120 Juta Raib, Penipuan Berkedok Haji Tanpa Antri

Bingkaiberita.com – Ibadah Haji merupakan salah satu ibadah khusus yang dilakukan di Kakbah, Makkah, berbeda dengan ibadah lainnya yang dapat dilakukan dimanapun anda berada. Antrian pendaftaran haji yang panjang membuat celah bagi para penipu untuk memalsukan beberapa dokument penting yang digunakan untuk berhaji. Seperti akhir-akhir ini diberitakkan bahwa Caloh haji gagal berangkat ke tanah suci, dengan perihal penipuan.

sejumlah 177 calon haji yang berasa dari berbagai daerah ditangkap oleh petugas imigrasi, sebanyak 1 warga Jawatengah gagal berangkat ke tanah suci karena sempat ditahan oleh otoritas Filipina dan diduga kuat biro perjalanan haji yang dipakainya telah memalsukan beberapa dokumen. Kedua diantara dari banyak warga dan masyarakat Indonesia yang tercekal di negara tetangga adalah Susilo dan Murni yang berasal dari Grobogan, Jawa Tengah.

Penipuan Haji Tanpa Antre

Keduanya telah difasilitasi kepulangannya oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah untuk kembali ke kampung halaman. Mereka disambut baik oleh keluarganya setiba di Wisma Perdamaian. Dan tak mengira kalau kakanya Mulyono tidak jadi pergi ke tanah suci yang kedua kalinya ini, karena belum lama Susilo dan Murni telah melaksanakan ibadah Umroh.

Muloyono sebagai adik kandung dari Susilo mendengarkan kabar bahwa kakanya dapat berangkat haji tanpa harus antre yang diberangkatkan dari Filipina menuju ke tanah suci, dengan pembayaran per orang dibandrol mencapai 120 jutaan. Setelah pembayaran dilakukan oleh Susilo dan Murni, mereka lantas berangkat ke bandara Ahmad Yani pada tanggal 17 Agustus bertepatan dengan HUT RI kemarin bersama 20 orang menuju Jakarta.

Dari Jakarta pesawat bertolak ke Bandara Filipina, namun na’as ketika sesampainya di Filipine rombongan tersebut sudah ditunggu-tunggu kedatangannya oleh pihak imigrasi Filipina. Calon haji jawa tengah yang berjumlah 20 orang tersebut harus diproses di kantor imigrasi Filipina. Para korban filipina asal jawa tengah sudah difasilitasi untuk pulang ke rumahnya masing-masing yang berangkat dari Bandaras Soekarno Hatta menuju provinsi Jawa Tenga menggunakan satu bus ekskutif.

Memang na’as jika uang yang seharusnya digunakan untuk pergi berangkat haji ditipu oleh agen biro perjalanan haji nakal, sering kali kita temukan perihal semacam ini, sudah membayar sampai dengan jutaan rupiah, ujung-ujungnya gagal berangkat. Walhasil uang ratusan juta raib digondol penipu. Bagi anda yang berkeinginan haji jangan sampai mengkuti jejak para calon haji yang sudah ketipu dengan biro perjalanan haji, tanyakan langsung dengan pihak bank bagaimana mendaftarkan haji melalui bank dengan biro yang telah ditunjuk oleh kementrian agama, agar uang anda tidak raib digondol penipu. Kalau perlu jika anda ingin segera berangkat naik haji, bisa daftar  haji onh plus

120 Juta Raib, Penipuan Berkedok Haji Tanpa Antri | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5