Gempa Guncang Sigi, Indonesia rawan dengan Gempa

gempa sigiBingkaiberita.com Lagi-lagi Indonesia di guncang gempa pada selasa malam ini tepat pukul 20 31 terjadi gempa di sigi dimana sih letak sigi tuh? menurut kabar dari koran berita facebook bahwasannnya sigi itu terletak di sulawesi tengah yang mengguncang dengan kekuatan gempa 5,1 skala richter.

menurut data dari BMKG atau disebut dengan badan metorologi , klimatologi dan geofisika bahwasannya guncangan gempa tersbut di daerah kedalaman dasar laut terletak jauh di barat daya dari  daerah sigi sendiri letak geografisnya dari Indonesia  adalah di daerah  1,05 Lintang Selatan (LS) dan 118,89 Bujur Timur (BT) yang terletak jauh di dalam laut  30 km dan gempa tersebut jauh dari jangkauan di daerah sigi sendiri dari sulawesi tengah daerah sigi  terletak kearah baral laut 41 km.

Gempa bumi di Indonesia akan terus berdampak pada seluruh wilayah Indonesia karena Indonesia dilalui oleh garis lempengan bumi dan Indonesia setiap harinya dilanda gempa dengan kisaran gempa yang tidak terasa di Nusantara ini dan kita harus berhati-hati dengan gempa yang terjadi didaerahyang belum tahu dimana akan terjadi.

Begitu pula Indonesia merupakan bagian dari wilayah berkepulauan atau negara agraris terbesar di dunia karena indonesia mempunyai dua mata pencaharian yaitu didaerah kelautan dan didaerah pertanian. sehingga kita harus berhati-hati seandainya terjadi dilaut selatan atau dilaut utara bisa jadi kena tsunami karena gempa tersebut terletak dibawah laut yang sangat dalam.

Gempa Guncang Sigi, Indonesia rawan dengan Gempa | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5