Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal dikdin.bkn.go.id 2019/2020

Advertisement

Bingkaiberita.com- dikdin.bkn.go.id 2019- Adalah salah satu sistem jalur pendaftaran sekolah ikatan dinas yang telah ditunjuk oleh kementerian seperti pada surat edarannya bahwa pendaftaran dilaksanakan di sscasn.bkn.go.id seperti layakanya pendafataran cpns karena mereka yang lolos dan mendapatkan ijazah dari sekolah ikatan dinas maka mereka akan mendapatkan bonus menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditempatkan sesuai dengan masing-masing instansi.

Sebagai panduan umum bahwa portal ini menjadi pintu jalur masuk utama bagi calon taruna ataupun taruni yang akan melaksanakan tahap awal dalam proses pendaftaran masuk sekolah ikatan dinas. Nah, bagi yang belum tahu tentang ikatan dinas itu apa? mari kita simak ulasannya berikut ini:

Pendidikan Sekolah Ikatan Dinas merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada dibawah lembaga pemerintahan kementerian ataupun non kementerian yang pendidikannya dilakukan secara sistem asrama dengan disiplin dan dedikasi yang tinggi. Dan untuk lulusan mahasiswanya akan diangkat langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil setelah melaksanakan prjabatan.

A. Cermati Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Berikut

Salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi siswa-siswi yang memiliki prestasi yang bagus dalam pendidikan tingkat menengah atas ini menjadi peluang bagi kamu yang ingin menjadi PNS tanpa harus mendaftar setelah lulus dari perguruan tinggi yang berikatan dinas. Mereka yang sudah melaksanakan belajar di perguruan tinggi ikatan dinas ini akan dibiaya sepenuhnya oleh pemerintah dan mendapatkan uang saku yang sedikit jumlahnya.

Namun, bagi anda yang ingin mendaftarkan diri menjadi taruna ataupun taruni harus melewati berbagai tahapan dan macam kesulitannya masing=masing sesuai dengan instansi yang telah anda daftar sebelumnya karena pendaftaran sendiri dimulai diwebsite resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kai ini kami akan mencoba menginformasikan ulasan terkait dengan pemahaman dasar yang harus dilakukan oleh calon taruna maupun taruni yang notabene menjadi perhatian penting bagi para pendaftar.

1. Pendaftaran Taruna/Taruna dilakukan Secara Sistem Online

Nah, pelamar sekolah kedinasan kemungkinan besar harus mempersiapkan berbagai dokument yang harus dibutuhkan ketika hendak melakukan pendaftaran online, dokument tersebut seperti dibawah ini:
pertama, rapor SMA
Kedua, Ijazah kelulusan SMA
Ketiga, Pas foto
Keempat, Kartu keluarga dan KTP
Kelima, dokument pendukung lainnya yang disyaratkan oleh instansi kementerian.

2. Pelamar Hanya dibolehkan mendaftar pada satu sekolah kedinasan.

Bagi yang mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan maka sistem akan mendeteksinya secara cepat dan periode pendaftaran akan gugur.

3. Proses Seleksi

Proses seleksi ujian akan dilakuakan menggunakan sistem online atau sekarang ini biasa kita sebuat denga sistem CAT ( Computer Assisted Test) yang telah ditentukan oleh masing-masing instansi lembaga sekolah ikatan dinas pada pemerintahan kementerian maupun non kementerian, sehingga akan terlihat jelas nilai yang keluar setelah melaksanakan ujian secara komputer.

4. Data Lengkap

Semua hal yang berkaitan dengan pengisian data pada formulir registrasi pendaftaran online harus sesuai dengan dokument asli yang telah anda miliki atau dengan kata lain dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Apabila data tersebut tidak benar maka peserta test akan dianggap Gugur.

5. Persyaratan pendukung lainnya

Penting bagi pelamar atau pendaftar sekolah ikatan dinas untuk memahami persyaratan tambahan yang telah ditetapkan oleh lembaga sekolah ikatan dinas, karena jika anda kurang teliti dan cermat dengan informasi yang telah diberikan, maka anda akan gugur dalam tahap awal seleksi berkas dan dokument. Dan yang lebih pentingnya anda mengetahui alur pendaftaran sekolah ikatan dinas.

B. Deskripsi Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas.

Secara deskripsi penerimaan Taruna dan Taruni ini harus sesuai dengan alur pendaftarannya sebagaimana berikut ini:

1. Pendaftar diwajibkan untuk melakukan pendaftaran melalui portal resmi yang ada di alamat sscasn.bkn.go.id

2. Pendaftar diwajibkan untuk memilih lembaga sekolah ikatan dinas dibawah kementerian maupun non kementerian dengan membuat akun dan mencetak kartu informasinya di https://dikdin.bkn.go.id

3. Pendaftar diwajibkan untuk melakukan login menggunakan NIK dan password yang telah anda buat sebelumnya.

4. Pendaftar diwajibkan untuk melakukan swafoto layaknya daftar CPNS, melakukan pmelihan sekolah, jurusan dan melengkapi form yang telah disediakan pada portal online.

5. Pendaftar diwajibkan untuk memasukkan nilai ijazah SMA

6. Pendaftar diwajibkan untuk mengisi biodata yang sesuai dengan dokument asli yang telah anda miliki.

7. Pendaftar diwajibkan untuk mengunggah atau mengupload dokument yang dipersyaratkan

8. Pendaftar diwajibkan untuk resume ulang atau cek isian yang telah anda lengkapi sebelumnya

9. Pendaftar diwajibkan untuk mengirim form yang telah diisi jika dirasa sudah benar-benar sesuai dengan dokument, karena apabila telah dikirim maka tidak dapat diubah.

10.Pendaftar diwajibkan untuk melakukan cek hasil verifikasi

11. Pendaftar diwajibkan untuk melihat hasilnya kemudian jika telah diumumkan kelulusan verifikasinya dan anda dinyatakan lolos silahkan untuk membayarkan pendaftaran dengan mendapatkan kode biling yang dapat di cek di portal lembaga kedinasan

12. Pendaftar diwajibkan untuk melakukan pembayaran, setelah itu bukti pembayaran digunakan untuk mendapatkan kartu ujian

13. Pendaftar diwajibkan untuk melihat pelaksanaan tes ujian

14. Pendaftar diwajibkan untuk mengecek hasil pelaksanaan test ujian tahap awal

15. Bagi Pendaftar yang lolos test diwajibkan untuk menghubungi pihak lembaga sekolah kedinasan untuk tahap lebih lanjut.

1.Pembuatan akun SSCASN Sekolah kedinsan.

a. Dalam pembuatan akun pendaftar diwajibkan untuk melakukan pendaftaran melalui dikdin.bkn.go.id
b. Setelah itu silahkan anda klik tombol registrasi yang kemudian akan muncul portal lainnya di dikdin-daftar.bkn.go.id
c. Harap mengisi sesuai dengan dokument aslinya seperti Nomer Kartu Keluarga, Nomer KTP atau NIK, dan lanjutkan dengan mencentang captca, silahkan anda lanjutkan pendaftaran.

d. Setelah itu lengkapi pengisian data pada form yang masih kosong sesuai dengan dokument asli.

1) Silahkan isi Nama Asli sesuai dokument yang sesuai dengan Ijazah tanpa menggunakan gelar
2) Isi Tempat Lahir yang sesuai dengan kota ataupun kabupaten yang sesuai dengan ijazah.
3) Pilih Jenis Kelamin
4) Silahkan anda memasukan email yang masih digunakan atau masih aktif dipakai karena nantinya akan ada pemberitahuan diemail tersebut.
5) Password yang anda masukan harus mudah dihafal dan diingat karena password tersebut akan digunakan untuk login pendaftaran.
6) Silahkan anda masukkan password konfirmasinya
7) Pilihan pertanyaan pengamanan yang mudah di hafal
8) silahkan jawab pengamanan yang sering dipakai.
9) ilahkan anda memilih pertanyaan pengamanan kedua
10) Silahkan anda masukkan jawaban sesuai dengan pertanyaan tersebut
11) Silahkan masukkan kode captca.

e. Jangan lupa untuk mengunggah foto dengan ukuran maksimal 200kb dengan latar belakang background berwarna merah dalam format JPG.
f. Pastikan anda melakukan pengisian data yang sesuai dan lakukan penyimpanan jika sudah benar dan perbaikan jikalau masih salah dengan memencet tombolnya dan klik tombol selanjutnya.
g. Pastikan anda membuat akun dengan benar, dan jikalau sudah berhasil mendaftar lakukan langkah cetak informasi pendaftaran. Dan jangan lupa untuk menyimpan kartu tersebut.
h. Silahkan anda login ke pendaftaran untuk mengisi form selanjutnya.

2. Cara Login SSCASN Sekolah Kedinasan

a. apabila pelamar sudah mendaftar dan berhasil mendaftar silahkan anda login kembali ke login di dikdin.bkn.go.id dengan memencet tombol login yang berada di bagian sudut kanan

b. Untuk login persiapakan nomer NIK dan password yang telah anda hafal sebelumnya dan kemudian peserta diwajibkan untuk mengisi form data

1) Pertama adalah dengan Upload Swafoto

a) Silahkan anda unggah foto dengan cara berselfie dengan memegang ktp dan kartu informasi akun dan jangan lupa untuk memformatnya dalam bentuk jpg dan mengkompres ukuran maksimal 200 kb.
b) setelah semuanya beres dan gambar image file ada di komputer silahkan anda choose file untuk mengunggahnya.

2) Memilih Formasi Peminatan

a) Pilih lembaga sekolah yang sesuai keinginan anda
b) Pastikan anda memilih untuk pengisian form pendidikan terakhir
c) Memilih jurusan yang anda minati
d) memiliki lokasi test
e) Memilih Provinsi dan sekolah SMA ana anda berasal
f) Harap isi nama sekolah yang sesuai dengan ijazah beserta tahun lulus
g) harap mengisi nomer ijazah pada pendidikan terakhir
h) harap mengisi tahun lulus pendidikan terakhir.
i) Masukkan kode captca dengan benar sesuai yang tertera
j) Silahkan lakukan penyimpanan jika data sudah benar.

3. Mengisi Nilai

Pendaftar harus mengisikan nilai raport terakhir yang sesuai dengan ijazah dan diperhatikan ketentuan persyaratan nilai terendah pada lembaga kedinasan karena setiap sekolah kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.

4. Isi Biodata Lengkap

Silahkan untuk mengisi biodata yang sudah disediakan pada kolom-kolom formnya sesuai dengan iazah baik itu nama tanpa gelar, tempat lahir, email dan lainnya. Dan jangan lupa untuk memasukkan kode captca dan ke langkah selanjutnya.

5. Upload Dokument

Semua persyaratan harus dilengkapi dengan menscan dokument asli dan diunggah di portal resmi sesuai dengan ukuran maksimal yang tercantum dalam portal. Silahkan anda unggah dan lihat hasil dari dokument untuk cek dokumennya, jika belum sesuai maka akan ada pemberitahuan terkait dengan dokument anda tersebut.

6. Resume

Jika pengisian data sudah benar maka langkah selanjutnya adalah dengan memeriksa kembali untuk melengkapinya silahkan anda akhiri proses pendaftaran yang akan dikirimkan ke sistem online pendaftaran dan pelamar tidak dapat memperbaiki atau merubah data.

7. Cetak Informasi Akun

Silahkan anda cetak informasi akun yang akan tampil maka kartu pendaftaran SSCASN sekolah kedinasan sudah disertifikasi dengan menggunakan tanda tangan digital dari Badan Siber dan sandi negara.

C.  Gambar Mekanisme Pendaftaran

Gambar Mekanisme Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

D. Daftar lengkap sekolah ikatan dinas.

Adapun para peserta yang akan mendaftar akan lebih baik mengetahui secara lengkap alamat portal sekolah ikatan dinas dan test-test lanjutan seleksi setelah mendafatr di portal BKN yang ada di dikdin.bkn.go.id seperti contohnya untuk pemilihan lembaga sekolah kedinasan PKN STAN yang sudah lolos seleksi tahap awal untuk mendaftarkan di spmb.pkn.stan.ac.id selengkapnya terkait dengan pendaftaran Sekolah Ikatan dinas adalah sebagai berikut

1. Pendaftaran PKN STAN

Pendaftar yang memilih pada lembaga sekolah tinggi kedinasan PKN STAN harus mendaftar terlebih dahulu ke portal dikdin.bkn.go.id yang kemudian diharapkan untuk mendaftar ke portal resmi yang beralamat di spmb.pknstan.ac.id

Baca Selengkapnya: Pendaftaran PKN STAN

2. Pendaftaran SPCP IPDN

Pendaftar yang memilih pada lembaga sekolah tinggi kedinasan IPDN harus mendaftar terlebih dahulu ke portal dikdin.bkn.go.id yang kemudian diharapkan untuk mendaftar ke portal resmi yang beralamat di spcp.ipdn.ac.id

Baca Selengkapnya: Pendaftaran SPCP IPDN

3. Pendaftaran STIS

Pendaftar yang memilih pada lembaga sekolah tinggi kedinasan STIS harus mendaftar terlebih dahulu ke portal dikdin.bkn.go.id yang kemudian diharapkan untuk mendaftar ke portal resmi yang beralamat di stis.ac.id/spmb

Baca Selengkapnya: Pendaftaran Online STIS

4. Pendaftaran Poltekip dan POLTEKIM

Pendaftar yang memilih pada lembaga sekolah tinggi kedinasan Poltekip dan POLTEKIM harus mendaftar terlebih dahulu ke portal dikdin.bkn.go.id yang kemudian diharapkan untuk mendaftar ke portal resmi yang beralamat di catar.kemenkumham.go.id

Baca Selengkapnya: Pendaftaran Online Poltekip dan Poltekim

5. Pendaftaran STTD

Pendaftar yang memilih pada lembaga sekolah tinggi kedinasan STTD harus mendaftar terlebih dahulu ke portal dikdin.bkn.go.id yang kemudian diharapkan untuk mendaftar ke portal resmi yang beralamat di Sipencatar.dephub.go.id

Baca Selengkapnya: Pendaftaran Online STTD

6. Pendaftaran STMKG

Pendaftar yang memilih pada lembaga sekolah tinggi kedinasan STMKG harus mendaftar terlebih dahulu ke portal dikdin.bkn.go.id yang kemudian diharapkan untuk mendaftar ke portal resmi yang beralamat di ptb.stmkg.ac.id

Baca Selengkapnya: Pendaftaran Online STMKG

7. Pendaftaran STSN

Pendaftar yang memilih pada lembaga sekolah tinggi kedinasan STSN harus mendaftar terlebih dahulu ke portal dikdin.bkn.go.id yang kemudian diharapkan untuk mendaftar ke portal resmi yang beralamat di www.stsn-nci.ac.id

Baca Selengkapnya: Pendaftaran Online STSN

8. Pendaftaran STIN

Pendaftar yang memilih pada lembaga sekolah tinggi kedinasan STIN harus mendaftar terlebih dahulu ke portal dikdin.bkn.go.id yang kemudian diharapkan untuk mendaftar ke portal resmi yang beralamat di www.stin.ac.id/daftar

Baca Selengkapnya: Pendaftaran Online STIN

Silahkan anda lihat daftar lengkap sekolah ikatan dinas, sehingga anda dapat melakukan pemilihan dan pencerahan sekolah mana yang akan didaftar nantinya. Apalagi anda memilih lembaga sekolah yang masih sepi peminat.

Mari berikan tombol like dan share untuk artikel kami supaya dikemudian hari dapat langsung tersampaikan kepada siswa-siswi yang baru lulus SMA/SMK tahun ini. Semoga anda dapat sukses dan diterima menjadi CPNS Kedinasan.

Other articles you might like;

5/5 (1)

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|TopikTravelling and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal dikdin.bkn.go.id 2019/2020 | Topik Nugroho | 4.5