Cara Kunci Dan Buat SPTJM Aplikasi DHGTK Absen online Kemdikbud

Aplikasi DHGTK atau daftar hadir Guru dan tenaga kependidikan di salah satu websitenya di hadir gtk kemdikbud merupakan aplikasi baru yang memiliki dua akses kepemilikan baik itu yang ditunjuk langsung oleh kepala sekolah untuk melakukan absensi atau disebut operator maupun akses kepala sekolah yang berkenaan dengan penguncian DHGTK karena perlu adanya surat pertanggung jawaban pengisian absensi online

Cara Login Aplikasi DHGTK Kepala Sekolah

Penguncian DHGTK adalah salah satu tanggaung jawab dari kepala sekolah, namun hal ini adalah terkendala dengan serer yang sering eror dan sulit aksesnya sehingga kemdikbud dalam hal ini memberikan link alternatid jika seandainya server banyak yang akses atau lambat adapun beberapa server yang bisa anda lihat dibawah ini usahakan untuk dicoba satu persatu sehingga dapat login aplikasi DHGTK. Adapun link yang dimaksud adalah sebagai berikut ini:

1. http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id
2.http://223.27.144.195:2017/
3.http://223.27.144.195:7000/
4.http://223.27.144.195:414/
5.http://223.27.144.195:212/
6.http://223.27.144.195:188/

Nah, apabila anda sudah dapat login selanjutnya anda melakukan login aplikasi DHGTK dengan akun kepala sekolah yang dapat anda dapatkan di dapodik sekolah. Silahkan anda masukkan user id password dan NPSN dengan benar.

Jika tidak tahu username dan password kepala sekolah silahkan anda masuk ke http://localhost:5774/ untuk dapodik. Setelah mengisikan username dan password silahkan anda pilih akun kepala sekolah bagi operator yang ingin mengunci absensi online
– Buat password dengan cara klik menu atas warna hijau dengan kata penugasan dan sebelum di klik silahkan kursor anda ditempatkan pada kepala sekolah.

penugasan dapodik
– Setelah itu akan muncul beberapa info terkait dengan guru tersebut. dan dibawahnya ada tulisan buat akun dan ubah akun.

buat dan ubah akun PTK
– Email yang sudah terisi biarkan untuk menjadi user di DHGTK dan setelah itu isikan passwordnya untuk dapat login di dhgtk.

akun login dhgtk kepsek

Pada menu tampilan setelah login anda berhasil maka langsung ada sub menu pada berada yaitu profil sekolah, kunci dan buat SPTJM dan ta pengguna. Sekarang kita akan benar benar membuat SPTJM dan Mengunci DHGTK.

Jika sudah benar- benar fik dan valid, setelah dilakukannya kehadiran guru per bulan atau triwulan sekali silahkan untuk kepala sekolah untuk proses pengunciannya sehingga dapat dipastikan penguncian untuk kehadiran guru ini tiak ada kesalahan. Nah, untuk itu guru harus mengunci sesuai dengan masa waktunya.

1. Kepala sekolah harus mengecek aplikasi DHGTK dan melihat pada sisi menu sebelah kiri dengan tulisan Kunci dan Buat SPTJM

2. Kemudian anda pilih menu tersebut dan anda bertanggung jawab mutlak atas kehadiran para guru.

3. Setelah anda menentukan pilihan , pastika anda sudah melihat bulan yang akan anda kunci sehingga tidak terjadi kesalahan ketika proses penguncian.

4. Setelah anda memastikan bulannya setelah itu anda conteng kotak dialog yang bertuliskan anda setuju dengan penguncian daftar absensi guru.

5. Setellah itu akan otomatis bulan yang sudah dikunci tidak dapat diperbaiki ataupun diisi kembali jika ada kesalahan silahkan anda hubungi admin DHGTK.

6. Apabila sudah anda kunci silahkan anda simpan daftar hadir dengan Cetak SPTJM dengan memilih menu Cetak PDF.

Cetak bukti pengisian hadir gtk ini sebagai alat bukti jika seandainya dinas pendidikan setempat meminta sebagai arsip absensi kehadiran guru dengan Cara Kunci  DHGTK dan Cetak SPTJM.

Cara Kunci Dan Buat SPTJM Aplikasi DHGTK Absen online Kemdikbud | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5