Cara Memilih Baju Lebaran Untuk Anak Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Advertisement

Bingkai Cara–   Baju Lebaran sangat dibutuhkan ketika menjelang berakhirnya puasa ramadhan, ada sebagian orang yang ingin mengenakan baju baru, namun tidak dapat membelinya karena keadaan ekonomi yang tidak memungkinkan,  namun ada juga orang yang mempunyai banyak uang tapi susah mencari baju yang cocok bagi anak disaat menjelang lebaran. Mudik adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh para keluarga yang jauh dari sanak saudara. Moment  yang hadir setiap tahun sekali, untuk semangat baru dan kemenangan baru setelah menjalankan puasa selama bulan ramadhan.

Di hari idul fitri bukan hanya, baju baru, sajadah baru yang dipakai, selain itu kita harus mengupgrade hati, mengupgrade iman dan takwa dan menjadikan diri anda seperti bayi yang baru dilahirkan ke dunia ini dengan mengawalinya dengan yang baru. Namun, terasa kurang lengkap disaat lebaran apabila tidak menggunakan baju baru, memang sudah menjadi tradisi masyarakat indonesia apabila di hari lebaran mengenakan baju baru dan aksesoris baru seperti sajadah, sarung, peci dan beberapa perlengkapan shalat bagi setiap muslim yang menjalankannya.

Busana Muslim Lebaran untuk Keluarga

Awal bulan ramadhan sampai akhir ramadhan inilah moment  produsen baju ditanah air berkreasi membuat model dan motif baju muslim yang beraneka ragam sehingga disaat menjelang lebaran baju ini dapat terjual dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.  trend baju saat ini menghadirkan berbagai gaya model seperti hijab yang kian banyak dijadikan refrensi adalah gaya desain hijab dari dian pelangi dan berbagai desainer lainnya.

PusatPusat perbelanjaan di saat bulan ramadhan dan menjelang akhir bulan ramdhan penuh seseak dengan konsumen-konsumen umat muslim yang mencari baju bagi keluarganya. namun hal itulah cara umat muslim dalam meramaikan kegiatan bulan ramadhan dan menjelang lebaran kemenangan umat islam setelah menjalankan ibadah puasa selama 30 hari nonstop, tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja namun harus menahan nafsu amarah, emosi, menahan setiap yang membatalkan puasa. Jika seorang tidak bisa menahan nafsu dan amarah seseorang hanya mendapatkan lapar dan haus saja. Tidak mudah menjalankan ibadah puasa di hari ramadhan, namun untuk tambahan pahala anda juga disunahkan menjalankan ibadah tarawih, Belum tahu Keutamaan Shalat Tarawih! Simak Keutamaan Sholat Tarawih di Hari Ramadhan.

Sebaiknya dalam memilih baju untuk anak adalah model baju muslim, atau model baju yang disukai oleh anak anda, jika anak anda tidak suka memakainya maka anda merasa kurang puas dengan model yang diberikan. Anak anda akan suka dengan model -model pilihannya.  Banyak model dan gaya pakaian masa kini, hingga model- model artis pun dicantumkan sebagai nama produk untuk beberapa baju cewek.

Inilah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika memilih baju lebaran untuk anak anda:

1. Memilih Baju yang disukai oleh anak anda.

Gampang-gampang susah dalam memilih sebuah pakaian yang disukai untuk anak, bagi anak sendiri yang terpenting adalah pakaian yang sesuai dengan hati sikecil, Namun, yang mempunyai uang dan membelikan baju adalah seorang ibu rumah tangga, tidak mungkin si kecil yang membeli baju sendiri di toko atau toko online batik.  Sebaiknya dalam membeli sebuah baju harus memperhatikan beberapa hal terutama dalam kesukaan si anak, apabila anak suka warna biru tua, jangan lantas si ibu memilih dengan warna hitam atau warna putih, apabila anak anda tidak menyukai pilihan anda, maka anak tidak akan memakai baju tersebut. Apabila anak anda suka dengan warna dan model yang disukainya maka otomatis seorang ibu juga senang yang dipakai oleh anak. Sebaiknya sebelum memilih baju, anda harus menanyakan baju apa yang disukai anak, warna apa yang disukai dan beberapa hal tentang baju yang dipilih si anak.

Peran orangtua menjadi nomer satu dalam mengarahkan dan membimbing anak dalam memilih sepotong baju lebaran, apakh sesui dengan kesopanan atukah tidak, yang terpenting adalah mengajak anak-anak memilih baju langsung ditoko, dimana baju tersebut dijual. Anak anda akan menentukan baju yang akan dipilih sehingga anda tidak susah payah memblikan si anak dengan hal yang tidak disukainya kelak.

Refrensi bagi ibu rumah tangga yang akan memilihkan dan membimbing anak untuk memilih adalah model kok yang polosan dan tambahan sedikit bordir an yang ada pada baju muslim tersebut, usahakan sesuai dengan motif dan model dari peci yang akan anda beli, jik anak anda adalah perempuan usahakan untuk membeli pakaian yang dipaduka dengan kerudung atau tambahan kerudung seperti hijab pashmina.

2. Dalam memilih Baju,  Usahakan Juga Melihat Warna.

Dalam menentukan model baju yang akan dipilih salah satunya adalah memperhatikan pilihan warna yang cocok dengan sang buah hati, usahakan ada warna keakraban antar keluarga besar  menuruti kata hati sianak, apabila anak suka memakai warna putih, maka anda dan ayah juga harus menetukan model baju yang berwarna putih sehingga anda dan kelaurga anda bisa kompak memakai warna pilihan model sesuai dengan warna yang dipakai saat lebaran hari raya idul fitri.

Sekarang ini banyak aneka model pilihan dari a sampai z untuk baju muslim dan baju lainnya, aneka ragam busana muslim saat ini dengan warna netral dan warna yang mencolok sesuai dengan pilihan si anak, si anak biasa akan menyesuaikan waran kulit dengan warna baju yang akan dipakai sehingga warna yang -warna inilah yang sering akan dipilih oleh seorang anak.

3.  Memilih baju sesuai dengan Ukuran perkembangan cepat Anak.

Dalam menentukan ukuran inilah salah satu hal yang paling tidak disukai, biasanya dalam menentukan ukuran si anak, jangan terlalu pas, namun harus diberikan kelonggaran baju sehingga anak yang mempunyai perkembangan tubuh yang cepat, baju yang dibeli tidak akan mudah sesak,  Baju akan dipakai selama dapat digunakan untuk tubuh si anak. walaupun sudah 6 bulan setelah membeli baju pakaian masih tetap digunakan. Sehingga anda masih bisa menghemat sebagaian uang anda untuk keperluan belanja dan keperluan rumah tangga lainnya.

Selain itu baju yang longgar akan membuat sebuah sirkulasi udara yang bebas di dalam pakaian anak, sehingga tidak akan mengakibatkan iritasi kulit dikarenakan keringat yang menumpuk pada sebuah baju. Kenyamanan baju juga sangat diperlukan bagi anak yang memiliki ukuran kecil dengan membeilkan baju agak besar sedikit. Apabila ukuran baju anak anda tidak ada dipasaran seperti ukuran XL anak atau dobel XL maka anda tidak harus membeli baju dipasaran. anda bisa membuatkan di tukang penjahit baju supaya baju yang digunakan sesuai dengan kenyamanan anak anda dengan motif dan gaya model dari pakaian anak anda.

4. Memilih harga baju lebaran sesuai dengan Keperluan.

Harga baju lebaran jangan sampai jutaan atau mungkin ratusan ribu rupiah, usahakan sesuaikan dengan  keperluan saja. Anda harus mengutamakan kepentingan primer dari pada kepentingan skunder seperti makan dan lainnya. Apabila anak anda mempunyai perkembangan tubuh yang cepat, maka bajun yang dibeli akan mudah sesak dan tidak cocok lagi sehingga anda harus menumpukkan baju di almari pakaian. Usahakan anda mengutamakan keperluan dari pada harus memnghambur-hamburkan uang untuk yang satu kali ini.

5. Memilih baju dari Kain Katun

Pilihlah baju yang terbuat dari bahan Katun karena bahan ini dapat menyerap keringat dengan sangat baik, Anak-anak adalah pada masa bermain dan masih aktif dan suka lari-larian, apabila anda memilih baju yang berbahan wool atau parasut maka anak anda akan cepat kepanasan. usahakan pilihlah baju yang berbahan katun sehingga anak anda akan nyaman saat dipakaia saat lebaran hari raya idul fitri.

itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih baju lebaran menjelang hari raya idul fitri sebagai salah satu pertimbangan anda disaat mencari baju untuk anak anda. Namun anda tidak harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli sebuah baju, anda masih bisa menggunakan baju lama yang nampak baru untuk digunakan di saat lebaran idul fitri, Keperluan  keluarga harus diutamakan dan yang paling penting, Karena makna lebaran bukanlah mengenakkan baju baru atau barang yang serba baru. Anda tidak harus memerlukan banyak uang untuk baju baru yang terpenting pada masa liburan panjang lebaran anda dapat gunakan waktu sebaik-baiknya untuk bersilaturahim ke sanak saudara. Karena menurut sebuah hadist bahwasanya orang yang suka bersilaturahim akan dipanjangkan umurnya dan diperluas rizkinya. Dan makna sebenarnya dari Silaturahim adalah kembali ke fitri atau kembali bersih seperti bayi yang baru saja dilahirkan. Itulah makna dari Idul fitri. Hal ini bukan sesuatu hal yang harus diperhatikan dalam memilih baju lebaran, namun anda juga harus memperhatikan sebuah keperluan saja, jangan terlalu mewah dalam membeli sebuah baju.

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Yogyakarta City, You can Connect Me in CPNS 2017| Official Topik Web|Wisata Indonesia |Harga Hp | Harga Mobil Toyota

Cara Memilih Baju Lebaran Untuk Anak Menjelang Hari Raya Idul Fitri | Topik Nugroho | 4.5

Leave a Reply