Pengaruh Warna Tata Ruang Terhadap Kesehatan dan Mood Seseorang

Bingkaiberita.com – Secara sadar maupun tidak, warna yang kita gunakan atau warna yang berada di sekeliling kita dapat mempengaruhi otak kita. Setiap warna rupanya memiliki gelombang energi yang berbeda.

biru22

Gelombang inilah yang memberikan efek yang berbeda pula kepada kita yang menggunakannya.
Metode warna ini sebenarnya sudah ada sejak dulu pada masa kebudayaan Cina dan Mesir Kuno. Demikian juga dengan llmu komunikasi visual modern sekarang ini yang menggunakan warna untuk terapi warna (colourolgy) hal tersebut bisa untuk menyembuhkan.
Menurut penelitian, ada beberapa warna yang mempengaruhi pada kesehatan serta mood seseorang. Dengan mengaplikasikan warna-warna tersebut pada ruang hunian seperti rumah, ruang tamu, tempat tidur, ruang belajar dan sebagainya akan berpengaruh pada kualitas kesehatan pemilik ruangan (penghuni).
Dikutip dari Rumah.com, dibawah merupakan warna – warna yang dapat kita aplikasikan pada ruangan – ruangan baik rumah maupun kantor dan memiliki dampak positif bagi kesehatan.
1.Biru
Biru adalah warna penenang, warna ini memiliki efek pada kesehatan serta mood kita yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menstabilkan detak jantung. Selain itu juga memiliki efek menyejukkan yang dapat meredam hati yang berdebar bahkan dapat juga mengendalikan emosi seseorang serta mampu mengatasi gangguan tidur (insomnia).
Bahkan tidak itu saja bahwa warna biru juga dapat mengatasi berbagai penyakit, seperti gastritis, artritis, nyeri pinggang bawah, sakit tenggorokan, asma dan migren. Bagaimana dengan kalian yang menyukai warna biru sekarang sudah mengetahui manfaatnya maka segera aplikasikan warna biru pada dinding kamar, ruangan atau barang yang kalian gunakan setiap harinya.
2.Oranye
Warna oranye berpengaruh pada kegembiraan dan keceriaan, warna orange berhubungan dengan limfa yang berfungsi sebagai pengatur sirkulasi dan metabolisme tubuh. Apabila kalian aplikasikan pada ruang akan memberikan nuansa kecerian atau kebahagian yang akan kalian jumpai nantinya.
Dekorasi pada ruangan dengan memberikan warna – warna yang cerah seperti oranye akan memberikan manfaat yaitu untuk meningkatkan nafsu makan. Karena warna oranye telah terbukti dapat merangsang sistem saraf yang berhubungan dengan nafsu makan.
3.Kuning
Warna kuning memiliki dekongestan dan sifat antibakteri yang bertindak sebagai pembersih tubuh. Maka hal itulah warna kuning dapat memberikan pengaruh untuk meredakan perasaan dari depresi atau stres. Warna kuning merupakan pusat untuk sistem seluruh saraf.
Warna kuning juga dapat meringankan rematik dan juga radang sendi, melancarkan peredaran darah, merangsang penglihatan, pendengaran, dan mendorong kecerdasan. Menerapkan warna ini dalam ruang kamar dapat memberikan efek menyegarkan saraf yang lemah serta mengontrol proses pencernaan serta proses kerja hati dan usus. Ternyata warna kuning sangat memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita walaupun warna ini mungkin ada yang tidak suka namun dibalik itu semua sangat memberikan pengaruh yang baik untuk kesehatan.
4.Merah
Warna merah dinilai dapat merangsang energi dan vitalitas, serta mempertajam penglihatan, pendengaran, perasaan dan membantu bertahan hidup. Warna ini cocok diterapkan untuk dekorasi ruang kamar. Secara umum, merah juga meningkatkan denyut jantung dan dapat merangsang sirkulasi darah, produksi andrenalin, serta menghangatkan tubuh. Tetapi sebaiknya warna merah harus dikurangi terhadap orang-orang yang emosional dan terlalu aktif.
5.Hijau
Warna hijau dapat digunakan untuk menyeimbangkan dan menstabilkan energi tubuh, terutama jantung. Dengan alasan bahwa warna hijau dapat memberikan pengaruh pada struktur sel manusia. Secara psikologis warna hijau alami dapat menyegarkan emosi negatif, rasa lelah dan mual.
Warna hijau adalah warna yang dapat memberikan kenyamanan pada seseorang. Terapkan pada ruang kamar untuk memperoleh efek menenangkan saraf, mengurangi tekanan intraokular, menghilangkan kelelahan mata, meningkatkan kapasitas gerakan otot dan sebagainya.

 

Pengaruh Warna Tata Ruang Terhadap Kesehatan dan Mood Seseorang | Annisa Halimatus Sadiyah | 4.5