Kata Mutiara: Do’a Berpergian Ketika Naik Kendaraan

Bingkaiberita.com– Do’a Berpergian ketika naik Kendaraan, bagi umat islam yang khusyu’ do’a sangatlah penting karena do’a adalah salah satu upaya efektif yang berpengaruh dalam urusan-urusan baik berkenaan dengan masalah positif atau negatif kepada manusia. Dan ini berarti bahwa manusia harus menghadap sepenuh hati kepada Allah dan memohon pertolongannya dengan sepenuh hati.

Semua orang yang ingin mencapai tujuan pasti salah satunya adalah dengan berdo’a dan setiap pekerjaan harus dilandasi dengan do’a karena do’a merupakan salah satu kata mutiara yang penuh makna dan permohonan. Ketika kita hendak berpergian baik menggunakan jalur darat ataupun menggunakan jalur laut dan jalur udara pasti kita was-was dan penuh harapan untuk bisa sampai tujuan.  Jalur darat seperti kita naik motor, bus, kereta api serta Jalur laut seperti naik kapal layar, naik sampan dan naik perahu sedangkan jalur udara adalah dengan menggunakan pesawat. Pasti kita tidak tahu rencana tuhan selanjutnya, apakah kita akan selamat ataukah sampai tujuan yang selanjutnya kita serahkan kepada yang maha kuasa. inilah salah satu ikhtiar kita untuk menuju jalan keselamatan dengan menggunakan do’a berpergian seperti berikut ini:

do'a berpergian

 

bacaan do’a untuk berpergian:

subhanalladzi sakhra lana hadza wa ma kunna lahu muqriniina wa inna illa robbina lamungqolibun, Allahumma inna nas’aluka fi safarina hadzal barra wattaqwa wa mina’amali  maa tardho Allahumma hawwin ‘alainna saffarina hadza wa athwi’anna  bu’dahu. Allahumma anta shohibu fis safari  wal kholifatu fil ahli. Allahumma ini ‘audzubika min wa’naai ssafari wa kaabatil mundzori wa suuil mungqolabi fil maali wal ahlii.

Yang Artinya: Mahasuci (Allah) Dzat Yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu mengusasinya, dan sesungguhnya kepada Tuhan kami tempat kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan dan ketakwaan dan amal yang Engkau ridhoi pada perjalanan kami ini. Ya Allah, ringankanlah perjalanan kami ini dan dekatkanlah jaraknya yang jauh. Ya Allah, Engkaulah kawan (yang melindungi) perjalanan dan wakil (yang menjaga) keluarga kami. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan perjalanan dan keburukan pemandangan dan kejelekan di saat kembali, pada harta dan keluarga.

Dan semoga kata mutiara do’a berpergian bermanfaat bagi anda yang dalam perjalanan,  khususnya bagi anda yang melalui jalur darat dan jalur udara.

Kata Mutiara: Do’a Berpergian Ketika Naik Kendaraan | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5