Pendaftaran UTBK di https://pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id/

Advertisement

UTBK merupakan singkatan dari Ujian Test Berbasis Komputer yang diadakan secara resmi melalui Laman pendaftaran UTBK dari Lembaga test masuk perguruan Tinggi (LTMPT) yang sudah bekerjasama dengan RistekDIKTI. Pendaftaran ini sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftarkan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi atau yang sering dikenal dengan SBMPTN.

UTBK ini adalah salah satu hal baru yang saat ini dicanangkan oleh pemerintah dengan ujian berbasis komputer, hal ini dimaksudkan agar tidak ada lagi tindakan sogok ataupun lainnya. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum peserta didik mendaftar adalah sebagai berikut ini:

1. Calon Mahasiswa SBMPTN hendaknya melakukan pendaftaran login terlebih dahulu sampai dengan mendapatkan slip pembayaran. Bagi yang belum membayar diharap untuk login kembali, karena cuma 1×24 jam dan login menggunakan akun yang telah dibuat untuk mendapatkan tiket atau slip pembayaran dan diwajibkan untuk melakukan pembayaran di Bank yang telah ditunjuk.

2. Proses pendaftaran dan pembayaran paling lambat tanggal 24 maret sehingga bagi yang sudah membayar lokai ujian, tanggal dan sesi tetap berlaku.

3.Proses pendaftaran UTBK masih dapat dilakukan sampai dengan 24 maret sehingga masih ada beberapa hari lagi untuk melakukan tahap pendaftaran dan pendaftar dapat melakukan pendaftaran di lokasi ujian yang berbeda dengan kota yang sama ataupun di kota lainnya.

Pendaftaran UTBK

CARA DAFTAR UTBK

1. Pendaftaran dapat dilaku melalui website resminya di https://pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id/

2. Pendaftar wajib memiliki NISN dan NPSN Sekolah serta email yang masih aktif, bagaimana membuat email simak cara daftar email. Sehingga pendaftar dapat memiliki username dan password.

3. Pendaftar harus mengisi formulir yang telah disediakan oleh panitia seperti nama, alamat, tanggal lahir atau dalam kata lain mengisi biodata dan mengunggah pas fotoberwarna terbaru. Selain itu pendaftar juga wajib memilih lokasi ujian test dan sesi ujiannya untuk cetak kartu pendaftar dan mendapatkan slip pembayaran.

4. Pendaftar UTBK akan memperoleh slip pembayaran yang dapat dibayarkan paling lambat 1×24 jam jika lebih maka harus login kembali untuk mendapatkan slip tersebut dan dibayarkan melalui transfer bank ke BNI, BTN dan Mandiri.

5. Bagi yang sudah melakukan pembayaran diharapkan untuk login kembali di https://pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id/ untuk mencetak kartu peserta UTBK.

6. Pendaftar harus mengikuti ujian test berbasi komputer esuai dengan tanggal yang telah dipilih, lokasi maupun sesinya.

Cetak Kartu Peserta UTBK

Bagi yang mendaftar silahkan lihat baik baik Jadwal dan Lokasi UTBK dan perlengkapan yang harus dibawa eperti kartu tanda peserta, fotokopi ijazah yang telah dilegalisir atau masih duduk di bangku kelas 12 yang ditanda tangani kepala sekolah, yang berisi terkait dengan nama siswa, NISN siswa, NPSN sekolah.

Kisi-Kisi Soal UTBK

UTBK ini memiliki kisi-kisi yang harus dipahami yaitu terdiri dari Test Potensi Skolastik (TPS) dan Test Kompetensi Akademik (TKA) yang disesuaikan dengan pemilihan jurusan pada peserta ujian.Adapun untuk TPS sendiri siswa diharapkan memiliki pengetahuan dalam penalaran umum, pengetahuan kuantitatif dan kemampuan membaca dan menulis sedangkan TKA terkait dengan kemampuan kognitif dengan penekanan pada test Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Kriteria Soal UTBK

UTBK memiliki jenis penilaian sesuai dengan soal yang akan dihadapi menggunakan Tes Potensi Skolastik dan Test Kompetensi Akademik dengan pengerjaan dengan 4 jenis soal selama rentang waktu 120 menit
1. Penalaran Umum 20 Soal: 35 Menit
2. Pemahaman Baca dan Menulis 20 Soal: 25 Menit
3. Pengetahuan umum dan penalaran umum 20 soal: 25 menit
4. Pengetahuan kuantitatif 20 soal: 35 menit

Bagi yang melamar jurusan IPA, mereka masuk dalam kategori saintek dengan jumlah soal 20 dengan waktu pengerjaan 22,4 menit dengan materi terdiri dari Saintek, fisika, kimia, biologi dan matematika

Bagi yang melamar dari jurusan IPS masuk pada kategori Soshum dengan materi pelajaran terdiri dari geografi, sosiologi, sejarah, ekonomi, matemtika soshum dengan jumlah soal sebanyak 20 dengan pengerjaan 18 menit.

Prediksi Soal UTBK

Bagi anda yang memerlukan Prediksi Soal UTBK silahkan anda download pada link unduhan berikut ini:

Prediksi TKPA 2019 + Kunci Jawaban
Prediksi TKD Saintek 2019 + Kunci Jawaban
Prediksi TKD Soshum 2019 + Kunci Jawaban

Semoga anda dapat lolos SBMPTN dengan nilai yang memuaskan sesuai dengan harapan anda saat ini belajar di perguruan tinggi tujuan.

Other articles you might like;

No ratings yet.

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|TopikTravelling and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Pendaftaran UTBK di https://pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id/ | Topik Nugroho | 4.5