Beberapa Mitos Unik Aneh di Indonesia

Bingkai Unik – Indonesia dikenal bangsa yang mempunyai banyak ragam budaya dan keunikan. Indonesia merupakan sebuah negara yang mempunyai ragam bahasa, budaya dan karakteristik  dan memiliki nilai lebih dibanding dengan negara besar lainnya. Kepercayaan dan keyakinan dari hal-hal unik dan aneh masih menjadi sebuah tradisi yang dilestarikan dan dikembangkan. Mitos yang dianuutpun masih tergolong berbau campuran mistik yang sangat kental dari berbagai wilayah dan daerah masing-masing yang memiliki berbagai macam suku bangsa.

Warisan dan budaya keyakinan ini diturunkan dari nenek moyang zaman dahulu sampai sekarang yang dipercaya memiliki hal-hal yang dipercaya dpat membantu dalam setiap hal. Masyarakt indonesia masih menganut agama nenek moyang yang direalisasikan dan diimplementasikan dengan keyakinan sekrang dan sudah menjadi suatu adat istiadat yang aneh dan tidak masuk akal dalam benak kita.

Beberapa Mitos Aneh

Hal-hal aneh yang sering dilakukan oleh masyarakat zaman dahulu menjadi sebuah istiadat dan masih nampak jelas sampai sekarang yang dianggap sebagai sebuah mitos adalah sebagai berikut dan inilah beberapa mitos aneh yang ada di Indonesia yang kian masih dilakukan dan dipercayai oleh masyarakat Indonesia.

1. Mitos Aneh tentang bersiul yang diyakini akan memanggil setan.

Anda pasti tahu dan pernah mendengar bahwa sebuah siulan pada malam hari diyakini akan memanggil setan. Apakah hal tersebut benar-benar dikatakan ya ataupun tidak, belum bisa dipastikan. Percaya nggak percaya. namun banyak orang yang mengatakan bahwa dengan bersiul akan mendatangkan suatu ancaman, jika anda bersiul dimalam hari maka tetangga anda pasti akan marah karena terganggu dengan silan anda dengan demikian anda akan menjadi salah satu orang yang dibecni oleh tetangga anda.

2. Mitos Aneh Tentang Duduk Didepan pintu maka akan sulit jodohnya.

Percaya atau tidak jikalau duduku didepan pintu maka akan sulit menemukan jodoh. Hal ini disampaikan oleh orang tua dahulu jika duduk didepan pintu tidak etis dilakukan oleh kaum remaja baik remaja putri maupun remaja laki-laki yang duduk didepan pintu lantaran bengong, melamun memikirkan sesuatu yang tidak jelas. Pintu bukanlah tempat nongkrong untuk duduk karena akan menganggu orang yang lalu lalang akan masuk melewati pintu yang anda duduki. Dengan nongkrong di dean pintu anda dikira seorang pemalas yang tidak dapat memikirkan masa depan sehingga anda akan kesulitan menemukan jodoh.

3. Mitos Jika Anda Makan, tidak Habis Maka ayam peliharaan anda akan mati.

Mitos yang satu ini banyak sekali diutarakan oleh orang tua kita jika anda makan nasi namun anda tidak menghabiskan makanan yang sudah disuguhi oleh ibu kita lantaran anda sudah cukup kenyang ataupun makanan yang diberikan tidak terlalu enak sehingga anda tidak menghabiskannya. Hal itu pasti anda akan mendapatkan sebuah teguran dari Ibu anda, apabila makanannya tidak habis maka kelak ayam anda akan mati.

Mitos ini digunakan oleh orang tua zaman dahulu karena anak zaman dahulu sangat menyukai hewan peliharaannya. Dengan cara yang semacam ini ibu rumah tangga mengancam kepada anak-anak mereka untuk menghabiskan makanan yang telah diberikan. Jika seandainya tidak dihabiskan maka mereka mengancam hewan kesayangan mereka akan mati.

4. Jika anda Mandi Malam hari akan menyebakan rematik.
Ada sebuah mitos yang sering kita dengar yang dipercayai apabila seseorang mandi dimalam hari atau waktu magrib maka akan mengakibatkan rematik. Namun, hal itu dapat dijelaskan dalam pengetahuan yang ilmiah, mengapa hal itu dilarang untuk dilakukan ketika mandi di malam hari. Namun seseorang banyak memahami jika seandainya mandi di malam hari maka akan mengakibatkan nyeri sendi.

Akibatnya yang akan dialami adalah rematik karena udara malam hari tidak cocok untuk kesehatan karena akan mengahalangi suplai oksigen ketulang hingga berlangsung penyempitan sehingga akan menyebabkan nyeri tulang atau disebut dengan rematik dan hal itu dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah dan kebenarannya dalam ilmu kedokteran. Apakah anda masih menyangkal bahwa hal itu hanyalah mitos belaka?

5. Tidak Boleh Keluar di Waktu Magrib.
Anak-anak dahulu sering diperintahkan orang tua jangan bermain atau keluar rumah diwaktu magrib, Apabila sudah menjelang waktu sore dan magrib, seorang anak harus pulang dan masuk rumah. Anak yang tidak nurut dengan perkataan orang tua amak akan diculik oleh wewe gombel. Memang mitos ini sering diucapkan oleh orang tua jika anak sedang keluar rumah sampai magrib mereka sering diberi ancamanan untuk segera pulang karena akan diculik oleh wewe gombel. Hal ini dilakukan kepada anak-anak untuk mendisiplinkan waktu mereka.

6. Jangan memakai pakaian warna Hijau saat pergi Ke Pantai

Sering kita dengar, Dari beberapa warga dan masyarakat sekitar pantai meyakini mitos ini, Memakai kaos berwarna hijau karena diyakini akan ditarik oleh sang penguasa pantai laut Selatan, Nyi roro Kidul yang masih dipercaya dan diyakini hingga sekarang. Namun, Apakah hal itu benar-benar sebuah mitos apakah perintah larangan?

Kita berpikir dengan logis dan Ilmiah, Lautan yang ada di jagad ini apabila dilihat dari kejauhan maka akan terlihat biru kehijau-hijauan dan Apabila anda mengenakan pakaian yang berwarna hijau, jika terjadi sesuatu pada anda maka bakalan susah ditemukan jasadnya apabila terjadi sesuatu, Apakah anda masih percaya dengan mitos ini ataukah anda berpikiran logis tentang kejadian seperti ini. Itu terserah anda!

Itulah bebeberapa mitos Aneh yang diyakini masyarakat Indonesia tentang larangan yang bakalan terjadi yang sudah dilakukan oleh nenek moyang kita yang disampaikan sampai turun menurun sampai cucu kita. Semoga hal ini bermanfaat bagi anda untuk berpikir lebih mendalam tentang sesuatu yang diperintah atau dimitoskan sejak zaman dahulu sampai sekarang ini yang ada di Masyarakat Indonesia.

Beberapa Mitos Unik Aneh di Indonesia | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5