Biaya Awal Kuliah Masuk UGM

Advertisement

Bingkaiberita.com – Biaya Awal kuliah masuk di UGM tak sedikit jumlahnya, apalagi di universitas negeri gajah mada ini menerapkan sistem pembayaran SKS layaknya kampus swasta. Nama kampus UGM yang sudah tersohor di penjuru negeri ini menjadi tujuan para calon mahasiswa dari luar daerah karena memang UGM telah mendapatkan segudang prestasi dan namanya harum hingga sebrang negeri.

Selain itu UGM juga menempat urutan nomer 2 Indonesia baik itu dari versi webometric maupun versi 4icu dan juga menjadi top di lua negeri. Dan untuk mendapatkan kursinyapun, seorang calon mahasiswa harus bersaing dengan ribuan pendaftar di seluruh Indonesia.

Sebelum benar-benar menjadi mahasiswa UGM akan lebih baik anda mengetahui gambaran umum sebuah kampus termasuk biaya kuliah awal masuk perguruan tinggi negeri. Biaya kuliah yang digunakan Universitas Gajah madapun berbeda dengan kampus lainnya.

Biaya Kuliah UGM menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau sering disebut dengan UKT. Sistem ini telah ditentukan oleh Kemenristek dikti sejak tahun 2013 yaitu besaran biaya kuliah yang dibayarkan di kampus UGM sesuai dengan besaran tingkat ekonomi penghasilan orang tua. Baik gaji pokok maupun gaji kotor. Apabila gaji orang tua besar maka dana kuliah yang dibayarkan juga pada Golongan UKT yang lebih tinggi dibandingkan dengan biaya penghasilan orang tua yang rendah.

Adapun pengelompokkan biaya UKT ini adalah penghasilan uang orang tua dan tambahan pengahsilan tambahan ayah dan ibu jika dijumlah total seluruhnya:

UKT 0 adalah  Peserta Bidikmisi
UKT 1  adalah  Penghasilan  orang tua kurang dari 500.000
UKT 2  adalah Penghasilan  orang tua  500.000  atau Penghasilan ortu kurang dari 2.000.000
UKT 3 adalah  Penghasilan  orang tua   2.000.000 atau Penghasilan ortu  kurang dari 3.500.000
UKT 4 adalah   Penghasilan  orang tua  3.500.000 atau Penghasilan ortu  kurang dari 5.000.000
UKT 5 adalah  Penghasilan  orang tua  5.000.000 atau Penghasilan  ortu kurang dari10.000.000
UKT 6  adalah Penghasilan  orang tua  10.000.000 atau Penghasilan ortu  kurang dari 20.000.000
UKT 7  adalah  Penghasilan  orang tua   20.000.000 atau Penghasilan ortu kurang dari 30.000.000
UKT 8  adalah Penghasilan ortu lebih dari  30.000.000

NB: Biaya kuliah per semster di UGM tidak berdasarkan jalur Masuknya, Baik itu Jalur Mandiri, Jalur SBMPTN semua sama persemesternya hal itu sudah ditetapkan oleh pihak universitas gajah mada. Biaya yang berbeda itu sesuai dengan jurusan yang di ambil dari masing-masing mahasiswa.

A. Biaya Semester Kuliah UGM Untuk Diploma

Biaya Kuliah UGM Diploma Biaya Masuk Kuliah UGM Diploma

B. Biaya Semester Kuliah UGM Untuk Sarjana

Biaya Kuliah UGM Diploma Biaya Kuliah UGM Biaya Masuk Kuliah UGM Biaya Masuk UGM Biaya UGM

C. Biaya Semester Kuliah UGM Pascasarjana

Biaya Kuliah UGM Pascasarjana Biaya UGM Pascasarjana Biaya Kuliah UGM Pascasarjana

 

Nah, untuk biaya diatas sesuai dengan penghasilan orang tua, Jika anda pada kategori 2 maka biaya yang akan dibayarkan sesuai dengan UKT tersebut, dan apabila anda sebagai siswa bidik misi pada UKT ) atau secara resmi mereka yang mendapatkan beasiswa bidik misi sudah dibayar oleh pemerintah alias Gratis.

Penentuan kelompok UKT ini sesuai dengan persyaratan saat pendaftaran ulang ke kampus sebagai ac uan penetapan UKT dan mudah-mudahan informasi ini dapat dijadikan refrensi bagi kamu yang hendak mendaftar program diploma, sarjana maupun pascasarjana di Kampus UGM.

Other articles you might like;

No ratings yet.

Please rate this

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Biaya Awal Kuliah Masuk UGM | Topik Nugroho | 4.5
close