Pengumuman Hasil Sidang Isbat Untuk 1 Ramadhan 1440 Hijriyah 2019 Masehi

Advertisement

Hasil Sidang Isbat–  Bulan Ramadhan yang jatuh pada tanggal 1 Ramadhan 1440 Hijriyah,yang akan ditujukan kepada seluruh umat muslim yang ada di Indonesia akan memberikan dampak dan persepektif yang berbeda karena setiap perbedaan yang ada dalam ajaran islam adalah rahmat. Banyaknya cabang  keyakinan yang berbeda-beda antar umat islam akan disatukan  setiap hari jum’at. Baik itu dari golongan Muhammadiyah, Nu, Persis, LDII dan sejumlah golongan lainnya yang ada di Indonesia.

Kehadiran Bulan Ramadhan adalah hal yang paling ditunggu oleh Jutaan Umat Islam di Dunia, Orang berbondong bondong untuk berbuat baik untuk mendapatkan pahala yang berkali lipat pada bulan ramadhan. Selama bulan ramdhan inilah segala syaithan di belenggu di Neraka, Sehingga umat islam wajib meninggalkan semua yang tidak disyari’atkan dan diperintahkan oleh negara. 

Indonesia sebagai salah satu negara muslim terbanyak di dunia ketika menghadapi awal bulan ramadhan pasti berbeda antara keyakinan satu dengan lainnya meskipun hasil sidang isbat atau penetapan awal bulan ramadhan dan akhir bulan sudah ditentukan dalam sidang isbat yang diselenggarakan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia.

Oleh karena itu sidang isbat untuk penetapan awal puasa ramadhan tahun ini akan diumumkan sebelum tanggal merah yang ada di kalender. Karena untuk tanggal yang ada di kalender belum fix seratus persen masih ditunggu rukyatul hilal untuk penetapan jatuhnya tanggal 1 bulan ramadhan yang jatuh pada hari ………..

Daftar Lokasi Rukyatul Hilal

Penentuan awal romadhon menggunakan rukyatul hilal merupakan salah satu cara dalam menentukan tanggal awal bulan dan akhir bulan, Proses sidang isbat dengan rukaytul hilal sendiri atau pemantauan bulan yang dilakukan oleh petugas kanwil kementerian agama di masing-masing daerah kota maupun kabupaten setempat, akan diambil keputusan setelah hasil hilal ditetapkan, hasil tersebut diambil dengan dua metode yaitu dengan data hisab posisi hilal dan hasil rukyatul hilal atau pemantauan hilal menggunakan teropong. Adapun wilayah daftar lokasi rukyatul hilal adalah sebagai berikut:

1. Aceh: Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang; Lhokseumawe Bukit Poly Komplek Perta Aron; Aceh Jaya Gunung Cring Cran; Pantai Suak Geudeubang Kab. Aceh Barat; Aceh Selatan Pantai Lhok Keutapang, Simeulue; Pantai Desa Nancala, Teupah Barat; Tugu “KM. 0” Indonesia, Kota Sabang; dan Pantai Ujong Manggeng Kec. Manggeng, ABDYA;
2. Sumatra Utara: Lantai IX Kantor Gubernur Sumut dan Observatorium OIF UMSU
3. Sumatra Barat: Gedung Kebudayaan lantai 4 Dinas Kebudayaan
4. Riau: Pantai Prapat Tunggal Kecamatan Bengkalis
5. Kepulauan Riau: Bukit Cermin
6. Jambi: Hotel Odua Weston
7. Sumatra Selatan: Hotel Aryaduta
8. Bangka Belitung: Pantai Penagan, Pantai Tanjung Pandam, dan Pantai Tanjung Kalian Muntok
9. Bengkulu: Dak Mess Pemda Provinsi Bengkulu
10. Lampung: POB Bukit Gelumpai Pantai Canti Kalianda Lampung Selatan, Pantai Labuhan Jukung, Pekon Kmpung Jawa Kabupaten Pesisir Barat.
11. DKI Jakarta: Gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta lantai 71, Masjid Al-Musyari’in Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan DKM Masjid KH. Hasyim Asyari 12. Jawa Barat: POB Cibeas Pelabuhan Ratu, Bosscha Lembang Bandung Bandung Barat, Gunung Babakan Kota Banjar, Pantai Santolo Pamengpeuk Garut, Pantai Cipatujah Tasikmalaya, Pantai Gebang Cirebon, SMA Astha Hannas Binong Subang, dan Pantai Pondok Bali Subang.
13. Banten: Dishubla Mercusuar Anyer KM 0 Serang.
14. Jawa Tengah: Menara Al-Husna Masjid Agung Jawa Tengah Semarang, Masjid Gribangun Banyumas; Pantai Jatimalang Purworejo, Assalam Observatory Sukoharjo; Pantai Kartini Jepara, STAIN Pekalongan; Pantai Ujungnegoro Kandeman Batang, Pantai Padalen Kebumen, Pantai Karangjahe Rembang, Pantai Alam Indah Kota Tegal, Pantai Tanjungsari Pemalang, Universitas Muria Kudus (UMK), Wisata Mangrove Pantai Kaliwlingi Brebes, Pelabuhan Kendal.
15. DI Yogyakarta: POB Syekh Bela Belu, Bantul Parang Tritis Yogyakarta
16. Jawa Timur: Pantai Sunan Drajat /Tanjung Kodok Paciran Lamongan, Bukit Banyu Urip Senori Tuban, Lapan Jalan Watukosek Gempol Pasuruan; Gunung Sekekep Wagir Kidul Pulung Ponorogo, Helipad AURI Ngliyep Kab. Malang; Pantai Serang Blitar, Pantai Srau Pacitan, Bukit Wonotirto Blitar, Pantai Nyamplong Kobong Jember, Gunung Sadeng Jember, Pantai Pacinan Situbondo, Pantai Pancur Alas Purwo Banyuwangi, Pantai Ambat Tlanakan Pamekasan, Bukit Condrodipo Gresik, Pantai Gebang Bangkalan, Bukit Wonocolo Bojonegoro, Pulau Gili Probolinggo, Pantai Sapo Sergang Batuputih Sumenep, Pantai Kalisangka Kangean Sumenep, Pantai Bawean Gresik, Satuan Radar (Satrad) 222 Ploso di Kaboh Jombang, Bukit Gumuk Klasi Indah Banyuwangi, Pantai Taneros Sumenep
17. Kalimantan Barat: Pantai Indah Kakap Sungai Kakap Kubu Raya
18. Kalimantan Tengah: Hotel Aquarius Jalan Imam Bonjol Palangkaraya
19. Kalimantan Timur: Menara Asma’ul Husna Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center Samarinda
20. Kalimantan Selatan: Atas Bank Kalsel Banjarmasin, Jembatan Rumpiang Marabah, Pantai Pagatan Tanah Bambu, Atas Hotel Dafam Syari’ah Banjarbaru, Gunung Kayangan Pelaihari
21. Kalimantan Utara: Tanjung Selor Gunung KNIP
22. Bali: Hotel Patra Jasa Pantai Kuta, Badung Bali, Munduk Asem Rening, Negara, Jembrana
23. NTB: Taman Rekreasi Loang Baloq, Pantai Desa Kiwu Kilo Dompu, dan Bukit Poto Batu Taliwang Sumbawa Barat
24. NTT: Halaman Masjid Nurul Hidayah
25. Sulawesi Selatan: Pantai Sumpang Binangae Kab. Barru
26. Sulawesi Barat: Tanjung Mercusuar Sumare Simboro Mamuju
27. Sulawesi Tenggara: Pantai Wolulu Watubangga Kolaka dan Pantai Buhari Tanggetada Kolaka
28. Sulawesi Utara: Area Parkir Apartemen Mtc Kota Manado
29. Gorontalo: Desa Bulango Raya Kec. Tomilito Gorontalo Utara
30. Sulawesi Tengah: Menara Hilal BMKG Marana Sindue Donggala
31. Maluku : Desa Wakasihu Leihitu Barat Maluku Tengah, Pantai Latuhalat Nusaniwe Kota Ambon, dan Pantai Desa Larike Leihitu Barat Maluku Tengah.
32. Maluku Utara: POB Maluku Utara Pantai Desa Ropu Tengah Balu dan POB BMKG Afe Taduma.
33. Papua: Pantai Lampu Satu Marauke
34. Papua Barat: Menara Masjid Agung Fak-Fak dan Tanjung Saoka, Kota Sorong.

Hasil sidang isbat 2019

Hasil Sidang Isbat

Keputusan hasil sidang Isbat masih akan kita informasikan setelah adanya Sidang antara ulama-ulama Muhammadiyah dan ulama Nahdatul Ulama yang ada di Indonesia, Tetap memilih bingkai berita untuk mengetahui kapan jatuhnya awal Ramadhan 1440 Hijriyah.

Perbedaan pandangan antara keyakinan haruslah saling dimaklumi,  karena dalam hal ini keyakinan beribadah antara satu umat dengan umat yang lain mempunyai perbedaan.  Perbedaan dalam berkeyakinan dalam umat muslim adalah sebuah rahmat.  Dengan meyakini keputusan Hasil Isbat  oleh MUI, kita juga sudah menaati perintah ulil amri  atau dengan kata lain menaati pemerintahan dalam hal penetapan awal bulan ramadhan. Sebagai salah seorang umat muslim hal ini perlu anda perhatikan lebih awal sehingga anda tidak salah melangkah dalam menjalankan ibadah mahdhoh. Seperti yang telah dijelaskan pada Suroh Annisa tentang menaati perintah  Ulil Amri pada Suroh An- Nisa ayat 59 yang berbunyi

يَأَيهَُّا الَّذِينَ ءَامَنُواْ أَطِيعُواْ اللَّهَ وَ أَطِيعُواْ الرَّسُولَ وَ أُوْلىِ الْأَمْرِ مِنكم‏…

“Yaa ayyuhalladzina aamanu athii’ullaha wa athii’uur rasuula wa uulil amri minkum…” (An-Nisa: 59).

Persiapkan diri anda untuk selalu berusaha dengan sebaik mungkin agar amalan kita dibulan ramadhan ini menjadi salah satu amalan yang diterima oleh Allah SWT. Semoga tahun ini kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan sebaik mungkin. Untuk anda yang disuruh sebagi salah satu penceramah kultum bisa anda dapatkan Artikel  Puasa Ramadhan

Nah, Bagi anda yang belum mempunyai  jadwal buka puasa 2019 kami akan menyediakannya, jangan lupa untuk selalu mantengin website bingkaiberita ini sebagi salah satu website yang update informasi terkait dengan Hasil Sidang Isbat 2019 untuk keputusan Resmi dari Majelis Ulama Indonesia.

Other articles you might like;

5/5 (1)

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|TopikTravelling and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Pengumuman Hasil Sidang Isbat Untuk 1 Ramadhan 1440 Hijriyah 2019 Masehi | Topik Nugroho | 4.5