Instagram Kini Menjadi Ladang Bisnis Menggiurkan

Advertisement

Bingkaiberita.com (Jakarta) – Dunia Media Sosial (medsos) belakanga ini kembali populer. Salah satu yang paling populer saat ini adalah media sosial instagram. Media sosial dalam perkembangannya saat ini telah menjadi media sosial yang digemari banyak orang. Kemenarikan instagram terlihat karena sajian yang ditawarkan berupa visual, yakni gambar dan video. Sehingga banyak yang tertarik untuk sekadar memposting foto kegiatan, foto travelling , dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya kini instagram tidak hanya sebagai media untuk mencurahkan kegiatan. Instagram telah bermetamorfosis menjadi ladang untuk berbisnis. Seperti yang sudah ada yakni akun instagram selebgram. Selebgram tidak hanya dimiliki oleh artis yang sudah terkenal. Kini selebgram menjadi milik pengguna instagram yang memiiki pengikut yang banyak dari puluhan ribu hingga puluhan juta.

instagram-kini-menjadi-ladang-bisnis-menggiurkan

Pengguna Instagram Kian banyak

Pastinya dengan banyaknya pengikut tersebut pemilik akun pasti akan menjadi populer. Postingan selebgram banyak yang diikuti dan diperhatikan banyak orang dalam pengikutnya. Pengikut tersebut dapat memberikan like maupun komentar. Banyaknya pengikut juga mempengaruhi banyaknya like maupun komentar.

Melihat peluang tersebut, kini banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan akun selebgram ini. Dengan ratusan ribu dan jutaan pengikut tersebut, perusahaan-perusahaan besar pun mulai melirik selebgram untuk mempromosikan produk mereka. Dapat dikatakan istilahnya sebagai endorsement.

Kini dalam perkembangannya instagram seolah menjadi ladang bisnis yang menggiurkan bagi para pebisnis. Nilai yang dihasilkan dalam ladang bisnis instagram tidak main-main. Nilainya cukup fantastis tergantung dari seberapa banyak pengikut dan eksisnya pengguna. Pengguna yang masuk dalam kategori endorsement, tarif yang dipatok cukup banyak mencapai puluhan juta rupiah sekali posting. Nilai tersebut sebanding dengan banyaknya yang mengenal produk yang ditawarkan.

Menurut CEO SociaBuzz, Rade Tampubolon, Instagram yang menawarkan pada visual, foto maupun video mampu menggeser kepopuleran Twitter yang telah menjadi favorit medsos beberapa tahun lalu. Kepopuleran istagram kini berhasil memikat hati anak muda untuk sekadar memposting kegiatannya.

Menurut data yang ditemukan, saat ini pengguna instagram aktif jumlahnya sekitar 500 juta. Dari 500 juta pengguna, hampir setengahnya atau 200 juta berasal dari Indonesia. Hal ini dikarenakan padatnya jumlah penduduk di Indonesia yang menggunakannya.

Bisnis instagram kini dapat beromset hingga ratusan juta per hari untuk perusahaan. Bahkan karena instagram atau selebgram telah menjadi ladang bisnis, pemerintah berencana menarik pajak dari bisnis medsos ini. Mereka yang meraup uang dalam jumlah yang cukup besar akan dikenakan pajak sesuai dengan pemasukan.

Menurut sejarahnya instagram dibuat oleh dua CEO Burbn, Inc Kevin Systrom dan Mike Krieger. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan sosial termasuk instagram sendiri. Dahulu instagram merupakan aplikasi yang terlalu banyak fitur dan layanan. Melihat terlalu banyak fitur tersebut kemudian dua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengurangi fitur-fitur yang ada. Mereka melakukan dari awal dan menyempurnakan aplikasinya. Setelah melakukan penyempurnaan dua CEO memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai foto. Hingga sekarang fokus itulah yang kini menjadi instagram dan digunakan sampai sekarang.

Banyaknya orang yang mengenal dan terkenal di instagram, pengguna harus waspada dengan kriminal. Sekarang banyak kriminal yang memanfaatkan media sosial untuk menjalankan aksinya. Oleh karena itu, lebih bijak dan hati-hati dalam penggunaan akun instagram ini sesuai dengan koridor, keamanan, dan kenyamanan pengguna.

Other articles you might like;

No ratings yet.

Please rate this

Advertisement
Instagram Kini Menjadi Ladang Bisnis Menggiurkan | Husnul Khatimah | 4.5
close