Pendaftaran Online STIN (Sekolah Tinggi Inteligen Negara) 2018/2019 - Bingkai Berita

Pendaftaran Online STIN (Sekolah Tinggi Inteligen Negara) 2018/2019

Advertisement

Sekolah Tinggi Inteligen Negara atau disebut dengan STIN merupakan sebuah pemikiran bahwa intelijen adalah suatu disiplin ilmu yang dapat dipelajari, dalam hal ini Jendral TNi Purn Dr. A.M Hendropriyono memproklamirkan atas berdirinya STIN sebagai salah satu sekolah ikatan dinas yang berada pada jalur bidang intelijen sehingga lahirlah anak bangsa yang memiliki daya juang dalam intelijen dan menjadi sumber dari Badan Intelijen Negara terkhusus ketika sekolah tersebut berdiri pada tahun 2003 yang diresmikan langsung oleh presiden RI dan memulai kuliah perdana pada tahun 2004.

Berdirinya sekolah tinggi intelijen negara ini bertujuan untuk menyiapkan kader intelijen yang mampu dalam akademik dan profesional dalam mengembangkan ilmu-ilmu pengetahuan intelijen dan teknologi, khususnya dalam menjaga keutuhan dan kesatuan negara kesatuan republik Indonesia. STIN memiliki visi menjadi salah satu pusat pendidikan yang unggul dan memiliki taraf internasional dalam mendukung keamanan dan kepentingan nasional. Sedangkan dari pada itu STIN memiliki misi sebagai salah satu sekolah yang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki iman dan takwa kepada Tuhan YME. STIN juga memiliki orienti asi pada nilai-nilai kejujuran dan kemanusiaan demokrasi dan integritas.

STIN

Kurikulum yang digunakan oleh STIN memiliki 3 basis kompetensi diantaranya kompetensi utama, pendukung dan kompetensi khusus yang sangat relevan dengan kompetensi utama. Hal itu terwujud pada mata kuliah STIN yaitu dengan landasan Kepribadian, kemampuan dalam berkarya, penguasaan akan keilmuan dan ketrampilan serta mengandung pada aspek sikap dan tingkah laku dalam berkarya menurut keahliannya. Semua itu berkat adanya fasilitas dan faktor pendukung lainnya.

Adapun beberapa fasilitas yang sudah tersedia di Kampus STIN ini antara lain Pergedungan untuk Rektorat, perkuliahan dan serbaguna, beberapa LAB, perpustakaan, Guest House, Rumah Ibadah, Asrama Mahasiswa, Jaringan Internet, Aula Makan, Koperasi dan lain sebagainya. Bagaimana dengan cara pendaftaran yang harus dipersiapkan untuk mendaftarkan di Kampus Tinggi Intelijen Negara? beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk calon peserta didik untuk syarat umum dan Administrasinya untuk melakukan pendaftaran online STIN sebagai berikut:

 

Persyaratan Umum Pendaftaran STIN
1. Calon Peserta Adalah Warga Negara Indonesia
2. Memiliki Nilai rata-rata semester dari kelas 1 sampai kelas 3 SMA minimal 7,0
3. Kriteria tinggi badan untuk putri 160 cm sedangkan untuk putra 165 cm an memiliki berat badan proposional
4. tidak pernah mengalami kecacatan baik fisik, mental, patah tulang, bertindik dan berkacamata maksimal 0,50 baik minus atau plus

Sedangkan untuk persyaratan Administrasi yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:
1. Menyiapkan Fotocopy Raport dari kelas satu sampai kelas 3 yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah ( Proses Pengiriman berkas melalui scan Komputer untuk penguploadan di Internet dalam bentuk PDF atau JPEG Ditulis dengan nama SEKOLAH.pdf/.jpeg)
2. Memiliki Surat Ijin dari Orang Tua ( Proses Pengiriman berkas melalui scan Komputer untuk penguploadan di Internet dalam bentuk PDF atau JPEG ditulis dengan nama ORTU.pdf/.jpeg)
3. Meminta Surat Kesehatan ataupun surat tidak buta warna dari Puskesma atau RSUD ( Proses Pengiriman berkas melalui scan Komputer untuk penguploadan di Internet dalam bentuk PDF atau JPEG ditulis dengan nama SEHAT.pdf/.jpeg)
4. Meminta Ke RSUD surat Keterangan Bebas Narkoba ( Proses Pengiriman berkas melalui scan Komputer untuk penguploadan di Internet dalam bentuk PDF atau JPEG ditulis dengan nama SKBN.pdf/.jpeg)
5. Meminta Surat Keterangan Bekelakuan Baik SKCK ke Kepolisian Polsek setempat ( Proses Pengiriman berkas melalui scan Komputer untuk penguploadan di Internet dalam bentuk PDF atau JPEG ditulis dengan nama SKCK.pdf/.jpeg)
6. Menyiapakan Pas foto yng berukuran 4×6 yang dilengkapi dengan background atau latar foto belakang untuk putri berwarna merah dan untuk putri biru ( Proses Pengiriman berkas melalui scan Komputer untuk penguploadan di Internet dalam bentuk PDF atau JPEG ditulis dengan nama FOTO. jpeg)
7. Menyiapkan surat keterangan belum menikah dari kepala desa ( Proses Pengiriman berkas melalui scan Komputer untuk penguploadan di Internet dalam bentuk PDF atau JPEG ditulis dengan nama SKBP.pdf/.jpeg)
8. Menyiapkan Fotokopi Akte Kelahiran ( Proses Pengiriman berkas melalui scan Komputer untuk penguploadan di Internet dalam bentuk PDF atau JPEG ditulis dengan nama AKTE.pdf/.jpeg)
9. Menyiapkan fotocopy Kartu keluarga ( Proses Pengiriman berkas melalui scan Komputer untuk penguploadan di Internet dalam bentuk PDF atau JPEG ditulis dengan nama KK.pdf/.jpeg)
10. Menyiapakan fotokopy trankrip nilai bagi yang sedang kuliah di PTN dan juga menyiapkan Foto KTM ( Proses Pengiriman berkas melalui scan Komputer untuk penguploadan di Internet dalam bentuk PDF atau JPEG ditulis dengan nama PTN.pdf/.jpeg)

Persiapan Ujian Masuk STIN hampir sama dengan sekolah ikatan dinas lainnya yang tidak dipungut biaya apapun untuk mengikutinya dan mendapatkan jaminan hidup langsung diangkat menjadi CPNS ketika sudah lulus menjadi salah satu anggota BIN, namun anda harus mengikuti beberapa test ujian masuk baik dari Test kemampuan dasar dan test kemampuan bidang yang meliputi dari

A. Tes Potensi Akademik
B. Tes Psikologi
C. Kesehatan Jiwa
D. Tes Kesehatan
E. Kesamaptaan
F. Wawancara
G. Pantukhir

 

Baca Juga: Daftar Sekolah Ikatan Dinas

Pendaftara Online STIN hanya dapat dilakukan secara online di website resminya dan bagi calon peserta hanya dapat memilih jadwal dan tempat seleksi di tiap-tiap kota pelaksanaan
seleksi hanya satu kali melalui portal pendaftaran online www.stin.ac.id

NB: BAGI PENDAFTAR YANG MELAKUKAN PENDAFTARAN ” TIDAK SESUAI JADWAL YANG TELAH DITENTUKAN ” ( DI NYATAKAN TIDAK SAH) DAN DAPAT MELAKUKAN PENDAFTARAN KEMBALI SESUAI JADWAL YANG TELAH DITENTUKAN *

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Yogyakarta City, You can Connect Me in CPNS 2017| Official Topik Web|Wisata Indonesia |Harga Hp | Harga Mobil Toyota

Advertisement
Pendaftaran Online STIN (Sekolah Tinggi Inteligen Negara) 2018/2019 | Topik Nugroho | 4.5

Leave a Reply