Mahasiswa Termuda di Kanada Berasal dari Indonesia

Bingkaiberita.com– Siswa dari Indonesia yang baru berumur 12 tahun ini telah berhasil menjadi mahasiswa termuda universitas di Kanada. Jika di Indonesia umur 12 masih duduk di bangku SMP berbeda dengan Cendikiawan Suryaatmadja yang kerap disapa dengan panggilan Diki.

Bocah yang masih berumur 12 tahun tersebut sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas, dan bersiap menjalani kehidupan baru di Kanada, Apakah anak tersebut dapat bergaul dengan para remaja yang lain di Kanada?

Mahasiswa termuda di Kanada

Informasi terkait mahasiswa Indonesia yang berusia 12 tahun tersebut dikutip ari berbagai sumber pada hari jum’at ini (2/9/2016) yang mengatakan bahwa, bocah tersebu telah belajar bahasa Inggris sendiri atau otodidak dan menjadi salah satu mahasiswa termuda pada jurusan Fisika pada Universitas Waterloo (UW), Ontario, Kanada.

Mahasiswa yang masih berumur 12 tahun dikenal sebagai mahasiswa yang jenius karena sempat mengikuti olimpiade bidang fisika. Keluarga diki akan mengikuti langkah diki untuk belajar di Kanada, ia tidak akan tinggal di lingkungan asrama kampus, namun ia tinggal bersama keluarganya, pihak kampus mendukung dan akan membantu mahasiswa undangan dari Indonesia untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus.

“Rata-rata umur yang diterima masuk dan tinggal di asrama kampus berumur 17 tahun keatas, sehingga para siswa yang tinggal harus dapat menanggapi bocah tersebu,” kata Jurdan

Jurdan juga menambahkan dengan datangnya mahasiswa undangan dari Indonesia, pihak kampus akan akan memberikan bimbingan karena umurnya masih 12 tahun. Hal itu ditekankan oleh komite penerimaan mahasiswa uang kemungkinan besar akan dibimbing langsung oleh pembimbing akademik beserta kakak kelas diki nantinya.

Jardin juga menekankan bahwa mahasiswa undangan dari Indonesia ini dapat berinteraksi dengan baik atau bersosialisai antara mahasiswa lainnya dengan baik dan dapat sukses seperti mahasiswa lainnya. Para pihak kampus terkesima oleh diki yang mampu menunjukkan kedewasaannya dan kemampuan dalam bidang matematika serta pola pikirnya.

Secara Akademik bocah yang masih berusia 12 tahun ini sudah siap menghadapi lingkungan kampus dan akademik kampus. Staf penerimaan Universitas tanpa harus berpikir panjang untuk menerima Diki sebagai Mahasiswa Termuda dari Indonesia walaupun usia masih muda dan masih nampak ingusan.

Beberapa prestasi akademik sudah diraih oleh Diki, dibandingkan dengan mahasiswa lainnya yang juga memiliki prestasi, namun tak seperti Diki, Ia telah tiba di kampus bersama orang tuanya, dan menurutnya lingkungan yang didatangi kini sangat ramah dan sopan seperti yag disampaikan Diki sebagai kesan pertama menginjakkan di Kanada.

Kenapa Diki dapat kuliah di Kampus Kanada? Belajar di kampus yang jauh dari kampung merupakan salah satu pengalaman yang tak bisa dihapus lagi, apalagi belajar di negara jauh disana pasti emiliki pengalaman yang luar biasa, ia mendaftar ke kampus Waterlo Kanda setelah ia mendengar temannya yang baru saja melakukan penelitian dari sana dan akhirnya ia menghadiri undangan kampus untuk belajar di Luar negeri untuk menggapai cita-citanya. Saat ini ia sedikit gugup dengan kedatangan musim dingin yang akan tiba, karena ia sangat kawatir tidak akan dapat bermain ketika musim dingin.

Mahasiswa Termuda di Kanada Berasal dari Indonesia | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5