Festival Lomba Masak Ikan HUT RI ke-72, Hadiahkan Masakan buat Presiden Jokowi

Bingkaiberita.com – Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 kali ini akan dimeriahkan festival lomba masak ikan nusantara yang akan didukung oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kesehatan, kantor staf presiden dan kementerian Sekretasi nusantara yang dimulai pada tanggal 1-17 Agustus.

Hadiah yang akan diberikan oleh juru masak yang berhasil mendapatkan peringkat pertama yaitu dengan memberikan kesempatan untuk memasak ikan yang akan dipersembahkan oleh Presiden ketika peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. Hal ini dimaksudkan untuk mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk banyak mengkonsumsi ikan agar kuat dan cerdas.

Lomba Masak Ikan

Melalui konsumsi ikan inilah, pemerintah mengajak kepada masyarakat agar sumber protein dan kandungan gizi yang terdapat pada ikan inilah dapat diserap oleh tubuh, sehingga banyak dari masyarakat yang cerdas, sehat dan kuat. Dengan begitu banyak masyarakat yang konsumsi ikan, dan pemerintah menargetkan untuk konsumsi makan ikan rata-rata pada tahun 2019 yaitu mencapai 54 kilogram per kapita sedangkan konsumsi ikan perkapita saat ini masih cukup rendah yaitu baru mencapai 41 kilogram setiap tahunnya.

Konsumsi ikan di Indonesia masih sangat rendah hal itu dipacuoleh keadaan masyrakat indonesia timur yang masih mengalami Anemia dan kekurangan Gizi dan protein ketika kunjungan Menteri Kesehatan bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Padahal kalau dilihat dari keadaan alam Indonesia ini sangat kaya dengan keadaan alam lautnya terutama ikan yang melimpah sebagai sumber protein, vitamin dan mineral.

Hal itulah mengapa presiden langsung memberikan intruksinya terkait dengan Gerakan Masyarakat Hidup sehat. Dengan dikelurkan peraturan hidup sehat inilah bahwa peningkatan gizi yang penting bagi tubuh adalah salah satu jawaban untuk menumbuh kembangkan generasi muda yang cerdas, sehat dan kuat sehingga sumber daya manusia di Indonesia dapat bersaing dengan bangsa lainnya.

Nah, dengan instruksi presiden tersebut Kementerian kesehatan dan lannya pada pertengahan bulan Mei yang lalu, pemerintah berinisiatif untuk melaksanakan Festival Kuliner Nusantara di kota Tua. Dengan dilaksanakan festival inilah semoga masyarakat lebih gear makan ikan dan secara luas pemerintah Indonesia akan mendistribusikan ikan ke daerah-daerah yang tidak ada potensi ikannya agar mereka dapat mengkonsumsi ikan.

Festival Lomba Masak Ikan HUT RI ke-72, Hadiahkan Masakan buat Presiden Jokowi | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5