Bagaimana Jika Rupiah Jeblok Sampai Rp 16 Ribu Per Dolar USD?

Bagaimana Jika Rupiah Jeblok Sampai Rp 16 Ribu Per Dolar USD?

Inilah tanggapan Bank Indonesia Jika seandainya rupiah anjlok sampai 16 ribu rupiah per dolarnya, pelamahan tukar rupiah yang semakin lama anjlok sampai dengan 13 ribu rupiah. akanhkan dolar akan mengutan dan rupiah akan melemah pada posisi puncaknya seperti pantauan kami terhadap kurs rupaih terhadap dolar dari Bank BCa dibawah ini:

kurs BCA per dolar

Ada beberapa perusahaan publik atau korporasi publik yang memiliki utang dengan luar negri menjadi sampel observasi utang melampaui dengan asetnya seperti kajian dari Stabiltas Keuangan. BI dalam hal ini harus bertindak ekstra dalam penguatan rupiah, hal ini akan lebih menguntungkan pihak-pihak yang meraup keuntungan dolar.

Dari semenjak kepemimpinan presiden dari tahun ketahun keuangan atau rupiah semakin lama sampai posisi atas dari Presiden BJ habibie yang rupah sampai angka 2500 sampai dengan 8000, 9000, 1000 dan akhirnya pada akhir tahun 2014. Rupiah melemah menjadi 12700 an apakah pada tahun 2015 mendatang, rupiah akan melemah terhadap dolar Amerika Serikat ini.

Pada Sore ini rupiah mulai menguat menjadi 12.600 an yang tadi siang menginjak pada level 12.900 per DOlar AS. hal ini menunjukkan naik turunnya rupiah terhadap dolar dan ekonomi pasar indonesia yang mulai melemah, Importir akan sangat kwalahan dengan hal ini. Penguatan dolar terhadap rupiah ini terjadi hampir 6 bulan setelah ketika akhir-akhir masa jabatan SBY yang semual 11 ribu melemah menjadi 12 ribuan.

Bank Indonesia dalam hal ini telah menyampaikan jauh-jauh hari terhadp utang luar negri dari para sektor swasta yang gagal dibayar. Kekawatiran ini terjadi ketika utang swasta melampaui utang luar negri dari pemerintah. Pemerintah mempunyai utang ratusan milyar rupaih yang tidak kunjung selesai. Selain itu, kita juga tahu korporasi perusahaan swasta  juga mempunyai utang terhadap luar negri yang sampai saat ini hutangnya juga akan melebihi dari utang pemerintah kepada luar negri.

Akankah, pada masa Jokowidodo hal ini dapat diatasi dengan cepat untuk pelemahan Rupiah terhadap dolar? dan Bagiamana jika Rupiah anjlok sampai dengan 16 ribu rupiah perdolarnya. Sungguh akan terjadi Krisis ekonomi di Indonesia yang berkepanjangan jika masalah ini tidak cepat diatasi.

Bagaimana Jika Rupiah Jeblok Sampai Rp 16 Ribu Per Dolar USD? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5