Hak Anak di Rumah, Sekolah dan Masyarakat

Advertisement

Bingkaiberita.comHak anak di rumah sebagai salah satu wujud yang diperoleh dari peran orang tua kepada anak. Hal itu berbeda dengan yang ada di sekolah dan masyarakat. Peran orang tua di dalam rumah sebagai kewajiban yang harus diberikan kepada anak, dalam bimbingan, pengawasan sesuai dengan haknya. Pelaksanaakn hak dan kewajiban perlu ada keterkaitan yang bersinambungan antara satu dengan yang lain sehingga akan tercipta timbal balik yang positif dan harmonisasi antar umat manusia ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara. Ibu sebagai Sekolah pertama bagi si anak, dari kecil hingga memasuki sekolah segalanya diberi pendidikan pertama dalam perkembangan anak kedepannya.

Adapun beberapa hal terkait dengan hak anak di rumah, sekolah dan masyarakat adalah sebagai berikut ini:
Lingkungan Rumah ataupun Keluarga
– Anak memiliki hak yang sama dalam keluarga terutama dalam kasih sayang, pengajaran dan lain sebagainya.
– Anak memiliki hak dalam menerima bentuk nafkah baik itu dari sandang, papan dan pangan. Karena menyiapakn makanan yang memiliki gizi tinggi harus diberikan oleh anak sehingga orang tua yang merawat sejak kecil hingga besar dan akasih sayang tersebut harus dilakukan agar terjadi interaksi yang harmonis antara anak dan orang tua.
– Anak memiliki hak dalam segala hal baik itu pendidikan, pengajaran karena mereka akan tumbuh dan berkembang menjadi investasi masa depann keluarga untuk di sekolahkan di tempat yang terbaik dan mereka juga terhindar dari segala bentuk kejahatan dari orang tua sehingga ada undang-undang yang mengatur pada anak. Akibat orang tua yang menyiksa anaknya.
– Anak memiliki hak dalam hal kesehatan, tubuh yang sehat memiliki akal yang sehat, sehingga mereka dapat melakukan aktivitas-aktivitasnya seperti belajar, bermain dan berkegiatan yang mereka sukai karena kesehatan tersebut mahal harganya dan bagi anak yang sakit mereka harus diberikan pengobatan yang layak agar mereka dapat sehat kembali.

Adapun hak dalam Lingkungan Sekolah adalah sebagai berikut ini:
– Seorang anak memiliki hak dalam mendapatkan pendidikan dan pengajaran yang baik di Sekolah.
– Seorang anak memiliki hak seperti anak lain dan tidak membeda-bedakan antara si kaya dan si miskin di Sekolah semua berhak mendapatkan pendidikan dan terhindar dari perbuatan yang tidak menyenangkan seperti pembullyan dan lainnya.
– Seorang anak mendapatkan penghormatan yang baik sebagai seorang murid yang berada di sekolah.

Adapun hak dalam lingkungan Masyarakat adalah sebagai berikut ini:
– Seorang anak memiliki hak pada kebebasan dalam menentukan kepercayaan dan kebebasan dalam berargumentasi. Mereka dapat bebas memilih agamanya masing-masing sesuai yang dipercayainya. Dan memberikan masukan-masukan yang tepat dan berargumentasi yang masuk akal dapat diterima oleh masyarakat
– Seorang anak memiliki hak untuk dihormati seperti manusia dewasa. Hal ini tidak membeda-bedakan antara anak kecil dan orang deewasa mereka bebas memiliki teman untuk bermain, dan anak ada pada masa bermain.
– Seorang anak memiliki hak dalam bermasyarakat dan berkebebasan dalam bermain bersama orang yang ada di masyarakat.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui para orang tua yang ada di rumah agar mereka memberikan segala Hak Anak di Rumah, Sekolah dan Masyarakat

Other articles you might like;

No ratings yet.

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|TopikTravelling and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Hak Anak di Rumah, Sekolah dan Masyarakat | Topik Nugroho | 4.5