagi mereka untuk memilih lebih dari satu perguruan tinggi dalam tahap pendaftaran.

Persyaratan SNBT

Untuk beberapa hal terkait dengan apa yang dipersyaratakan untuk tahap penyeleksian perguruan tinggi negei dibawah kementeria riset, teknologi dan pendidikan tinggi serta keenterian agama adalah sebagai berikut ini:

– Calon Peserta SNBT merupakan lulusan dari SMA/SMK/MA/ atau lulusan dari paket C dimulai dari tahun ini
– Bagi lulusan tahun 2023 yang ingin mendatarkan diri harus memiliki surat keterangan lulus yang memua jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi stempel dan cap- Bagi calon peserta harus memiliki kesehatan yang memadai sehingga dapat ikut dalam proses pembelajaran berlangsung.
– Bagi calon peserta harus udah mengetahui hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat dilihat diwebsite resmi LTMPT
– Peserta tidak lulus jalur SNBP
– Peserta SNBT harus memiliki NISN yang diambil dari sekolah masing-masing
– Pendaftaran SNBT dilakuan secara online yang berada di alamat https://sbmptn.ltmpt.ac.id/ Jika anda belum tahu tata caranya silahkan anda simak di pendaftaran SNBT

Tahun ini persyaratan SNBT berbeda dengan tahun lalu, ujian tulis tahun lalu masih manual dan saat ini sudah dilaksanakan dengan komputer yang diselenggarakan oleh Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi dengan menggunakan hasil UTBK dan hasilnya akan diolah oleh perguruan tinggi sesuai dengan kriteria nilai minimal.

Pengumuman SNBT

Untuk pengumuman SNBT akan kami update secara berkala di artikel utama pada website ini terkait dengan pendaftaran SNBT, baik itu jadwal sbmptn dari beberapa agenda dan tahapan sampai tanggal pendaftaran sbmptn. Silahkan anda kunjungi terus website kami secara berkala untuk mendapatkan informasi terkait dengan SNBT.

Baca Juga beberapa artikel dibawah ini:

Kontak Resmi SNBT

untuk informasi selengkapnya dan Alamat panitia Pusat
– Informasi resmi SNBT dapat melalui call center dengan kontak 0804 1456 456
– Atau dapat melalui http://halo.sbmptn.ac.id
– Alamat Panitai Pusat di:
Gedung Dr. Prakosa LT.2
Kantor Pusta Universitas Sebelas Maret
Jl.Ir.Sutami No 36A Kentingan Surakarta 57126
telp 0271-7803299, FAx 0271-636268
Email: panpus.snpmtn.sbmptn@mail.uns.ac.id

Persyaratan Daftar SNBT (Tahun Akademik 2024-2025) | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5