Muhammadiyah Melaksanakan Sholat Ied 1435 H Di Sejumlah Daerah

Bingkaiberita.com – Muhammadiyah sebagai salah satu gerakan Islam menggelar sholat ied di hari  sabtu tanggal 04/10/14  mulai pukul 06.30. Khususnya di kota Yogyakarta Sebagian masyarakat sudah menjalankan ibadah sholat ied. Karena hakekat Islam adalah ketundukkan kepada Allah Swt, menjalankan semua perintahnya dan menjauhkan dari segala yang dilarang.

Setelah melaksanakan sholat ied selanjutnya dilaksanakn pemotongan hewan qurban, seperti yang diajarkan oleh para nabi dan rosul Khususnya nabi ibrohim sebagai salah satu nabi yang diperintah untuk menunaikan ibadah kurban dan menyempurnakan tauhid Islam. Landasan perintah berkurban adalah berdasarkan atas perintah tauhid yang didasarkan pada sebuah ayat Al-Qur’an pada suroh As-Shofat 37 pada ayat 102-107.

sholat ied

Khusus di wilayah Yogyakarta, pelaksanan Sholat idul adha dilakukan di Masjid dan disejumlah lapangan besar. Takbir Allahuakbar-Allahuakbar masih berkumandang selama 3 hari sampai dengan hari senin yang akan datang,  Untuk selain dari  Ormas Selain Muhammadiyah mungkin baru menjalankan ibadah Puasa Arafah, namun Makkah sendiri sudah  melaksanakan wukuf Arafah pada hari Jum’at kemarin.  Karena memang Muhammdiyah mempunyai Ketetapan Penentuan Idul Adha Sendiri yang berbeda dengan pemerintah namun berdasarkan rukyatul hilal dengan kriteria wujudul hilal, tinggi bulan, elongasi bulan, dan Jarak Jam  antara Matahari dan Bulan.

Berdasarkan dari pantuan hilal atau bulan, bahwa persyaratannya untuk dilakukan hari raya Idul Adha sudah terpenuhi, tidak ada persyaratan lagi terkait dengan ketentuan tinggi bulan, jarak bulan, dan rentang jam seperti pemerintah yang mensyratkan waktu  lebih 8 jam setelah ijtima’nya matahari, atau sejajarnya matahari, bulan dan bumi  untuk penentuan awal bulan. Dan pergantian haripun dihitung sejak magrib berbeda dengan kalender pada awalnya yang dihitung sejak jam 12 malam.

Muhammadiyah Melaksanakan Sholat Ied 1435 H Di Sejumlah Daerah | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5