Kronologis Kontroversi Ust Solmed dikalangan Da’i

Kronologis Kontroversi Ust Solmed dikalangan Da’i

Kontroversi Ust Solmed tentang dakwahnya yang menuai perlawanan baik dari MUI maupun dari sejumlah pihak, Pasalnya ust Solmed Memasang tari tinggi selangit untuk berdakwah. Kelakuan seorang ust Solmed ini didasari oleh panitia yang menyelenggarakan pengajian agama islam dengan menggunakan tarif pasalnya.  Awalnya Ust Solmed ini diundang dan wajar saja kalau seorang ust bilang seikhlasnya kepada panitia karena di undang untuk menjadi penceramah di Hongkong, setelah itu baru Panitia memberikan 2 tiket pesawat  untuk Ust solmed dan Manajernya serta memberikan Honor sejumlah 6 ribu dolar hongkong sekitar 8 juta rupiah. setelah kejadian berlangsung 2 minggu kemudian Beliau berubah untuk memasang tarif tinggi meminta panitia untuk menambah jumlah tiket pesawat dari 2 orang menjadi 4 orang atau 4 tiket pesawat setelah itu meminta tarif honor sekitar 10 ribu dolar hongkong Selain itu Ust Solmed juga meminta uang tiket acaramasuk di Pengajianakbar yang diselenggarakan oleh Pimpinan Majelis toriqul Jannah.

Mui Menentang Jika Ust Bertarif Tinggi

Majelis Ulama Indonesia mengatakan hal tersebut bahwa yang dikatakan seorang ust jika meminta bayaran tinggi adalah salah satu bentuk ‘urf atau berlebih-lebihan, seorang ust yang mengajarkan ilmu agama tidak patas untuk menjual agama Allah ini kepada masyarakat luas akan tetapi ini adalah bentuk kejadian nyata yang di alami oleh Ust Kondang Indonesia ini. Pasalnya Hongkong juga menjual tiket masuk untuk belajar ilmu agama islam apa boleh buat kalau sang ustadz kondang atau dikenal dengan ust solmed ini malah berkata  ‘urf kepada masyarakat sosial.

solmed

Apakah anda tidak sadar bahwa keduanya sama-sama salah kaprah karena seorang yang mau belajar mengaji harus bayar tiket masuk terlebih dahulu seperti ada acara nonton sepak bola ataupun yang lainnya. Ust Solmed juga berpikir bahwasanya kalau dihitung matematis hal itu akan menguntungkan pihak penyelenggara dan tidak untuk seorang ustadz karena hanya diberi uang 8 juta rupiah untuk pergi jauh sampai ke hongkong.

Tapi kita lihat saja media akan memojokkan sang ustadz satu ini dan beberapa pihak akan memojokkan dia terkait dengan masalah pasang tarif tinggi, Ustpun asalnya ikhlas menerima pemberian atas haknya mengisi ceramah karena hal demikian terjadi, seperti acara nonton bola dengan jual tiket masuk untuk acara pengajian maka seorang ustadz bisa berkata sedemikian rupa terhadap media baik di media social ataupun media lainnya.

Ust Solmed atau dengan nama Asli Sholeh Mahmoed ini adalah salah satu da’i kita, dia lebih tau bahwasanya pasang tarif tinggi itu tidak dibolehkan dalam ajaran islam akan tetapi karena ada situasi yang tidak menguntungkan dan tidak mengenakkan di hongkong maka ustadz ini memasang tarif tinggi. Semoga anda sadar bahwasanya seorang pengajar Alqur’an harus diberi upah yang tinggi dari pada yang lainnya karena belajar Alqur’an adalah salah satu kunci bagi anda menuju ke syurga dan belajarlah Alquran dari sekarang.

Kronologis Kontroversi Ust Solmed dikalangan Da’i | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5