Facebook di harga US$38 per saham

Advertisement

NEW YORK. Detik-detik Initial Public Offering (IPO) bersejarah tahun ini semakin dekat dengan rencana perusahaan jejaring sosial Facebook. Perusahaan yang dilahirkan Mark Zuckerberg tersebut akhirnya menetapkan harga tertinggi yang bakal dilepas ke investor yakni di US$38.
Jika lancar, saham Facebook mulai diperdagangkan Jumat (18/5) di bursa teknologi Amerika Serikat (AS) Nasdaq.

Awal pekan ini, Facebook memberikan indikasi harga saham yang akan dilepas yakni antara US$ 35-US$38 per saham. Dengan penetapan harga tertinggi tersebut, perusahaan berusia delapan tahun itu akan bernilai US$104 miliar.

Permintaan saham diperkirakan akan sangat tinggi dan Facebook mengumumkan mereka akan melepas saham 25% lebih banyak dari rencana semula yaitu 421 juta saham.

Peristiwa tersebut menjadi salah satu perdagangan saham atau penawaran umum perdana terbesar dalam sejarah AS. Dengan menjual saham di angka tersebut, Facebook meraih pendapatan US$16 miliar.

Saham yang ditawarkan adalah saham A, yang mewakili satu suara per saham, sedangkan saham pemilik saat ini adalah tipe B, yang mewakili 10 suara per saham.

Zuckerberg yang kini menguasai seperempat perusahaan, bersiap meraup keuntungan maksimal dari IPO. Rekannya sesama pendiri Dustin Moskovitz dan Eduardo Saverin juga akan menjadi miliuner seperti pendiri dan mantan pegawai Napster.

Pemilik saham mayoritas lainnya adalah perusahaan AS Accel Partners, perusahaan investasi Rusia Digital Sky Technologies, Microsoft dan vokalis U2 Bono.

Akan tetapi sejumlah pertanyaan menyeruak yakni mengenai kemampuan perusahaan menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan platform telepon seluler.
Tetapi, para pemegang saham baru kelak tidak akan memiliki banyak suara dalam pengambilan kebijakan manajemen perusahaan.

sumber:kontan.co.id

Other articles you might like;

No ratings yet.

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|TopikTravelling and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Facebook di harga US$38 per saham | Topik Nugroho | 4.5