Aplikasi Dapodik Update Terbaru

Bingkaiberita.com – Pembaharuan aplikasi dapodik terbaru 2020b sekolah jenjang Sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas dibawah naungan kementerian pendidikan dan kebudayaan. Satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah di seluruh Indonesia.

Aplikasi Dapodik versi terbaru dapat diunduh melalui laman resmi dapodikdasmen di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan salah satu laman yang memuat seluruh informasi terkait dengan update versi terbaru, yang telah ditunggu-tunggu oleh operator selama satu semester pertama baik dibulan agustus maupun januari. Karena pada semester tersebut baik di semester genap dan ganjil ada updatan terbaru mengenai siswa ataupun peserta didik. Namun, sayangnya jika aplikasi dapodik ini hanya diperuntukkan bagi jenjang sekolah negeri berbeda dengan MI,MTS, MA yang berada di bawah naungan kemenag yang menggunakan aplikasi Emis.

Aplikasi dapodik pada versi update bisanya menginduk pada pembaharuan dan perbaikan tombol menu. Pembaharuan aplikasi biasanya terletak pada menu penambahan fitu, kolom validasi, perubahan menu, pengaktifan kurikulum dan struktur-struktur update lainnya. Jika perbaikan ini terkait dengan bugs yang ada pada sistem yang telah digunakan tahun lalu.

Aplikasi Dapodik  Update Terbaru

Setiap update Aplikasi Dapodik   akan mengubah beberapa fitur dan saat ini sedang pada tahap uji coba aplikasi dengan menggunakan database versi update terbaru, selain databse tim Dapodikdasmen juga akan update beberapa fitur penambahannya beserta dengan perbaikan bug atau eror yang sering terjadi pada aplikasi sebelumnya.
Dalam hal ini, peningkatan kualitas data pada data pendidikan sekolah sangat diupayakan yang nantinya akan menyelaraskan mekanisem dan prosedur pemanfaatan data dapodik dengan beberapa aturan dan regulasinya. Dan untuk tahap penginstalannya akan berbeda yaitu dengan menggunakan bentuk INSTALLER dengan tidak menggunakan versi UPDATER.

Nah, ada beberapa hal yang dapat anda perhatikan terkait dengan informasi Aplikasi Dapodik terbaru

1. Aplikasi Dapodik 2020 sudah dirilis
2. Aplikasi Dapodik 2020 Masih tahap proses penyempurnaan sehingga untuk sinkronisasi aplikasi terdahulu di offkan sampai aplikasi terbaru dirilis.
3. Untuk Memperlancar jalannya pengerjaan Aplikasi PMP, generate prefill masih bisa di download.
4. Untuk perekapan data –data sekolah masih dapat diambil.
5. Penamaan aplikasi terbaru 2019 menggunakan Nama Dapodikdasmen versi 2019 dengan fresh intaller.
Adapun beberapa hal yang diupdate oleh tim dapodikdasmen dengan perubahan fitur dan mekanismenya adalah sebagai berikut ini:
1. Tambah PD Baru Melalui Tarik PD Online;
2. Tambah PD di luar Dapodik melalui mekanisme ke dinas pendidikan setempat;
3. Pengawas melakukan verifikasi kelapangan;
4. Kepala Sekolah menandatangani SPTJM;
5. Notifikasi saat Hapus, ubah (anggota rombel, rombel, pembelajaran dan sincron);
6. Surat Pengantar mutasi di non aktifkan dari front end.

Fasilitas Hasil PPDB:
1. Integrasi PPDB kedalam database dapodik;
2. Inject data hasil PPDB kedalam basis data dapodik secara otomatis;
3. Prosedur dan format database sudah distandarkan;
4. Nilai Tambah:
– Sekolah tidak perlu input ulang data baru,
– Data Longitudinal (PD-id) terjaga.

Absensi Online:
1. Absensi Guru DHGTK akan digunakan untuk validasi tunjangan profesi SMT 1 TP 2018/2019;
2. Mekanisme Fingerprint terintegrasi;
3. Sesuaikan dengan jadwal pembelajaran di dapodik dengan data FP.

Validasi:
1. Front End;
2. Back End;
3. Verval;
4. Transaksional Sistem.

Demikianlah  beberapa hal terkait dengan Update Terbaru  Penjelasan Aplikasi Dapodik Versi 2019. Semoga dengan sedikit informasi ini dapat membantu anda dalam hal-hal yang berkaitan dengan dapodik terutama dalam fasilitas kemajuan data pendidikan nasional. Salam Satu data untuk operator dapodik seluruh Indonesia.

Aplikasi Dapodik Update Terbaru | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5