BPKB Anda Asli Atau Palsu, Inilah cara Membedakanya!

Bingkaiberita.com – Semua kendaraan yang sudah terjual kepada konsumen pasti sudah disertai dengan dengan surat tanda nomer kepemilikian dan Buku pemilik kendaraan Bermotor atau sering kita sebut dengan STNK dan BPKB. Nah, yang paling penting adalah BPKB karena anda bisa ajukan BPKB ini dengan pinjaman uang atau disebut dengan Leasing BPKB. Surat berharga tersebut dapat juga digunakan sebagai pengganti surat kehilangan STNK, Jika STNK anda hilang anda bisa menggunakan BPKB untuk membuat STNK.

BPKB

Cek BPKB sebelum membeli Mobil atau Motor Bekas

BPKB adalah salah satu hal yang harus ada pada setiap kendaraan, baik dari kendaraan bekas maupun kendaraan baru dari semua jenis kendaraan mobil dan motor. Syarat utama memiliki kendaraan bermotor ditandai dengan kepemilikan BPKB. Jika sebuah kendaraan tak memiliki BPKB maka statusnya akan dipertanyakan, apakah mobil dan motor tersebut adalah hasil curian yang tidak memiliki Surat Kendaraaan Bermotor.

Ada beberapa Oknum yang sengaja membuat surat-surat kendaraan palsu dan hasilnya sampai meraup hingga milyaran rupiah. Namun, bagaimana membedakan antara BPKB Asli atau Palsu? Adapun syarat-sayarat BPKB itu asli atau palsu bisa anda lihat dibeberapa nomer terkait dengan keaslian BPKB tersebut:

1. Apabila anda ingin membeli sebuah mobil bekas, sebaiknya anda cek terlebih dahulu keasliannya di Samsat terdekat. Pihak kepolisian akan mengetahui apakah BPKB anda asli ataukah Palsu.

2. Anda bisa melihat keaslian BPKB dari penampakan Hologramnya. Jika BPKB itu Asli maka akan nampak Hologram yang bertuliskan Tri Brata Polri yang nampak Berwarna. Sedangkan jika BPKB palsu maka tidak akan nampak gambar Tri Brata Polri.

3. Jika anda masih ragu dengan keaslian dari BPKB anda bisa liha tampak benang yang berada di dalam BPKB dan pada tampilan BPKB ada tulisa BPKBnya dengan bentuk yang kasar.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda ingin membeli sebuah Mobil Bekas, karena boleh jadi anda lalai dan tidak melakukan pengecekan terhadap Surat kendaraan BPKB sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Lakukan pengecekkan nomer melalui samsat terdekat atau melalui Internet aplikasi Samsat Mobile.

BPKB Anda Asli Atau Palsu, Inilah cara Membedakanya! | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5