Inilah Mitos Seputar Puasa di Masyarakat

Bingkai Ramadhan – Puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim di Dunia, datangnyapun setiap setahun sekali. salah satu kesempatan yang tak ternilai harganya dengan menjalankan aktivitas ibadah, baik dari sunah maupun ibadah wajib.

Agama Islam mengajarkan sebuah rukun islam, salah satunya adalah Ibadah Puasa yang dilaksanakan setiap setahun sekali pada bulan berkah nan suci ibadah ramadhan. Masyarakat memiliki mitos dan kepercayaan masing- masing untuk menyambut datanyanya bulan ramdhan yang jatuh pada tanggal 18 Juni 2015 Untuk Jadwal Puasa Ramadhan 

DP Ramadhan

DP Ramadhan

Beberapa hal mitos keyakinan yang dianggap membatalkan puasa adalah sebagai berikut.

Apakah menangis adalah salah satu hal yang membatalkan puasa.
Tidak ada satupun ayat dari Al-Qur’an ataupun hadist yang menjelaskan bahwa menangis akan membatalkan hukumnya, namun mitos dan adat sitiadat menjawabnya dengan menangis seseorang telah batal berpuasa. Namun yang terjadi dalam adat begitulah adanya. Namun hal itu tidak ada perkataan yang menerangkan bahwa menangis akan membatalkan puasa.

Sikat Gigi/ berkumur
Lagi-lagi sebuah mitos mengatakan bahwa berkumu dan sikat gigi akan membatalkan ibadah puasa, dan tidak boleh seorang muslim berkumur dan sikat gigi ketika berpuasa. Mitos ini memang pernah kita dengar namun hal itu tidak ada ayat dan hadist yang memastikan berkumur dilarang oleh perintah agama, namun lebih baiknya tidak berkumur terus menerus karena memang akan membahayakan apabila air tersebut masuk ke dalam perut kita. Namun, tidak ada larangan terkait dengan berkumur karena Nabi Muhammad juga pernah berkumur ketika puasa.

Disuntik
apakah dengan suntik dokter bisa membatalkan puasa, hukum dari segala hukum adalah diperbolehkan bamun lebih baik untuk tidak dikerjakan, dan apakah hal itu akan membatalkan puasa tentu tidak akan membatalkan puasa ketika anda sedang disuntik. Namun, ada keringan bagi yang sakit untuk tidak melaksanakan ibadah berpuasa selama seharian.

Obat tetes Mata
banyak dari kalanganmuslim yang menganggap bahwa obat tetes mata membatalkan puasa, namun kalau kita tiliki tidak ada hukum yang melarang tentang aktivitas tersebut apalagi tidak ada ayat dan hadist yang menerangkan tentang obat tetes mmata yang akan membatalkan berpuasa.

Donor Darah
Apakah donor darah juga salah satu aktivitas yang membatalkan puasa? Tidak ada hukum pelarangan untuk melakukan kegiatan donor darah saat berpuasa. Apabila kondisi anda memungkinkan untuk donor darah dan tidak menyebabkan anda sakit hal itu diperbolehkan karena tidak ada dalil yang menunjukkan bahwa donor darah akan membatalkan puasa.

Muntah dan Mimpi Basah

banyak yang berpandangan bahwa muntah dan mimpi basah membatalkan anda berpuasa , seperti hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud No 2376 dan hadist riwayat tirmidzi no 720 yang menerangkan bahwa Rosullulah SAW bersabda Tidak batal orang yang muntah, yang mimpi mengeluarkan sperma dan berbekam (diambil darahnya),”

itulah beberapa mitos yang beredar di masyarakat dan dianggap salah satu hal yang membatalkan puasa, lebih baik anda menghindari beberapa mitos yang telah kami sebutkan diatas agar nilai ibadah anda tidak rusak.

Inilah Mitos Seputar Puasa di Masyarakat | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5