Jadwal UTBK Wacananya Maju Bulan November Tahun Depan TA 2020/2021

Advertisement

Bingkaiberita.comJadwal UTBK tahun ini diwacanakan akan digelar pada bulan November untuk Ujian Tulis Berbasi Komputer (UTBK) yang seharusnya penerimaam calon mahasiswa baru masih lama, hal itu dikarenakan banyaknya siswa lulusan berprestasi dari Indonesia mendaftar ke luar negeri.

Jadwal UTBK dapat dilakukan mulai bulan november untuk wacanannya, karena pada bulan desember peruruan tinggi luar negeri banyak yang menerima peserta didik dan mereka mencari bakat prestasi Indonesia untuk masuk ke luar negeri sehingga yang biasanya pembukaan jalur prestasi melalui SNMPTN bulan januari saat ini bisa dimajukan ke bulan november.

Selain itu ujian tulis berbasisa komputer ini juga sudah memenuhi standarad internasional yang nantinya setiap siswa dapat menggunakan jalur UTBK untuk mendaftarkan diri ke kampus yang ada di luar negeri. Sehingga tidak ada siswa yang diujikan langsung ke perguruan tinggi luar sebelumnya. Calon Mahasiswa baru harus dan wajib mengikuti ujian tulis berbasis komputer ini.

Sistem ujian online ini juga saat ini banyak dilirik oleh perguruan tinggi swasata (PTS) yang menjadi salah satu standard baru pada seleksi penerimaa mahasiswa baru (SPMB) seluruh Indonesia pada perguruan tinggi negeri. Lembaga Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LMPT) yang ditunjuk oleh kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi telah membawa angin segar bagi perubahan sistem dan model test yang terbuka, akuntabel dan transparan.

Semoga dengan berubahnya model test SBMPTN saat ini akan menjadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Selain itu bebebapa kampus kedinasan seperti STAN juga menanyakan terkait UTBK danan nantinya akan menggunakan UTBK juga . PTS juga banyak menanyakan untuk ujiannya menggunakan UTBK, Kemnterian mempersilahkan masing-masing kampus baik itu swasta maupun negeri.

UTBK akan menjadi salah satu standar baru dalam input peserta didik jenjang perguruan tinggi karena telah sesuai dengan stadar internasional dan secara kualitas sudah mengambil refrensi dari Amerika dan Eropa yang telah sejak dahulu menerapkan standar ini dalam menerima mahasiswa baru.

UTBK SBMPTN

UTBK SBMPTN ini sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dapat diikuti oleh siswa lulusan SMA dua tahun lalu dari tahun ini. Juga dapat untuk lulusan dari paket C untuk siswa lulusan SMA 2 tahun lalu.

UTBK sendiri sudah sesuai dengan prosedur penerimaan dimana test ini sesuai dengan aturan akademi sehingga calon mahasiswa diprediksi lolos test di semua prodi dengan pengolahan data yang dilakukan oleh LTMPT yang menjadi salah satu lembaga test yang ditunjuk oleh Kemneristekdikti untuk menyelenggarakan test masuk di perguruan tinggi.

Nah, untuk materi yang akan diujikan pada pendaftaran UTBK sesuai prosedural akan mencakup Test Potensi Skolastik dan Test Kemampuan Akademik (TKA) yang terdiri dari beberapa hal diantaranya adalah pengetahuan kuantitatif dan umu, penalaran dan kemampuan membaca dan menulis seorang peserta didik.

Kapan UTBK 2020

Wacananya kapan UTBK 2020? masih diwacanakan pada bulan November, kisa lihat saja nanti apakah LTMPT akan membuka pendaftaran UTBK untuk beberapa gelombang. Tahun lalu pendaftarannya masih menggunakan dua gelombang dan tahun depan boleh jadi menjadi tiga gelombang dengan dua kelompok yaitu sesi pertama untuk Ujian Saintek dan sesi kedua untuk Ujian Soshum

Pendaftaran UTBK

Pendaftaran UTBK menjadi syarat untuk mendaftar SBMPTN, karenan nantinya hasil dari UTBK akan menjadi patokan calon mahasiswa lulus tidaknya dalam mendaftar di perguruan tinggi yang akan dituju. Hasil UTBK tersebut akan di ranking pada perguruan tinggi apakah nilai tersebut memenuhi dalam seleksi masuk perguruan tinggi.

Link Pendaftaran UTBK

Nah, bagi calon mahasiswa baru yang akan mendaftar SBMPTN pastinya sudah tahu dong kalu mendaftar SBMPTN Tidak lagi harus mendaftar SBMPTN terlebih dahulu dan diujikan, karena standar penerimaan mahasiswa baru untuk perguruan tinggi negeri dan nantinya akan disusul oleh perguruan tinggi swasta dan kedinasan akan menggunakan sistem pendaftaran UTBK dengan link pendaftaran UTBK sebagai berikut ini: https://pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id

Bisa jadi link pendaftaran UTBK tersebut digantikan oleh lembaga test masuk penerimaan mahasiswa baru, karena  itu hanyalah link dan akhirnya akan digantikan dengan yang baru. Semoga dengan informasi sedikit ini dapat membantu dan menjadi bahan refrensi untuk jadwal dan tanggal pendaftaran SBMPTN untuk tahun depan.

Nah, link untuk pengumuman hasil pendaftaran UTBK pun juga berbeda, yaitu berada di https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id  karena setiap subdomain yang ada di LTMPT bisa saja berbeda dengan yang ada dan kami hanya menginformasikan link tahun lalu digunakan, sehingga link tersebut tidak secara mutlak.

Bagi  Calon lulusan SMA dan yang sudah lulus SMA dari 2 tahun yang lalu boleh mengikuti test ini baik itu SMA pada jalur resmi 3 tahun atapun bagi siswa SMA yang menggunakan sistem paket C. Silahkan anda share kepada teman-teman yang saat ini belum mengetahui standar penerimaan mahasiswa baru dengan ujian UTBK. Semoga dengan adanya perubahaan ini kementerian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi ini semakin lama semakin maju  dalam penerimaan calon mahasiswa baru yang sesuai dengan standar internasional. Karena dengan menggunakan sistem ini ujian test dapat terselenggara secara terbuka, akuntabel dan transparan

Other articles you might like;

No ratings yet.

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Jadwal UTBK Wacananya Maju Bulan November Tahun Depan TA 2020/2021 | Topik Nugroho | 4.5
close