Cara Memotret Sebuah Bulan Untuk Hasil yang Maksimal

Bingkai Tips– Bagaiamana sih caranya memotret bulan, agar potretan yang dihasilkan tampak seperti bola putih yang berada pada hiasan hamparan hitam, Namun hasil yang diharapkan tidak sesuai dengan keinginan kita, ketika sudah memotret dengan kamera yang kurang bagus, beberapa langkah yang diambil agar mendapatkan hasil yang memuaskan terkait dengan potretan yang kurang bagus.

Jika anda menggunakan sebuah kamera otomatis tanpa mengetahui ISO dan kecepatan dan pesettingan secara manual mungkin yang akan anda dapatkan adalah foto sebuah bulan yang kurang terlihat secara detail dan itulah yang akan anda dapatkan ketika bulan tak terlihat secara detail, seperti pada gambar berikut ini:

foto bulan dengan ponsel

Biasanya kita mneggunakan lensa kamera dengan mode otomatis, baik itu hape tidak akan bisa menghasilkan sebuah bulan secara mendetail, mungkin kita harus menggunakan kamera berjenis DSLR dengan lensa tertentu sedangkan and masih menggunakan kamera otomatis yang mana area lingkungan sekitar terjadi sangat gelap sehngga settingannya harus menentukan sendiri untuk pencahayaan yang terang namun untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara mengaturnya pada mode manual pada sebuah lensa. Anda cari seetingan kamera DSLR anda dengan cara menurunkan nilai pada seuah ISO dan memperkecil bukaannya atau mempercepat shutter speednya dengan menggelapkan foto kemungkinan besar akan nampak terlihat texture dari sebuah bulan dengan mensettnya secara manual.

Pertama adalah dengan mensetting kamera DSLR anda dengan menggunakan sebuah ISO sebesar  800 dengan kecepatan f 2.8 pada waktu 1/500 detik anda akan mendapatkan sebuah foto bulan yang menarik dan nampak terlihat texture bulan tersebut seperti gambar dibawah ini:

Foto Bulan ISO 800

Kedua dengan memperbesar ISO sampai dengan 3200 pada kecepatan (f) 2.8 dalam waktu 1/400 detik mak anda akan menghasilkan sebuah foto bulan berwarna putih cerah yang dikelilingi dengan sebuah awan seperti pada gambar berikut ini:

foto bulan ISO 3200

 

Anda dapat mencoba sendiri, apakah foto yang anda hasilkan sudah nampak bagus dan sesuai dengan apa yang anda harapkan saat ini. Jika anda dapat memfoto dengan baik dan benar , maka hasil jepretan anda akan bagus dan membantu kegiatan anda beraktivitas baik untuk blogging maupun aktivitas lainnya.

Dengan menggunakan kamera DSLR dengan mode manual hasil potretan yang dihasilkan  sangatlah bagus, untuk mode otomatis tidak akan mendapatkan model foto seperti diatas. Anda akan lebih tertarik lagi jika melihat penampakan foto-foto yang bagus seperti diatas. Bulan merupakan salah satu planet yang bercahaya dengan pantulan sinar matahari yang indah di malam hari  sehingga anda akan sedikit refreshing dan terhibur ketika melihat sebuah ulan yang indah, itulah beberapa cara memotret bulan dengan Hasil yang maksimal

Cara Memotret Sebuah Bulan Untuk Hasil yang Maksimal | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5