Berapa Biaya Masuk Polisi 2019, 2020,2021

Advertisement

Polri atau singkatan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah aparat penegak hukum yang bertugas melindungi, mengayomi masyarakat dari tindak kriminalitas dan kejahatan. Polisi merupakan abdi negara yang memiliki peran penting dalam tegaknya pemberantasan kejahatan.

Untuk dapat menjadi anggota polri seseorang dapat menempuh pada empat jalur, baik itu akpol, Bintara, tamtama dan Bintara khusus. Dari keempat jalur masuk kepolisian ini dapat di daftarkan melalui pendaftaran polisi secara online pada portal resmi yang berada di www.penerimaan.polri.go.id

Berapa biaya masuk polisi? Seperti yang dinyatakan oleh Divisi Humas Polri dalam laman portalnya bahwa, “Pendaftaran dan seleksi anggota polri tidak ada pungutan biaya alias Gratis.” Mungkin jikalau ada pihak-pihak yang meminta uang itu adalah sebagai bentuk penipuan dengan iming-iming dapat masuk polisi tanpa test. Nah berapa biaya masuk polwan?

polisi tidak mau suap

Namun hal ini tidak serta merta gratis, karena seorang calon pelamar juga harus memiliki uang untuk biaya operasional seleksi, mulai dari biaya transportasi dari rumah ke provinsi ataupun mereka harus mengeluarkan biaya lainnya seperti alat tulis saat test TPA, Jasa fotokopi karena diharuskan untuk memfotokopi dokumentnya dan kadang juga dipersyaratkan untuk memiliki baju khusus seperti pakaian olahraga, kmeja putih dan celana hitam.

Beberapa peralatan dan perlengkapan yang tidak sedikit ketika melakukan pendaftaran juga harus dihitung, mulai dari akses internet dengan membeli paket data untuk pendaftaran online, mencari informasi persyaratan yang harus dipenuhi saat pendaftaran dan sudah barang tentu memang harus mempersiapkan keuangan untuk dapat daftar atau ada biayanya.

Kepolisian republik indonesia saat ini meminimalisirkan ada beberapa pihak yang memang membuat citra polisi rusak di mata dunia, namun itu hanya segelintir orang, masih banyak polisi yang memiliki citra yang baik di Masyarakat. Terlebih menjadi panutan bahwa polisi memang harus memiliki disiplin yang tinggi dalam berbagai bidang, seperti diluar jawa yang kekurangan tenaga pendidik, mereka terjun langsung untuk mengajar anak-anak yang kekurangan guru, dan beberapa polisi yang memang tidak diliput oleh banyak media saat ini.

Bagaimana dengan biaya masuk Akpol? bisa anda lihat artikel lainnya terkait biaya masuk akpol. Nah, bagi yang sudah lulus pantukhir (penetuan akhir) mereka akan dididik selama 4 tahun untuk akpol dan 7 bulan untuk Brigadir yang akan disalurkan ke beberapa satuan-satuan yang ada di Instansi.

Nah, ketika anda berada pada masa-masa pendidikan, pastilah anda memerlukan biaya selain biaya dari asrama dan makan karena biaya tersebut sudah dipastikan diberikan oleh pemerintah kepada anda. Ada beberapa biaya lain yang harus anda persiapkan ketika benar-benar menjadi seorang praja akpol.

Semua hal butuh biaya, mulai dari akomodasi, fotokopi, dan lain sebagainya. Semua hal tergantung dengan kita sendiri apakah mau mengeluarkan biaya tersebut ataukah tidak. Banyak yang bertanya, apakah masuk polisi harus menggunakan uang? jika yang dimaksud adalah uang sogok itu sungguh tidak ada, hanya orang-orang yang mau tertipu aja yang mau memberikan sejumlah uang kepada polisi yang mengaku bisa memberikan kelulusan pada anda atau anak anda.

Baca Juga artiket lainnya

Nah, itulah sedikit artikel kami terkait biaya masuk polisi yang harus anda ketahui sebelum mendaftar. Bagi teman-teman SMA yang baru lulus silahkan persiapkan uang untuk biaya operasional dalam melakukan pendaftaran polisi.

Other articles you might like;

5/5 (3)

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|TopikTravelling and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Berapa Biaya Masuk Polisi 2019, 2020,2021 | Topik Nugroho | 4.5