Alhamdulilah, Kuota Haji Untuk Indonesia ditambah 20 Ribu Untuk Tahun Depan

Masjidil Haram

Masjidil Haram

Bingkaiberita.com – Arab Saudi akan menambah kuota normal Indonesia untuk pemberangkatan haji tahun depan, tambahan kuota haji itu sebesar 20 ribu orang yang akan berangkat. Hal itu diinformasikan dari Kementrian Agama Lukmanul Hakim dengan penambahan kuota pada saat Minggu malam yang telah disaksikan oleh Ketua DPRI, wakilnya beserta pejabat lainnya.

” Menri Haji (Arab Saudi) pagi tadi menelpon kami, Indonesia akan dapat kuota tambahan sebanyak 20 ribu jema’ah,” Ujarnya.

Memang masjid makkah telah diperluas dengan daya tampung sampai dengan 2,2 juta jama”ah yang akan rampung ditahun 2016 yang akan datang, pasalnya kuota tambahan tahun ini sebenarnya ada 10 ribu jama’ah karena sudah closing date maka diakumulasikan tahun depan untuk 20 ribu tambahan jama’ah yang akan menjalankan ibadah suci haji. Pemberitahuan dari menteri haji Arab saudi mepet seminggu semalam sehingga akan dikumulasikan tahun depan.

Hal itu sudah dibicarakan antara Raja Salman dengan Presiden Jokowidodo terkait penambahan 10 ribu jama’ah setiap tahunnya dan Raja Saman menyutujui atas permintaan Jokowidodo untuk Indonesia dan diperkirakan sebelum musim haji 2016, tanah suci Masjidil haram telah rampung dalam pengerjaannya.

“Seluruh negara memang ditambah kuotanya secara normal termasuk Negara Indonesia, ” Ungkapnya.

Semenjak tahun 2013 yang lalu memang Kuota Indonesia dan negara lainnya dipoong hampir dengan 20% yang mengakibatkan banyak pendaftaran haji di Indonesia tidak kunjung berangkan selama kurun waktu dari 2013 sampai dengan 2015 dari kuota normal indonesia 210 ribu jama’ah hanya dapat berangkat ke tanah suci 168.800 jama’ah. untuk Hari Raya Idul Adha

Total Jam’aah ini kata kemenag dihitung dari satu perseratus umat muslim yang berada di negara tersebut, hal itu menjawab penjelasan dari Menag soal pertanya wakil ketua DPR-RI terkait kepastian penambahan kuota Haji.

” Semoga dengan tambahan kuota ini, antrian panjang yang ada pada pendftaran haji akan berkurang seiring dengan penambahan kuotanya.” Ujar Fahri selaku wakil ketua DPR-RI.

Ia berjandi akan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat terkat dengan metode penyelanggaraan haji beserta kepengawasaannya di tahun 2016 yang akan datang.

Alhamdulilah, Kuota Haji Untuk Indonesia ditambah 20 Ribu Untuk Tahun Depan | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5