Berapa Biaya Masuk IPDN Jatinangor TA 2020, 2021, 2022

Advertisement

IPDN merupakan singkatan dari Insitut Pemerintahan Dalam Negeri yang dahulunya dikenal dengan STPDN yang terkenal dengan kasus tindak kekerasannya. IPDN adalah gabungan dari STPDN dan Institut Ilmu Pemerintahan yang lahir pada tahun 2007.

Biaya masuk IPDN adakah? Sebagai Salah satu lembaga perguruan tinggi ikatan dinas Kampus IPDN yang memiliki cabang dari Riau sampai Jayapura ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni terutama di Kampus Pusat IPDN Jatinangot yang sudah memiliki 64 ruang kuliah, gedung olahraga, ruang seminar, tempat ibadah, aula, ruang komputer dan berbagai fasilitas lainnya yang digunakan untuk kegiatan pengembangan mahasiswa.

IPDN tidak memungut biaya kepada mahasiswanya karena memang IPDN sudah dianggarakan oleh pemerintah dan berdiri dibawah kementerian pemerintahan dalam negeri (KEMENDAGRI). Bagi lulusan SMA yang akan mendaftar jangan takut anda tidak memiliki apa-apa karena perkuliahan di IPDN ini memiliki fasilitas gratis. Anda tidak perlu ragu untuk mendaftar menjadi praja IPDN, yang anda lakukan adalah belajar mulai dari kelas 1 SMA s/d 3 SMA untuk mendapatkan nilai bagus di Sekolah. Dan mencoba untuk melakukan pendaftaran ipdn di Badan Kepegawaian Daerah tempat tinggal anda di seluruh Indonesia.

Apakah Kuliah di Ipdn Gratis

IPDN salah satu lembaga sekolah kedinasan yang memiliki banyak cabang dari sabang sanmapi dengan merauke, mereka nantinya para praja akan ditempatkan di seluruh Indonesia. Bagi teman-teman yang baru lulus SMA masih bertanya-tanya Apakah Kuliah di Ipdn Gratis? Tentu, kuliah di IPDN Gratis, hanya saja anda di IPDN harus mencukupi kebutuhan lainnya atau bisa dibilang dengan biaya hidup di jatinangor bandung berbeda dengan biaya hidup di jakarta, jogja, papua, makassar ataupun tempat lain.

Gaji Ipdn Perbulan

Memang di ipdn ini sudah dibiaya oleh pemerintah dan ditanggung, Sebelum lulus dan dikukuhkan atau melalui proses pengukuhan pamong praja ipdn, mendapatkan uang insetif yang masuk ke rekening pribadi atau bisa dibilang Gaji IPDN Perbulan itu Rp 300 ribuan, dengan beberapa kondisi yang harus anda biaya sendiri atau dengan kata lain kebutuhan lainnya harus anda penuhi, karena tidak serta merta anda dengan 300 ribu itu cukup untuk hidup di Bandung.

Biaya Semester Kuliah Ipdn

Bagaimana dengan biaya semester kuliah IPDN? Pendaftaran masuk ipdn aja gratis, apalagi untuk biaya semester kuliahnya juga sudah ditanggung oleh pemerintah pusat untuk jenjang pendidikan sarjana strata satu dengan jurusan yang telah ditentukan karena para praja tidak dapat menentukan jurusan sendiri.

Sedangkan bagi lulusan Sarjana Strata Satu non IPDN bisa masuk dikuliah Pascasarjana dengan rincian biaya sebagai berikut iniBiaya studi paket untuk 4 (empat) semester/ PASCASARJANA dengan rincian sebagai berikut:

1.Biaya kuliah Rp 25.000.000;-
2. Matrikulasi :
– Umum (S1 Pemerintahan) Rp.500.000;-
– Khusus (S1 Non Pemerintahan dan D IV Pemerintahan) Rp.750.000;-

3. Buku Pedoman Akademik dan
Jas Almamater Rp.450.000;-
Biaya tersebut tidak termasuk untuk wisuda dan buku- buku literatur.

Berapa Biaya Pendaftaran Masuk IPDN?

Untuk biaya masuk IPDN? Tidak ada biaya masuk, alias Gratis. Namun, untuk biaya test CAT seorang pelamar akan dikenakan tarif biaya sebesar 50 ribu per peserta, Hal ini sudah diatur dalam PP nomer 63 tahun 2016 terkait dengan jenis dan tarif penerimaan negara bukan pajak yang sudah berlaku di BKN.

Meskipun gratis masuk, seorang calon mahasiswa juga harus mempersiapkan keuangan untuk pendidikan karena tidak seerta merta di gratiskan semuana melainkan seorang mahasiswa juga dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhannya masing-masing saat perkuliahan. Apalagi jika seorang mahasiswa ingin berbelanja diluar kampus dan ada beberapa stel baju yang telah diberikan kampus hilang, mereka harus mencari baju pengganti yang baru. Ataupun ada keperluan mendesak lainnya yang harus dilengkapi saat kuliah.

Biaya Hidup di IPDN

Biaya Hidup di IPDN ini gratis dengan fasilitas seperti asrama tempat tinggal yang telah dibiayai pemerintah termasuk listrik, air, biaya kuliah, makan 3 X sehari, seragam, atribut, akomodasi kampus untuk kegiatan kampus dan mendapat gaji ipdn perbulan sesuai dengan kebijakan
Setelah luluspun langsung mendapat pekerjaan sebagai CPNS tanpa tes sangat mirip dengan perwira di Akpol.  Nah, bagi anda yang berminat silahkan untuk mencobanya. Anda bisa minta uang juga ke orang tua untuk tambahan uang saku untuk keperluan lainnya dari apa-apa yang akan menjadi resiko, karena nggak mungkin anda cuma mementingkan fasilitas gratis aja, nggak butuh uang pulsa, internet, jajan di mall jatinangor, apalagi jika atribut anda hilang pasti anda harus minta uang juga ke orang tua untuk biaya hidup di IPDN

Kebutuhan hidup lainnya yang harus anda sesuaikan dengan kehidupan di Bandung ini,  anda tidak usah ikut-ikut jalan-jalan, karena merasa anda tidak mampu alias tidak punya uang. Karena banyak orang yang miskin tidak memiliki apa-apa bisa masuk ke IPDN. Sehingga jika anda ikut-ikut mereka yang kaya dengan sering jalan-jalan pasti biaya hidup anda akan meningkat. Terlepas itu semua anda bisa menikmati fasilitas gratis yang telah diberikan pemerintah kepada anda.

Beberapa Syarat Pendaftaran Masuk  IPDN

– Pelamar merupakan warga negara indonesia asli dengan kriteria umur maksimal 21 tahun dan kriteria umur minimalnya 16 tahun dengan tinggi pria minimal 163 dan wanitanya kriteria tinggi badan minimal 155 cm.
– Nilai Ijazah Surat Kelulusan Hasil Ujian Nasional minimal 7,00 sedangkan untuk wilayah papua dan papu barat kriteria nilai minimal Ijazah UN adalah 6,5.
– Bagi pelamar harus memiliki email untuk pendaftaran ipdn online, dan pas foto yang terbaru untuk diupload ketika pendafftaran.
– Tidak ugal-ugalan baik itu memiliki tato, tindik, bekas tatao, pernah melakukan kejahatan. Anda harus baik dengan catatan dokument surat keterangan berkelakuan baik dari Kantor Kepolisian.
– Bagi yang melamar praja IPDN ini belum pernah menikah, hamil diluar nikah atau tidak pernah diberhentikan dari perguruan tinggi lainnya.
– Nah, bagi yang sudah lulus di kampus IPDN pada seleksi penentuan akhir. Maka seorang pendaftar bersedia untuk betugas diseluruh Indonesia dan selama pendidikan tidak dibolehkan untuk menikah. Bersedia untuk menaati peraturan yang berlaku di Kampus IPDN.

Syarat Gigi Masuk IPDN

Nah permasalah ini pasti banyak diantara siswa dan siswi sekolah yang memiliki gigi berlubang karena dicabut apakah dapat mendaftar di IPDN? Nah, anda harus tahu syarat gigi masuk IPDN sebaga berikut ini

– Permasalahan gigi yang berlubang usahakan untuk di tambal sebisa mungkin agar mirip dengan yang asli.
– Bagi yang bermasalah giginya yang hilang karena kecelakaan, atau gigi hilang bagian depan tidak boleh mendaftar
– Gigi yang dicabut tidak boleh 2 gigi dalam satu deret baik itu atas maupun gigi bawah
– Pelamar IPDN tidak boleh menggunakan gigi palsu
– Pelamar IPDN untuk gigi yang hilang diperbolehkan untuk bagian graham maksimal 2 gigi.

Bagi Gigi Berlubang?

Selalu periksakan ke dokter gigi untuk gigi berlubang masih dapat ditambal dengan cara menggunakan semen gigi dan dapat disamarkan sesuai dengan warna asli dari gigi anda dengan harga kurang lebih untuk menambal gagi berlubang 100 ribua aka

Bagi Gigi Tidak Rata?

Untuk gigi yang tidak rata, sejak jauh hari untuk memasang kawat gigi/behel sebelum mendatar IPDN atau Akpol, dan silahkan anda berkonsultasi ke dokter gigi dan cara memanipulasi agar giginya dapat rata kembali.

Bagi yang Memiliki Masalah Karang Gigi?

Bagi yang memiliki masalah karang gigi, sebelum melakukan pendataran IPDN harus dibersihkan terlebih dahulu denga biaya yang tidak mahal, namun jika anda memiliki banyak karang di gigi maka akan ada biaya tambahan.

Jadwal Pendaftaran IPDN dan Kontak Resmi Kampus.

Silahkan anda kontak resmi kampus IPDN dengan call center 0041700700 yang secara online dibuka di website resmi IPDN SPCP.IPDN.AC.ID dan diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu di website panitia seleksi nasional atau panselnas. Nah, itulah informasi dari bingkaiberita.com terkait dengan biaya masuk ipdn

Other articles you might like;

5/5 (5)

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Berapa Biaya Masuk IPDN Jatinangor TA 2020, 2021, 2022 | Topik Nugroho | 4.5
close