Kalender Pendidikan Sekolah Tahun Ajaran Baru 2019/2020

Advertisement

Kalender Pendidikan Sekolah Tahun Ajaran baru untuk Provinsi DKI Jakarta yang juga termasuk hari libur semester untuk semua jenjang pendidikan baik itu PAUD, TKLB, SD, SLB, SMP, SMA yang telah ditetapkan sesuai dengan keputusan kepala dinas pendidikan terkait dengan kalender pendidikan.

Menurut Kalender Pendidikan Ajaran Baru Provinsi DKI Jakarta bahwa hari pertama masuk sekolah utuk semua jenjang pendidikan baik itu PAUD, Kelas 1 SD, Kelas 7 SMP, kelas 10 SMA akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 16 Juli sampai dengan 18 Juli sebagai salah satu masa pengenalan lingkungan sekolah. Dulunya masa pengenalan ini disebut dengan Masa Orientasi Sekolah atau (MOS).

Daftar isi

ISI Kalender Pendidikan

Kalender Pendidikan yang ada pada sekolah ini berisi tentang berbagai macam hal diantaranya ada sebagai berikut ini:

– Perencanaan pembelajaran yang dimulai dari kegiatan awal tahuan setiap kegiatan yang akan dirancang dalam satu tahun kedepan.
– Kalender pendidikan ini sesuai dengan minggu efektif dalam proses pembelajaran setiap tahun pendidikan
– Dalam kalender pendidikan ini berii tentang waktu pembelajaran efektif dengan kata lain sebagai hari efektif masuk sekolah setiap minggunya. Baik itu dalam kegiatan ujian semesteran maupun hal lainnya yang ada dalam proses belajar mengajar.
– Penetapan waktu libur yang telah ditetapkan sebelumnya yang ada pada tengah semester, antar emsetr libur hari raya, libur permulaan ramadhan, libur keagamaan, libur khusus untuk daerah papua dan libur berbagai hari bear nasional

Dalam Kalender pendidikan provinsi DKI, bahwasanya penyerahan raport juga sudah terjadwal untuk semester satu dan semester dua sebagai berikut ini:
1. Untuk Penyerahan Raport atau pelaporan nilai hasil belajar Semester 1 akan dilaksanakan pada tanggal 21 Des 2018 yang jatuh pada hari jum’at untuk semua jenjang pendidikan dari PAUD, SD, SMP, SMA

2. Untuk Penyerahan Raport atau pelaporan nilai hasil belajar Semester 2 akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2019 yang jatuh pada hari jum’at untuk semua jenjang pendidikan dari PAUD, SD, SMP, SMA.

Lama Libur setiap Semester pada Kalender Pendidikan tahun ajaran baru telah ditetapkan untuk semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD, SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK sebagai berikut:

1. Setiap semester akan berlangsung masa liburan selama 12 hari.
2. Untuk Hari libur Semester Ganjil atau semester pertama akan dilaksanakan mulai tanggal 24 des 2018 sampai dengan 5 januari 2019
3.Untuk Hari libur Semester Genap atau semester kedua akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2019 sampai dengan 13 Juli 2019.

Hari Libur Nasional Kalender Pendidikan

Untuk Hari libur Nasional yang ada pada kalender pendidikan adalah sebagai berikut ini:

Tanggal Hari Libur Nasional
1 januari Tahun Baru Masehi
5 februari Tahun baru imlek
7 maret Tahun baru Nyepi
19 April Wafatnya Isa Almasih
3 April Isra’ Mi’raj
1 Mei Hari Buruh
19 Mei Waisak
1 juni Hari Pancasila
3-7 juni Hari Raya Idul Fitri
17 Agustus Hari kemerdekaan Indonesia
11 Agustus Hari Raya Idul Adha
1 September Tahun Baru Hijriyah
9 November Maulid Nabi Muhammad
24-25 Desember Hari Natal

Adapun kewajiban kepala sekolah dan para guru dalam hal memasuki awal tahun pelajaran baru untuk membuat beberapa program kegiatan yang akan disampaikan pada program kerja sekolah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Nah, silahkan untuk membuat program tersebut.

Pentingkah kalender pendidikan? Keberadaan kalender pendidikan ini sebagai salah satu penunjang dalam efektivitas proses pembelajaran sehingga program jangka pendek, menengah dan jangka panjang dapat terselesaikan dengan adanya rencana kegiatan yang tercantum pada kalender pendidikan tersebut. Semua jenjang pendidikan tentunya harus menyesuaikan kalender pendidikan yang ada di lingkungan kabupaten atau provinsi, seperti di Papua contohnya, setiap tanggal 5 februari diperingati hari libur injil masuk Papua dan pada tahun ini bertepatan dengan hari libur tahun baru imlek. Dan adapun kalender pendidikan ini memiliki artian yang sangat penting dan menyusunynya harus sesuai dengan beberapa syarat penyusunan sebagai berikut ini:

1. Penyusuanan kalender harus sesuai dengan hari libur nasional yang telah ditetapkan oleh presiden melalui tiga menteri yaitu menteri agama, pendidikan dan menteri pendayaguanaan aaratur sipil negara.
2. Penyusuanan kalender harus sesuai dengan jadwal penerimaan peserta didik baru pada awal tahun ajaran baru.
3. Penyusunan kalender pendidikan harus sesuai dengan kegiatan penilaian ujian tengah semseter dan akir semseter, dan juga ada pada perkiraan ujian nasional
4. Kalender pendidikan harus sesuai dengan jadwal libur awal ramadhan, libur idul fitri, libur semster satu dan dua.

Anda bisa melihat contoh kalender pendidikan sebagai berikut ini:

Contoh Kalender Pendidikan Sekolah

Kalender Pendidikan

Anda bisa melihat detail kalender pendidikan yang ada di daerah DKI Jakarta mulai dari hari pertama sekolah, libur umum, pembagian buku laporan, penilain tengah semester, penilaian akhir semster, libur semester, input data peserta baru, perkiraan ujian nasional, ujian sekolah berstandar nasional, hari raya idul fitri dan idul adha dan hari raya natal dan masa pengenalan lingkungan sekolah atau yang disebut dengan MOZ

Download file Kalender Pendidikan

Bagi orang tua dapat mendownload kalender pendidikan DKI Jakarta, supaya menegtahui kapan waktunya anak-anak anda liburan atau hari libur sehingga dapat merencanakan waktu liburan ketempat-tempat wisata yang belum pernah anda kunjungi di dwonlod disini:

Demikianlah beberapa informasi terkait dengan Kalender Pendidikan Sekolah semoga menjadi rujukan kita semua dalam merencanakan perjalanan wisata atau perjalanan di masa liburan sekolah.

Other articles you might like;

No ratings yet.

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|TopikTravelling and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Kalender Pendidikan Sekolah Tahun Ajaran Baru 2019/2020 | Topik Nugroho | 4.5