Cara Mengisi Nilai Rapor, US/USBN di Dapodik Ta 2020-2021

Advertisement

Bingkaiberita.com – Petunjuk Praktis mengisi atau menginput nilai raport, US/USBN di dapodik versi terbaru masih seperti sebelumnya, dan tujuan penulisan ini sebagai salah satu panduan bagi para guru untuk belajar menginput nilai secara mandiri. Menyoal pengiputan nilai bukanlah tanggung jawab operator sekolah, namun yang terjadi di banyak sekolah input nilai rapor, US, USBN sebagai tanggung jawab operator, hal ini bukan pekerjaan yang sulit dan menyusahkan bagi operator. Akan tetapi pekerjaan input nilai adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kecerdasan ketika penginputan, karena jikalau tidak secara teliti maka input nilai yang notabene dilihat di beberapa kolom tabel maka bisa saja salah input dan hal itu yang menjadikan melelahkan karena tidak hanya satu kelas saja yang diinput akan tetapi banyak siswa dan banyak kelas yang juga harus melakukan input nilai.

Cara mengisi atau menginput nilai raport, US/USBN di dapodik. langkah awal bagi operator adalah dengan cara membuat akun ptk, karena penginputan dilakukan oleh akun ptk masing-masing. Akun ptk di dapodik dibuat terlebih dahulu dengan mengisi username dengan nama email masing masing ptk dan sekaligus penginputan password. Sehingga ptk dapat secara mandiri input nilai di dapodik yang tersingkron ke dapodik sekolah masing-masing.

Sebagai seorang operator sekolah kita diwajibkan untuk memberikan informasi lengkap kepada para wali kelas untuk melakukan pengisian nilai raport. Karena raport siswa ada berada di tangan wali kelas yang notabene mereka dapat login secara mandiri untuk pengisian nilai raport tersebut. Nah, untuk para operator sekolah hanyalah sebagai pengawas saja.

Nah, untuk itu kami akan sampaikan bagaimana sedikit mereview pengisian nilai Ujian Sekolah ataupun USBN yang harus diisi pada dapodik sekolah yang mana pengisian tersebut harus menggunakan akun ptk wali kelas masing-masing dengan langkah-langkah dan tutorialnya, Bagi guru ataupun wali kelas yang belum memiliki akun ptk silahkan untuk dibuatkan di menu profil atau manajemen akun disana anda dapat menabah username dan passwordnya.

Cara Mengisi Nilai Raport USBN

Setelah akun ptk langkah selanjutnya adalah pengisian nilai raport dan nilai US/USBN pada fitur terbaru di dapodik. Kolom mata evaluasi raport akan terlihat jika anda terlebih dahulu menentukan semester genap atau ganjil pada tahun yang akan diisikan dan setelah itu tentukan rombelnya. Usahakan anda pilih kelas terakhir pada rombel kelas, misalkan SD kelas terakhirnya kelas 6 dan SMP kelas terakhir kelas 9 dan untuk SMA kelas terakhir kelas 12.

rombel

Setelah pemilihan rombel langkah selanjutnya adalah masuk pada mata pelajaran dengan nomer urutan pelajaran. pilih mata pelajaran agama pada urutan nomer 1, PKN nomer urut 2 dan seterusnya sampai mata pelajaran sudah diisi nomer urut dan KKM. Nah, tugas operator dapodik sekolah sudah berakhir.

pilih mata evaluasi

Hal itu juga berlaku pada fitur nilai US dan USB dengan hal yang sama untuk semua mata pelajaran. Jadi operator tidak dapat melakukan penginputan nilai karena ketika penginputan akan hilang. Disini operator sekolah dibebankan untuk masuk di akun ptk masing-masing karena petunjuk teknis pengisian nilai adalah kewajiban guru mapel masing-masing.

akun ptk

Selanjutnya seorang operator yang dibebankan mengisi nilai raport adalah masuk di akun ptk masing-masing. Setelah itu memilih semester dan rombel yang akan dipilih dan selanjutnya akan keluar mata pelajaran yang akan diisikan. Apabila operator belum memberikan nomer urut dan memilih mapel di admin dapodik maka di akun ptk masing-masing tidak akan tampil kolom mata pelajaran.

nilai Usbn siswa

Setelah keluar kolom mata pelajaran anda klik dua kali dan pada kolom sebelah kanan akan keluar nama-nama siswa yang akan diisikan nilainya sesuai dengan nilai pengetahuan dan ketrampilan. Dan anda isi satu persatu sesuai dengan data yang diberikan oleh guru mapel dalam bentuk legger nilai.

Untuk beberapa mata pelajaran ini tidak ada nilai ketrampilan karena berdasarakan pengetahuan operator nilai ketrampilan adalah nilai praktik, adapun nilai ketrampilan yang harus dikosongkan adalah mata pelajaran, matematika, pkn, sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi. dan beberapa mata pelajaran yang dianggap tidak ada nilai prakteknya.

Setelah semua sudah diinput dan final, maka operator sekolah dapat melakukan penguncian pada nilai raport dan USBN sehingga nilai yang sudah masuk tidak dapat diubah ataupun diperbaiki kembali. Demikianlah sekelumit perihal yang harus diperhatikan ketika telah selesainya evaluasi siswa untuk mengerjakan input nilai raport, US/ USBN.

Semoga dengan sedikit informasi yang dapat kami sampaikan ini dapat menjadi acuan bagi anda yang segera ingin melakukan pengisian nilai-nilai yang ada di raport karena tugas seorang operator sekolah tidak hanya melakukan pengisian ini silahkan untuk melengkapi beberapa pengisian lainnya. Dan bantuk para operator di seluruh Indonesia untuk mendapatkan nilai atau uang saku yang pantas untuk pengerjaan semua  hal  yang berkaitan dengan dapodik. Karena tidak hanay dapodik yang harus diisi, masih ada aplikasi pmp, aplikasi rapor dan aplikasi lainnya yang diterbitkan oleh dikdasmen atau kementerian pendidikan untuk menunjang terjalingan data nasional karena dengan data yang masuk pada database tersebut seorang siswa telah berhak menjadi salah seorang siswa di sekolah negeri. Salaqm satu data untuk semua operator di Indonesia.

Other articles you might like;

No ratings yet.

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Cara Mengisi Nilai Rapor, US/USBN di Dapodik Ta 2020-2021 | Topik Nugroho | 4.5
close